LAPORAN INDIVIDU
PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN
DI SEKOLAH SMA MUHAMMADIYAH 2 PONTIANAK
Diajukan
Untuk Memenuhi
Persyaratan
Mata Kuliah Praktek Pengalaman Lapangan
Disusun
Oleh :
WITRI
EKA YANGGI
NIM: 611200202
PROGRAM
STUDI PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
dan KOMPUTER

FAKULTAS PENDIDIKAN MIPA DAN TEKHNOLOGI
INSTITUT
KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN
PERSATUAN
GURU REPUBLIK INDONESIA
PONTIANAK
2015
KATA PENGANTAR
KATA PENGANTAR
Puji
syukur penulis panjatkan kepada ALLAH SWT yang telah senantiasa melimpah
rahmat, taufik, dan hidayah-Nya sehingga saya sebagai praktikan dapat
melaksanakan Praktikan Pengalaman Lapangan (PPL) tepat pada waktunya.
Kegiatan
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan bagian integral dari struktur
kurikulum Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK). Kegiatan ini sebagai
wahana untuk mendalamai dan mengaplikasikan hal-hal teoritis kedalam situasi
praktik yang realitis dalam proses pengajaran belajar mengajar
Laporan
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini disusun untuk melaporkan program kegiatan
yang dilakukan dilapangan sebagai praktikan di sekolah dan merupakan
pertanggung jawaban selama mengikuti PPL. Kegiatan ini dapat terlaksana dengan
baik berkat bantuan, dorongan, juga bimbingan dari berbagai pihak. Untuk itu
praktikan mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada:
1.
Ibu Sri Suharti, S.Pd selaku Kepala SMA Muhammadiyah 2
Pontianak sekaligus Guru Pamong Mata Pelajaran Matematika dan Bimbingan
Konseling.
2.
Ibu Widiyanti, S.Pd selaku Wakil Kepala Kurikulum SMA Muhammadiyah 2
Pontianak sekaligus Koordinator Pamong.
3.
Ibu Misnawati, S.Kom selaku Guru Pamong Mata Pelajaran TIK.
4.
Bapak / Ibu Guru, Staff TU SMA Muhammadiyah 2 Pontianak yang
telah bersahaja membantu kelancaran pelaksanaan PPL.
5.
Bapak Prof. Dr. H. Samion H. AR, M.Pd selaku Rektor IKIP-PGRI
Pontianak.
6.
Ibu Uswatun Hasanah, M.Pd selaku Ketua P3G IKIP-PGRI
Pontianak
7.
Bapak Idham Azwar, M.Pd selaku Ketua Koordinator PPL
IKIP-PGRI Pontianak.
8.
Ibu Indri Astuti, M.Pd selaku Koordinator Dosen Pembimbing
KKM-PPL IKIP-PGRI Pontianak daerah Kota Pontianak.
9.
Bapak Muhamad Firdaus, M.Pd selaku Dekan Fakultas Pendidikan
MIPA dan Teknologi IKIP-PGRI Pontianak.
10. Teman – teman seperjuangan
PPL dari Universitas Tanjungpura dan Universitas
Muhammadiyah Pontianak.
11. Siswa / i SMA Muhammadiyah 2
Pontianak.
12. Semua pihak yang tidak bisa
kami sebutkan satu per satu.
Penulis
menyadari sepenuhnya bahwa dalam penyusunan laporan ini masih banyak terdapat
kesalahan dan kekurangan, baik dari segi penulisan, isi, pemilihan kata maupun
penyusunan kalimat. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang
konstruktif dari para pembaca dan pihak yang berkepentingan sehingga dapat
dijadikan sebagai acuan didalam penyusunan laporan dimasa yang akan datang.
Akhirnya
penulis berharap semoga Allah SWT memberikan balasan atas keikhlasan semua
pihak yang telah membantu dalam penulisan laporan ini. Semoga laporan ini dapat
berguna dan bermanfaat bagi kita semua. Amin
PUSAT PENGEMBANGAN PROFESI GURU
IKIP PGRI PONTIANAK
TAHUN AKADEMIK 2014/2015
HALAMAN PENGESAHAN
LAPORAN INDIVIDU
PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN
DI SEKOLAH SMA MUHAMMADIYAH 2 PONTIANAK
Oleh:
WITRI
EKA YANGGI
Dosen
Pembimbing Prodi Guru
Pamong
Nama Misnawati,
S.Kom
NPP.
NBM. 101 472
Koordinator
Pamong:
Widiyanti,
S. Pd
NIP.19700707
199702 2 004
COVER
KATA PENGANTAR
HALAMAN PENGESAHAN
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
A.
Maksud dan Tujuan
B.
Orientasi Lingkungan dan Keadaan Sekolah
BAB II PELAKSANAANNYA
A.
Persiapan dan Orientasi Kelas
B.
Jadwal Pelaksanaan PPL
BAB III PEMBAHASAN
Deskripsi atau
analisis mahasiswa praktikan mengenai proses pembelajaran
yang telah dilakukan (Kelebihan dan Kelemahan)
BAB IV PENUTUP
A.
Kesimpulan
B.
Saran
DAFTAR LAMPIRAN
1.
PROGRAM
TAHUNAN
2.
PROGRAM
SEMESTER
3.
SILABUS
4.
RPP (8 SET)
Ditanda tangani mahasiswa dan pamong
5.
Photo copy
nilai
BAB I
PENDAHULUAN
A. MAKSUD DAN TUJUAN
Tujuan
Sebagai aktifitas lainnya yang dirasakan mahasiswa, pelaksanaan praktik
pengalaman lapangan kependidikan mempunyai tujuan. Oleh karena itu program ini
dilaksanakan dengan tujuan:
a.
Mengenal secara cermat lingkungan fisik,
administrative, akademik, dan social psikologi sekolah
b.
Penerapan teori dari bangku kuliah dan dari pengalaman
selama mengikuti praktik pengalaman lapangan
c.
Menguasai berbagai keterampilan dasar mengajar
d.
Menerapkan berbagai kemampuan professioanal kegiatan
secara utuh dan terpadu dalam situasi nyata
e.
Menarik kesimpulan nilai deduktif dan penghayatan serta pengalamannya pelatihan
melalui reflesi keguruan
B. Orientasi Lingkungan dan Keadaan Sekolah

SMA
Muhammadiyah 2 Pontianak yang berdiri pada tanggal 17 Juli 1989 dan beralamat
di jalan Dr. Sutomo Gg. Karya I Kotabaru Pontianak, SMA Muhammadiyah 2
Pontianak didirikan atas dasar diringan dari berbagai pihak terutama para
Pemuka Muhammadiyah yang melihat kebutuhan lembaga pendidikan di tingkat
Sekolah Menengah Atas terutama di sekitar Kota Pontianak. SMA Muhammadiyah 2
Pontianak memang sejalan dengan nilai-nilai Kemuhammadiyahan yaitu sebagai
Organisasi Kemasyarakatan yang bergerak di bidang Dakwah, Pendidikan dan
Sosial.
Sejak berdirinya SMA Muhammadiyah 2 Pontianak, dengan Nomor SK Pendirian
109/I14.1/Kep/E/1989 tertanggal 24 Oktober 1989 yang ditandatangani oleh Ketua
Pimpinan Pusat Muhammadiyah Majelis Dikdasmen, penyedia sarana dan prasarana
atau tenaga pengajar menjadi perhatian demi terciptanya Tujuan Pendidikan
Nasional yang dicanangkan oleh Pemerintah dalam perjalanan yang panjang dan
seiring dengan perkembangan pemangunan, maka SMA Muhammadiyah 2 Pontianak
mengalami perkembangan yang awalnya berstatus TERDAFTAR menjadi DIAKUI
dan selanjutnya pada 8 April 2010 Badan Akreditasi Sekolah (BAS) Provinsi
Kalimantan Barat telah menerbitkan Sertifikat Akreditasi Sekolah dengan nomor :
Ma.004539 yang menyatakan bahwa SMA Muhammadiyah 2 Pontianak memperoleh Akreditasi
dengan predikat “ B “ (Baik).
Sejak berdiri hingga saat ini, SMA Muhammadiyah 2 Pontianak telah
mengalami 5(lima) kali pergantian Kepala Sekolah sebagai berikut :
1.
Drs. Rusmani Handayani
2.
Drs. Ngatman Asnawi
3.
Drs. Fadhil Hazimat
4.
Gustomi, S. Pd.
5.
Drs. H. Suwandi M. Noor, M. Pd.
6.
Ali Rohman Nasution, BA
Adapun jumlah guru di SMA Muhammadiyah 2 Pontianak yakni : 35 orang.
Dengan jumlah siswa sebanyak yang
terbagi dalam 7(tujuh) kelas yakni XA,XB, XC, XI IPA, XI IPS, XII IPA, XII IPS.
BAB II
PELAKSANAANNYA
A. Persiapan dan Orientasi Kelas
Dalam praktik mengajar ini,
mahasiswa calon guru dituntut untuk dapat melaksanakan tugasnya secara
maksimal, agar apa yang telah disampaikan kepada siswa dapat diterima dengan
baik, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.
Sebelum pelaksanaan praktik
mengajar di depan kelas terlebih dahulu yang dilakukan mahasiswa/calon pendidik
adalah mempersiapkan bahan atau materi pelajaran yang hendak diberikan kepada
siswa seperti rencana pembelajaran, media dan yang lainnya. Selain itu yang
terpenting sebelumnya mahasiswa PPL bersama dengan guru pamong menyusun jadwal
untuk praktikan mengajar di kelas.
Setelah tahap persiapan
matang, kemudian bahan atau materi yang dibuat dikonsultasikan terlebih dahulu
dengan guru pamong sebelum dipraktikan di depan kelas.
Dalam usaha pencapaian
tujuan pembelajaran yang diharapkan baik selama latihan maupun ujian, mahasiswa
calon guru berusaha menggunakan berbagai alat bantu atau media pembelajaran
yang bervariasi sesuai dengan materi pembelajaran yang akan disampaikan.
Sementara itu, guru pamong terus memonitor pelaksanaan praktik mengajar yang
dilakukan, mulai dari awal pelajaran sampai akhir pelajaran sehingga dapat
terlihat kelebihan yang harus kita pertahankan dan kekurangan yang harus kita perbaiki
dalam kegiatan mengajar selanjutnya.
Pada setiap akhir proses
belajar mengajar yaitu kurang 10 menit terakhir diadakan postest untuk
mengetahui tercapai atau tidaknya tujuan pembelajaran yang telah tercantum pada
setiap rencana pembelajaran.
2. Saran Saran
dari Guru Pamong
Pada pelaksanaan praktek
mengajar di sekolah latihan, mahasiswa peserta PPL dibimbing oleh Guru Pamong
dalam pembuatan rencana pembelajaran dan perbaikan pelaksanaan pengajaran. Guru
Pamong memberikan koreksi dan saran kepada mahasiswa peserta PPL selama latihan mengajar agar kelak dapat
menjadi guru yang baik.
Adapun saran-saran dari guru
pamong antara lain :
a. Contoh
soal disajikan satu per satu,
b. Soal
untuk penilaian cantumkan skor dan kunci jawaban sebagai lampiran RPP,
c. Contoh
soal diperbanyak,
d. Penggunaan
waktu,
e. Pengelolaan
kelas agar lebih di perhatikan,
f. Libatkan
siswa dalam penjelasan materi,
g. Lakukan
usaha-usaha yang menarik agar siswa antusias dalam pembelajaran,
h. Tulisan
dipapan tulis diperbesar,
i. Buat
siswa lebih aktif,
j. Tulisan
pada caption diperbesar juga grafik,
k. Sebelum
KBM berlangsung dipersiapkan dulu alat tulis,
n. Apersepsi
ditambah,
3. Saran-saran dari
Dosen Pembimbing
Dalam pelaksanaan PPL ini
dosen pembimbing memberikan sarana agar mahasiswa dapat menjalin hubungan baik
dengan guru pamong dan dapat mendengarkan nasehat-nasehat dari guru pamong.
Dosen pembimbing mengharapkan agar mahasiswa dapat melaksanakan kegiatan
mengajar di kelas secara maksimal.
Pada hari selasa, 04
September 2012 saya masuk ke kelas XI (kelas yang dipegang ibu Misnawati,
S.Kom) jam ke 1-2 pelajaran, untuk mengamati guru
mengajar. Yang dilakukan guru saat memasuki kelas adalah mengecek kebersihan
dan kerapian siswa. Guru membuka pelajaran dengan mengucapkan salam dan
menyuruh berdoa bersama. Kemudian dilanjutkan dengan apersepsi atau menggali
pemahaman siswa dan mengingatkan materi sebelumnya. Tahap pendahuluan ini
berlangsung kurang lebih 10 menit. Setelah tahap pendahuan/ kegiatan awal
selesai lanjut ke kegiatan inti, guru menyajikan materi dengan aspek yang
relevan. Dalam menyampaikan materi, guru menggunakan metode ekspositori,
diskusi dan pemberian tugas. Kegiatan inti berlangsung selama 60 menit. Setelah
itu dilanjutkan dengan kegiatan akhir/ tahap penutup. Pada kegiatan akhir guru
membimbing siswa untuk membuat kesimpulan, kemudian menilai hasil belajar
siswa. Kegiatan akhir ini berlangsung selama 10 menit.
B. Jadwal Pelaksanaan PPL
1. Jadwal
Pelajaran
Jadwal pelajaran SMA
Muhammadiyah 2 Pontianak semester I tahun pelajaran 2015/2016 untuk kelas X,
XI, dan XII dapat dilihat pada lampiran. Adapun waktu belajar di SMA
Muhammadiyah 2 Pontianak adalah:
Senin-Kamis
: 06:45-13:30 WIB
Jum’at :
06:45-10:50 WIB
Sabtu :
06:45-13:30 WIB
2. Data
Keadaan Siswa
Siswa-siswi di SMA
Muhammadiyah 2 Pontianak berjumlah 244 siswa yang terdiri dari kelas X
berjumlah 110 siswa, kelas XI berjumlah 60 siswa, kelas XII berjumlah 74 siswa.
BAB III
PEMBAHASAN
Deskripsi atau analisis mahasiswa praktikan mengenai proses pembelajaran
yang telah dilakukan (Kelebihan dan Kelemahan)
a. Dalam kegiatan
pembelajaran
Dalam kegiatan pembelajaran mengalami
banyak kejadian yang cukup berbeda dari apa yang ada dalam pikiran awal, tetapi
itu semua tidak menjadi masalah yang cukup berat karena kegiatan mendidik dan
mengajar itu adalah tugas bagi seorang guru.
Dalam kegiatan belajar
mengajar ini kami juga diberikan tambahan pengetahuan oleh guru-guru yang
senantiasa membimbing kami, baik bimbingan secara langsung ataupun tidak.
Hingga akhinya kami bisa melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan baik.
b. Dalam Kegiatan
Administrasi Sekolah
Dalam kegiatan administrasi
sekolah kami banyak melihat bahwa sebenarnya tugas guru tidak hanya sebagai
pengajar dan pendidik bagi siswanya, tetapi juga melaksanakan kegiatan-kegitan
di sekolah yang tidak selalu berhubungan dengan kegiatan belajar mengajar.
Salah satu contohnya adalah menjaga piket atau pengawas harian.
Guru-guru di sekolah ini
memiliki jadwal hari-hari tertentu secara bergantian untuk menjaga piket.
Fungsi piket ini sebagai sarana seandainya ada yang ingin pergi keluar atau
lain sebagainya, oleh karena itu disini kami juga ikut membantu
dengan menjaga piket bergantian bersama dengan dewan gurunya.
Selain piket kami juga
membantu dalam kegiatan-kegiatan Ulangan misalnya saja dalam distribusi
soal-soal ulangan, dan sebagainya. Disini kami berharap supaya ilmu yang kami
dapat bisa berguna jika kami berada dilingkungan masyarakat kelak.
BAB IV
PENUTUP
Praktik
Pengalaman Lapangan (PPL) kependidikan merupakan sesuatu yang sangat penting
dan bermanfaat dalam membentuk keterampilan dan profesionalitas dalam bidang
kependidikan.
Dalam
kegiatan PPL tersebut, penulis banyak memperoleh pengalaman dan pengetahuan
tentang pengelolaan administrasi sekolah. Mudah-mudahan hal tersebut dapat
penulis jadikan sebagai acuan dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai
tenaga kependidikan secara professional ketika nantinya terjun ke dunia kerja,
khususnya di bidang pendidikan.
- Kesimpulan
Dari
berbagai rangkaian pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan dari mulainya
observasi sampai dengan penulisan laporan, dapat ditarik suatu kesimpulan
sebagai berikut:
a)
Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan kependidikan
merupakan salah satu sarana peningkatan pengetahuan dan keterampilan serta
pengalaman baru yang merupakan bekal bagi seorang calon tenaga kependidikan.
Disamping itu juga penulis dapat mengetahui kompleksitas masalah pendidikan
yang terjadi di lapangan yang dapat penulis jadikan sebagai pengalaman dan
pembelajaran yang sangat bearti dimasa yang akan datang setelah penulis
menyelesaikan program studi diperguruan tinggi IKIP PGRI PONTIANAK jurusan
Fakultas MIPA dan Teknologi, dan nantinya akan terjun langsung menjadi tenaga
kependidikan yang dapat memberikan kontribusi untuk kemajuan dan perkembangan
pendidikan di Indonesia.
b)
Melalui Praltik
Pengalaman Lapangan ini, penulis dapat membandingkan, menyesuaikan dan
menerapkan teori-teori yang telah penulis dapatkan dibangku kuliah dengan
kenyataan yang ada dilapangan. Selain itu, penulis juga mendapatkan gambaran
tentang bagaimana harus berbuat dan bersikap sebagai seorang tenaga
kependidikan, baik kepada sesame tenaga kependidikan maupun kepada atasan dan
tenaga pendidik lainnya.
c)
Praktik Pengalaman Lapangan ini menjadikan penulis
lebih dewasa dan kritis dalam berfikir, berbuat dan bertingkah laku, bergaul
dan berdisiplin sebagai seorang calon tenaga kependidikan.
- Saran
Berdasarkan
Praktik Pengalaman Lapangan yang telah penulis laksanakan di SMA Muhammadiyah 2
Pontianak, penulis secara pribadi menyampaikan saran-saran sebagai berikut:
a)
Bagi sekolah
Komponen-komponen
yang tergabung dalam organisasi SMA Muhammadiyah 2 Pontianak hendaknya
memperhatikan iklim (kualitas lingkungan) sekolah, karena iklim sekolah sangat
berpengaruh terhadap hubungan kerja dan kelancaran proses belajar mengajar yang
pada akhirnya mempengaruhi mutu sekolah. Iklim sekolah yang aman, nyaman,
damai, dan menyenangkan, akan membuat guru, pegawai, siswa, dan komponen
sekolah lainnya dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya secara efektif.
b)
Bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan
Pendidik
dan tenaga kependidikan SMA Muhammadiyah 2 Pontianak hendaknya memperhatikan
kemampuan dan keterampilannya dalam melaksanakan tugas dan bertanggung jawab.
Selain itu, pendidik dan tenaga kependidikan juga hendaknya diorganisasikan
sesuai dengan keterampilan dan bidangnya masing-masing guan meningkatkan
profesioanalisme.
c)
Bagi Siswa/Siswi
Bagi
siswa/siswi SMA Muhammadiyah 2 Pontianak hendaknya lebih memperhatikan motivasi
dan kedisiplinnya dalam belajar. Motivasi dan disiplin belajar sangat
berpengaruh terhadap prestasi belajar dimana siswa/siswi yang memiliki motivasi
yang tinggi dan selalu disiplin dalam melaksanakan kewajiban sebagai seorang
pelajar, akan lebih memiliki minat dalam menerima pembelajaran yang pada
akhirnya dapat meningkatkan prestasi belajarnya.
Casinos Near Casinos Near Casino Reno, NV - Mapyro
BalasHapusCasinos Near Casinos. 광주 출장샵 A map showing casinos 문경 출장샵 and other 서산 출장안마 gaming facilities located near Casinos 동두천 출장마사지 Reno in Reno, 동두천 출장샵 NV.