(Penelitian Tindakan Kelas di Kelas XI SMA Negeri 2
Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya)
DESAIN
PENELITIAN
WITRI EKA YANGGI
NIM: 611200202
FAKULTAS
PENDIDIKAN MIPA DAN TEKNOLOGI
PRODI
PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
INSTITUT
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
PERSATUAN
GURU REPUBLIK INDONESIA
(IKIP-PGRI) PONTIANAK
2016
Halaman
KATA PENGANTAR..................................................................................... i
DAFTAR ISI..................................................................................................... iii
DAFTAR TABEL............................................................................................
v
DAFTAR GAMBAR.......................................................................................
vi
DAFTAR LAMPIRAN....................................................................................
viii
BAGIAN I PENDAHULUAN........................................................................
A.
LatarBelakang................................................................................
B.Rumusan Masalah............................................................................
C.TujuanPenelitian...............................................................................
D.
ManfaatPenelitian..........................................................................
E. Ruang Lingkup Penelitian..............................................................
1. Variabel
Penelitian.....................................................................
a.
VariabelMasalah..................................................................
b.
VariabelTIndakan................................................................
2. Definisi
Operasional...................................................................
a. MetodeDemonstrasi............................................................
b. HasilBelajar.........................................................................
F.
HipotesisTindakan.........................................................................
G.
MetodedanBentukPenelitian.........................................................
1.
Metode Penelitian.....................................................................
2.
BentukPenelitian.......................................................................
H.
Setting
penelitian...........................................................................
1.
DeskripsiLokasiPenelitian........................................................
2.
JadwaldanSubjekPenelitian.....................................................
a.
JadwalPenelitian................................................................
b.
SubjekPenelitian.................................................................
I.
TeknikdanAlatPengumpulan
Data.................................................
1.
TeknikPengumpulan Data........................................................
a.
TeknikObservasi.................................................................
b.
TeknikPengukuran.............................................................
c.
TeknikStudiDokumentasi..................................................
2.
AlatPengumpulan Data............................................................
a.
LembarObservasi...............................................................
b.
Dokumentasi......................................................................
c.
TesHasilBelajar..................................................................
J.
TeknikAnalisis Data.......................................................................
K.
IndikatorKeberhasilanTIndakan....................................................
BAGIAN II METODE DEMONSTRASI DAN MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
PADA MATA PELAJARAN TIK
A.
HakikatBelajardanPembelajaran................................................. 24
B.
PembelajaranMetodeDemonstrasi...............................................
1. MaknaMetodePembelajaran...................................................
24
2. Pengertian
PembelajaranDemonstrasi..................................... 25
3. PersiapanMetodeDemonstrasiDalamPembelajaran
TIK.........
4. PelaksanaanMetodeDemonstrasiDalamPembelajaran
TIK.....
5. EvaluasiMetodeDemonstrasiDalamPembelajaran
TIK...........
6. KelebihandanKekuranganDemonstrasi..................................
C.
HasilBelajar.................................................................................
27
1.
Pengertian HasilBelajar...........................................................
27
2.
Faktor yang MempengaruhiHasilBelajar................................ 29
3.
KlasifikasiHasilBelajar............................................................
37
D.
Pembelajaran TIK........................................................................
40
1.
HakikatPembelajaran TIK.....................................................
2.
TeknologiKomunikasi&InformasiDalamPembelajaran.........
E.
Pembelajaran TIK
PokokBahasanSuratElektronik (E-Mail)....... 41
1.
E-mailSebagaiAlatKomunikasi.............................................
2.
FungsiE-mail SebagaiAlatKomunikasi.................................
3.
Keunggulan, Kelemahan,
Dan EtikaDalamE-mail...............
4.
PendaftaranE-mailpadaYahoo.com......................................
5.
MenggunakanE-mail Yahoo (YMail)...................................
F.
Penelitianrelevan.........................................................................
DAFTAR PUSTAKA......................................................................................
53
LAMPIRAN
DAFTAR TABEL
Tabel
Halaman
1.1 Data Nilai Rata-Rata Siswa.......................................................................... 3
1.2 JadwalPenelitian........................................................................................... 20
DAFTAR GAMBAR
Gambar Halaman
1.1SiklusPenulisanTindakanKelas....................................................................... 17
1.2 KomponenDalamAnalisa Data.................................................................... 26
2.1TampilanHalamanDepan Yahoo Mail............................................................. 52
2.2HalamanUtamaPendaftaran E-mail yahoo..................................................... 52
2.3MasukkanKode............................................................................................... 54
2.4BerhasilPendaftaran E-mail............................................................................ 55
2.5HalamanUtama E-mail.................................................................................... 55
2.6Langkah-LangkahMembuat E-mail Baru....................................................... 56
2.7Keluar Dari Halaman...................................................................................... 57
2.8MasukkanKe E-mail....................................................................................... 59
2.9
Login............................................................................................................. 59
2.10Menulis E-mail.............................................................................................. 60
2.11HalamanMenulis E-mail................................................................................ 61
2.12Membaca E-mail........................................................................................... 62
2.13Membalas E-mail.......................................................................................... 62
DAFTAR LAMPIRAN
Lampiran Halaman
1 SilabusPembelajaran...................................................................................... 55
2 RencanaPelaksanaan...................................................................................... 56
3 LembarObsevasi Guru Tindakan................................................................... 58
4
LembarObservasiSiswa.................................................................................. 22
5Kisi-Kisi Soal..................................................................................................... 59
6SoalUjiCoba....................................................................................................... 61
7
KunciJawabanSoalUjiCoba.......................................................................... 77
BAGIAN
I
RENCANA
PENELITIAN
A.
Latar
Belakang
Perkembangan
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sudah dimanfaatkan
dalam dunia pendidikan. Contoh dari
pemanfaatan TIK dalam pendidikan yaitu, penemuan kertas,
mesin cetak, radio, video
tape
recorder,
film, televisi, overhead projector,
dan komputer telah dimanfaatkan dalam proses pendidikan. Alat-alat tersebut
selain digunakan dalam bidang ekonomi, bisnis juga bisa digunakan sebagai
sarana prasarana penunjang di dalam kelas. Alat-alat tersebut, yang pada
umumnya tidak dirancang secara khusus untuk kepentingan pendidikan, tetapi
terdapat pula alat-alat yang secara khusus dirancang untuk kepentingan
pendidikan yang disebut teknologi
pendidikan dan teknologi pembelajaran adalah teori dan praktik dalam desain
pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan serta evaluasi proses dan sumber untuk
belajar. Bambang Warsita (2008: 134) mengemukakan bahwa;
”Teknologi
informasi (Information Technology, IT)
adalah sama dengan teknologi lainnya, hanya informasi merupakan komoditas yang
diolah dengan teknologi tersebut. Dalam hal ini, teknologi mengandung konotasi
memiliki nilai ekonomi. Teknologi pengolah informasi ini memang memiliki nilai
jual, contohnya seperti teknologi database,
dan security. Kesemuanya dapat
dijual. Bentuk dari teknologi adalah kumpulan pengetahuan (knowledge) yang diimplementasikan dalam tumpukan kertas (stacked of papers), atau sekarang dalam
bentuk CD-ROM. Tumpukan kertas inilah yang didapatkan, jika seseorang membeli
sebuah teknologi dalam bentuk patent atau
bentuk Hak atas Kekayaan Intelektual HaKI (Intellectual
Property Rights) lainnya”.
Teknologi informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk
mengolah, memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam
berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas (Wardiana, 2002).
Artinya informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang digunakan untuk
keperluan pribadi, bisnis, dan pengambilan keputusan.
Proses pembelajaran, khususnya
mata pelajaran Teknologi Informasi
Komunikasi diperlukan suatu metode pembelajaran yang
tepat agar dapat tercapainya tujuan dari pembelajaran tersebut. Penggunaan metode pembelajaran yang
sesuai sangat menentukan keberhasilan belajar siswa. Dengan metode pembelajaran yang
sesuai, siswa dapat mencapai
hasil yang baik dan dapat mengembangkan potensi yang terdapat dalam dirinya. Metode yang digunakan oleh peneliti
adalah metode demonstrasi.
Demonstrasi
merupakan salah satu metode
sederhana dan merupakan metode
yang baik untuk guru pemula yang menekuni kegiatan yang dipergunakan oleh guru
dengan cara memperlihatkan atau menunjukan suatu proses kepada sekelompok siswa
agar lebih mengerti
dan memahaminya. Hal
ini juga berarti
bahwa metode demonstrasi adalah
cara penyajian pelajaran dengan memperagakan dan mempertunjukan suatu
proses, situasi, atau benda tertentu yang sedang dipelajari baik dalam bentuk
sebenarnya oleh guru atau sumber belajar lain di depan seluruh siswa. Melalui demonstrasi siswa
dapat mengamati dengan saksama apa yang terjadi saat proses pembelajaran, bagaimana proses pembeajaranya, bahan apa saja
yang diperlukan saat melakukan
pembelajaran serta bagaimana hasil dari proses pembelajaran tersebut.
Proses penerimaan siswa terhadap pelajaran akan lebih terkesan secara mendalam,
sehingga membentuk pengertian dengan baik dan sempurna dan peserta didik juga
berkesempatan mengembangkan melalui pengamatan segala benda yang terlihat dalam
proses belajar mengajar dan mengambil kesimpulan-kesimpulan yang diharapkan
dari pengamatan tersebut.
Proses
belajar mengajar dengan metode demonstrasi memerlukan media pembelajaran,
manfaat media dalam pembelajaran yaitu untuk memperlancar proses interaksi
antara guru dan siswa yang diharapkan
siswa dapat belajar secara optimal agar setelah belajar mendapat hasil yang
baik.
Tabel
1.1
data
nilai rata-rata siswa mata pelajaran TIK tahun 2015/2016
XI
|
Kelas
|
Nilai Rata-Rata
|
IPA 1
|
84
|
|
IPA 2
|
81
|
|
IPS 1
|
69
|
|
IPS 2
|
75
|
Alasan peneliti
memilih SMA Negeri 2 Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya sebagai sekolah penelitian
yaitu, berdasarkan
observasi hasil belajar siswa pada Tabel 1.1 di kelas XI IPS 1 rata-rata hasil
belajar siswa adalah 69. Angka 69 menunjukkan bahwa siswa kelas XI IPS 1
memiliki nilai dibawah KKM, KKM pelajaran TIK di SMA Negeri 2 Sungai Kakap
adalah 75. Kurangnya hasil belajar siswa disebabkan beberapa faktor, seperti
cara mengajar guru, fasilitas yang kurang mendukung, cara penyampaian materi
yang kurang bervariasi dan minta belajar siswa.
Fasilitas yang ada
dilaboratorium seperti komputer masih sedikit tidak sebanding dengan jumlah
siswa, komputer yang bisa digunakan hanya 10 unit sehingga penyampaian materi siswa banyak
dilakukan dengan ceramah, mencatat, dan evaluasi, sehingga
guru cendurung mendominasikan pembelajaran, dan siswa
hanya menjadi penerima saja, siswa
kurang merespon terhadap materi yang disampaikan oleh
guru dan siswa. Pembelajaran seperti ini cenderung menyebabkan kebosanandan siswa sibuk sendiri
dalam mengikuti proses pembelajaran sehingga pembelajaran tidak efektif.
Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti
berkesimpulan bahwa yang mengakibatkan nilai siswa kurang dari KKM selain dari
sarana pembelajaran yang belum memadai juga metode pembelajaran yang
dipergunakan guru belum sesuai dengan materi yang disampaikan. Sehingga guru
perlu untuk menciptakan suasana belajar yang aktif dan efektif untuk siswa,
oleh karena itu pembelajaran yang dikembangkan idealnya adalah yang
meningkatkan dan menumbuhkan aktivitas dan kreativitas. Selain itu guru juga
harus menciptakan inovasi
untuk mendukung tugas-tugasnya dalam proses pembelajaran agar lebih efektif dan
dipahami oleh siswa.
Berdasarkan masalah yang tealah diuraikan, peneliti
tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “Penerapan Metode Demontrasi untuk
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran TIK” dengan menggunakan
metode penelitian tindakan kelas. Dipilihnya pembelajaran metode Demonstarasi
diharapkan mampu meningkatkan hasil
belajar siswa serta siswa dapat memahami dan menerima pembelajaran yang
disampaikan oleh guru.
B.
Rumusan Masalah
Secara
umum rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu, bagaimana penerapan metode
demonstrasi untuk meningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIKdi
kelas XI SMA Negeri 2 Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya.
Berdasarkan
masalah umum yang dipaparkan dapat dirumuskan sub masalah sebagai berikut :
1.
Bagaimanakah penerapan
metode demonstrasi pada mata pelajaran TIK di kelas XI SMA Negeri 2 Sungai
Kakap Kabupaten Kubu Raya?
2.
Bagaimanakah hasil
belajar siswa menggunakan metode demonstrasi pada mata pelajaran TIKdikelas XI
SMA Negeri 2 Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya?
3.
Apakah terdapat peningkatan hasil
belajar menggunakan metode demonstrasi pada mata pelajaran TIK dikelas XI SMA Negeri
2 Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya?
C.
Tujuan
Penelitian
Secara
umum penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa
melalui metode demonstrasi pada mata pelajaran TIK dikelas XI SMA Negeri 2
Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya.
Secara khusus tujuan penelitian ini
adalah untuk mendapatkan informasi tentang :
1.
Penerapan metode
demonstrasi pada mata pelajaran TIK dikelas XI SMA Negeri 2 Sungai Kakap
Kabupaten Kubu Raya.
2.
Hasil belajar siswa
menggunakan metode demonstrasi pada mata pelajaran TIK dikelas XI SMA
Negeri 2 Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya.
3.
Peningkatan hasil belajar menggunakan
metode demonstrasi pada mata pelajaran TIK dikelas XI SMA Negeri 2 Sungai Kakap
Kabupaten Kubu Raya.
D.
Manfaat Penelitian
Penulis berharap penelitian ini
dapat memberikan manfaat untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan informasi bagi
para pembaca. Adapun manfaat penulisan ini terbagi menjadi dua, yaitu:
1. Manfaat Teoritis
Hasil penelitian ini diharapkan
dapat menjadi bacaan, informasi, dan referensi bagi guru untuk meningkatkan
kualitas pembelajaran. Selain itu, bagi mahasiswa program studi pendidikan
Teknologi Informasi dan Komputer, penelitian ini dapat dimanfaatkan untuk
kegiatan penelitian lanjutan tentang pembelajaran TIK menggunakan metode
pembelajaran demonstrasi.
2. Manfaat praktis,
bagi:
a. Peneliti
Hasil penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan
kemampuan penulis untuk mengaplikasikan teori-teori yang telah didapatkan
selama perkuliahan. Memiliki kemampuan berfikir secara ilmiah, objektif, dan
kritis dalam mengatasi permasalahan pendidikan yang ada di lapangan.
b. Guru
Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukkan
bagi guru untuk meningkatkan profesionalitasnya sehingga dapat mengatasi
berbagai permasalahan dalam proses belajar mengajar dan dapat menghasilkan
lulusan yang berkualitas yang sesuai dengan tuntutan zaman dan penelitian ini
juga dapat sebagai acuan guru dalam membuat karya ilmiah demi tercapainya tuntutan
dari pemerintah untuk kenaikan jabatan.
c. Siswa
Bagi siswa SMA Negeri 2 Sungai Kakap, hasil penelitian
ini diharapkan dapat menjadi ransangan dalam belajar sehingga pengetahuan dan
pemahaman semakin meningkat.
d. Sekolah
Diharapkan hasil penelitian ini dapat dijadikan
sebagai bahan masukan untuk meningkatkan mutu hasil belajar siswa khususnya
mata pelajaran TIK.
E.
Ruang Lingkup Penelitian
Ruang lingkup
penelitian ini bertujuan untuk memperjelas batas-batas masalah yang hendak
diteliti, yang meliputi dua hal pokok yaitu variabel tindakan dan definisi
operasional.
1.
Variabel Penelitian
Variabel penelitian adalah “suatu atribut, nilai-nilai, sifat dari
objek-objek, individu dan atau kegiatan yang mempunyai banyak variasi antara
satu dengan lainnya yang telah ditentukan oleh peneliti untuk dipelajari dan
dicari informasinya serta ditarik kesimpulannya dalam suatu penelitian” (Hamid
Darmadi, 2014:14). Sementara itu Suharsimi Arikunto (2010:161) juga memberikan
pendapatnya tentang variabel. Suharsimi Arikunto mengatakan bahwa: “variabel
adalah objek penelitian atau apa yang menjadi titik perhatian suatu penelitian”.
Berdasarkan pendapat para ahli di atas dapat disimpulkan bahwa variabel
penelitianan pada dasarnya adalah segala sesuatu yang berbentuk apa saja yang ditetapkan
oleh penulis untuk dipelajari sehingga diperoleh informasi tentang hal
tersebut, kemudian ditarik kesimpulannya. Variabel dalam penelitian ini terbagi
menjadi dua, yaitu sebagai berikut:
a. Variabel Masalah
Variabel masalah adalah sejumlah gejala atau faktor,
unsur variabel yang bisa diselesaikan dengan variabel masalah tindakan. Hadari
Nawawi (2004: 57) mengemukakan variabel masalah adalah “sejumlah masalah atau
faktor-faktor atau unsur yang ada dan atau muncul di pengaruhi atau ditentukan
oleh adanya variabel tindakan”.
Variabel masalah dalam penelitian ini adalah hasil
belajar siswa pada mata pelajaran TIK di kelas XI SMA Negeri 2 Sungai Kakap Kabupaten
Kubu Raya.
b. Variabel Tindakan
Variabel tindakan yang mempengaruhi variabel yang
lain. Hadari Nawawi (2010: 56) mengatakan variabel tindakan adalah “sejumlah
gejala atau faktor atau unsur yang menentukan atau mempengaruhi ada atau
munculnya gejala atau unsur lain, yang pada gilirannya gejala atau faktor unsur yang kedua tersebut
disebut dengan variabel tindakan”. Hamid Darmadi (2011: 21) menyatakan bahwa
variabel tindakan variabel yang menjadi sebab munculnya variabel masalah. Variabel
tindakan dalam penelitian ini adalah metode demonstrasi.
Variabel tindakan yang digunakan dalam penulisan ini
adalah penerapan metode demonstrasi.
2.
Definisi Operasional
Suryabrata (2008:45) mengatakan bahwa: “definisi operasional adalah
definisi yang didasarkan atas sifat-sifat hal yang didefinisikan yang dapat
diamati”. Agar tidak terjadi kekeliruan dalam menafsirkan istilah yang
digunakan dalam penulisan ini, maka perlu ada penjelasan sebagai berikut:
a. Metode demonstrasi
Metode demonstrasi.
Roestiyah dalam buku ( Miftahul Huda, 2015: 231) Demontrasi/peragaan merupakan
salah satu strategi mengajar dimana guru memperlihatkan suatu benda asli, benda
tiruan, atau suatu proses dari materi yang diajarkan kepada seluruh siswa.
b.
Hasil Belajar
Hasil belajar yang dimaksud dalam penulisan ini adalah pencapaian nilai
siswa pada ranah kognitif sesuai dengan kriteria ketuntasan minimum (KKM) yaitu
75 di SMA Negeri 2 Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya.
F.
Hipotesis Tindakan
Pengertian hipotesis, berasal
dari dua kata; hypo dan thesis. Yaitu istilah hypo (hipo) berarti ‘kurang dari’ dan thesis (tesa) yang berarti ‘pendapat’.
Jadi hipotesis (hypothesis) adalah
suatu pendapat atau kesimpulan yang sifatnya masih sementara Soertono dalam (
Rosady Ruslan 2006: 169).
Menurut Sugiyono (2014: 96) “Hipotesis
merupakan jawaban sementara terhadap rumusan masalah penelitian, dimana rumusan
masalah penelitian telah dinyatakan dalam bentuk kalimat pertanyaan. Dikatakan
sementara, karena jawaban yang diberikan baru didasarkan pada teori yang
relevan, belum didasarkan pada fakta-fakta empiris yang diperoleh dari pengumpulan
data”. Mulyasa (2012: 63) mengemukakan bahwa “Hipotesis tindakan merupakan
jawaban sementara terhadap masalah yang dihadapi, sebagai alternatif tindakan
yang dipandang paling tepat untuk memecahkan masalah yang telah dipilih untuk
diteliti melalui PTK”. Jadi hipotesis juga dapat dinyatakan sebagai jawaban
teoritis terhadap rumusan masalah penelitian, belum jawaban yang empirik dengan
data.
Diharapkan melalui metode
demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK di
kelas XI SMA Negeri 2 Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya.
G.
Metode dan Bentuk
Penelitian
1. Metode
Suharsimi
Arikunto (2014:2) mengatakan bahwa: “penelitian menunjuk pada suatu kegiatan
mencermati suatu objek dengan menggunakan cara dan aturan metodologi tertentu
untuk memperoleh data atau informasi yang bermanfaat dalam meningkatkan mutu
suatu hal yang menarik minat dan penting bagi penelti”.
Suatu
penulisan akan mencapai hasil sesuai dengan apa yang telah diterapkan, apabila
dalam pelaksanaan penelitian mempergunakan metode yang tepat. Penggunaan dan
pemindahan metode harus tepat dan akurat sesuai dengan masalah yang telah
ditetapkan. Sejalan
dengan itu Hadari Nawawi (2012:65) mengemukakan bahwa: “metode pada dasarnya
berarti cara yang dipergunakan untuk mencapai tujuan”. Oleh karena tujuan umum
penulisan adalah untuk memecahkan masalah, maka
langkah-langkah yang akan ditempuh harus relevan dengan masalah yang telah
dirumuskan. Sejalan dengan itu perlu ditekankan kembali betapa pentingnya
perumusan masalah yang jelas dan terbatas dalam arti tidak terlalu luas dan
tidak terlalu sempit. Di samping itu untuk mempermudah dalam memilih metode
yang akan dipergunakan, dalam perumusan masalah hendaklah jelas aspek-aspek
yang akan diungkapkan.
Hadari
Nawawi (2012: 65) memberikan alasan
mengenai metode yang tepat dalam peneitian, yaitu sebagai berikut:
a.
Menghindari cara pemecahan masalah dan cara
berfikir yang spekulatif dalam mencari kebenaran ilmu, terutama dalam bidang ilmu sosial
yang variabelnya sangat
dipengaruhi oleh sikap objektivitas manusia yang
mengungkapkanya.
b.
Menghindari pemecahan masalah atau sifat yang
bersifat trial and error sebagai cara
yang tidak menguntungkan bagi perkembangan ilmu yang sangat dibutuhkan dalam
kehidupan modern.
c.
Meningkatkan sifat objektivitas dalam
menggali kebenaran pengetahuan, yang tidak saja penting artinya secara teoretis
tetapi juga sangat besar pengaruhnya terhadap kegunaan praktis hasil penulisan
di dalam kehidupan manusia.
Dari beberapa pendapat yang telah dikemukakan
diatas dapat disimpulkan bahwa metode adalah cara sistematis yang berfungsi sebagai alat untuk mencapai tujuan tertentu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian
tindakan kelas atau yang dikenal dengan istilah classroom action research dengan model Kemmis dan Mc Taggart. Suharsimi Arikunto (2014:3) mengatakan bahwa:
“penelitian tindakan kelas merupakan suatu pencermatan terhadap kegiatan
belajar berupa sebuah tindakan yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam
sebuah kelas secara bersama”. Dari definisi tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa penelitian tindakan kelas
merupakan penelitian yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas
pembelajaran.
Tujuan penelitian tindakan kelas
menurut Mulyasa (2012: 89) dapat dirumuskan sebagai berikut:
a.
Memperbaiki
dan meningkatkan kondisi-kondisi belajar serta kualitas pembelajaran.
b.
Meningkatakan
layanan professional dalam konteks pembelajaran, khususnya layanan kepada
peserta didik sehingga tercipta layanan prima.
c.
Memberikan
kesempatan kepada guru berimprovisasi dalam melakukan tindakan pembelajaran
yang direncanakan secara tepat waktu dan sasarannya.
d.
Memberikan
kesempatan kepada guru mengadakan pengkajian secara bertahap terhadap kegiatan
pembelajaran yang dilakukan sehingga tercipta perbaikan yang berkesinambungan.
e.
Membiasakan
guru mengembangkan sikap ilmiah, terbuka, dan jujur dalam pembelajaran.
Penulisan Tindakan
Kelas ini menggunakan model Kemmis dan McTaggart yang disetiap siklusnya
terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan
refleksi. Tahap-tahap tersebut adalah sebagai berikut:
a. Perencanaan (Planning)
Tahap
perencanaan merupakan tahapan pertama yang
dilakukan. Perencanaan merupakan tindakan yang matang perlu dilakukan
setelah kita mengetahui masalah dalam pembelajaran (Kusumah dan Dwitagama,
2010: 25). Pada tahap ini peneliti dan guru
TIK akan menyusun rancangan penelitian untuk penelitian tindakan kelas yang
bertujuan untuk memecahkan masalah yang dihadapi dengan “Penerapan Metode Demonstrasi
untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran TIK di Kelas XI SMA Negeri 2 Sungai Kakap Kabupaten
Kubu Raya”.
Dalam
penelitian ini, secara umum perencanaan merupakan kolaborasi anatara peneliti
dan guru TIK. Adapun kegiatan perencanaan yang dilakukan adalah sebagai
berikut:
1)
Peneliti bersama guru
kolaborator berdasarkan masalah yang akan ditindak lanjuti mengadakan
perencanaan dan analisis kurikulum untuk menentukan standar kompetensi,
kompetensi dasar dan indikator yang akan disampaikan pada pelaksanaan tindakan
kelas dengan penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar
siswa. Tindakan ini diakhiri dengan penyusunan tindakan, menyusun Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran.
2)
Menentukan model dan teknik
pembelajaran
3)
Merancang bahan ajar atau
lembar kerja dan alat evaluasi
4)
Membuat tes soal dan lembar
observasi untuk aktivitas guru dan siswa
b. Pelaksanaan Tindakan (Acting)
1)
Guru memulai demonstrasi
dengan menarik perhatian peserta didik
2)
Guru mengingat pokok-pokok
materi yang akan didemonstrasikan agar demonstrasi mencapai sasaran
3)
Guru memperhatikan keadaan
peserta didik, apakah semuanya mengikuti demonstrasi dengan baik
4)
Guru memberikan kesempatan
kepada peserta didik untuk aktif memikirkan lebih lanjut tentang apa yang
dilihat dan didengarnya dalam bentuk mengajukan pertanyaan
5)
Menghindari ketegangan, oleh
karena itu guru hendaknya selalu menciptakan suasana yang harmonis
c. Pengamatan (Observing)
Pengamatan adalah kegiatan untuk mencatat semua peristiwa atau hal yang
terjadi di kelas penelitian (Kusumah dan Dwitagama, 2010: 40). Tahap ini
dilakukan bersama dengan pelaksanaan tindakan, guru melaksanakan pembelajaran
dengan menggunakan metode demonstrasi serta peneliti melakukan pengamatan
dengan mencatat semua hal yang terjadi yang dianggap diperlukan. Adapun
pengamatan yang dilakukan adalah hal-hal sebagai berikut:
1)
Melakukan pengamatan pada
proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan siswa
2)
Mengamati perilaku dan
tingkah laku siswa pada saat proses pembelajaran langsung
3)
Poin-poin yang diamati pada
proses pembelajaran adalah:
a) Keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran
b) Kemampuan siswa dalam mengikuti pembelajaran
d. Refleksi (Reflecting)
Refleksi
adalah perbuatan merenung atau memikirkan sesuatu atau upaya evaluasi yang dilakukan
oleh para kolaborator atau partisipan yang terikat dengan suatu PTK yang
dilaksanakan, (Kusumah dan Dwitagama,
2010: 40). Tahap refleksi ini dimaksudkan untuk mengkaji secara menyeluruh
tindakan yang dilakukan evaluasi guna menyempurnakan tindakan berikutnya. Hasil dari tindakan dianalisis dan
direfleksikan antara peneliti dan guru untuk menentukan langkah-langkah
perbaikan apa yang akan ditempuh, sehingga didapatkan solusi untuk semua
permasalahan melalui metode demonstrasi.
Berdasarkan
analisis dari refleksi ini akan dapat diketahui proses pembelajaran dan tingkat tercapainya
hasil belajar siswa yang diinginkan
berdasarkan kriteria ketuntasan minimal (KKM) 75 dan kriteria ketuntasan klasikal 85. Bila pada siklus I ini
hasil belajar siswa sebelum mencapai target yang ditentukan maka perlu ditindak
lanjuti pada siklus II. Siklus kedua dilaksanakan dengan memperbaiki kekurangan
maupun kelemahan yang terjadi pada siklus pertama
|
|
|
Gambar 1.1
Siklus Penulisan Tindakan Kelas (Suharsimi Arikunto, 2014:16)
2.
Bentuk
Penelitian
Bentuk penelitian yang
digunakan dalam penelitian tindakan ini adalah penelitian tindakan kelas
kolaboratif. Burns (Jamal, 2011:102) “mengatakan
bahwa kolaborasi atau kerja sama perlu dan penting dilakukan dalam PTK karena
PTK yang dilakukan secara perorangan bertentangan dengan hakikat PTK itu
sendiri”. Sejalan dengan itu, Wallace (jamal 2011:103) juga mengatakan bahwa:
“kolaborasi atau kerja sama dalam
melakukan penelitian tindakan dapat dilakukan bersama-sama dengan mahasiswa,
sejawat dalam jurusan/sekolah/lembaga yang sama, sejawat dari lembaga/sekolah
yang lain, sejawat dengan wilayah keahlian yang berbeda (misalnya antara guru
dan pendidik guru, antara guru dan penulis, antara guru dan manajer), sejawat
dalam disiplin ilmu yang berbeda (misalnya antara guru bahasa asing dan guru
bahasa ibu), dan sejawat di negara lain”.
Dalam
penelitian ini penulis akan berkolaborasi dengan seorang guru TIK, dimana guru
tersebut yang akan melaksanakan praktik pembelajaran dan penulis sebagai
pengamat.
H.
Setting Penelitian
1.
Deskripsi Lokasi Penelitian
Penelitian dilakukan di SMA Negeri 2 Sungai Kakap berlokasi
di Jalan Daeng Hasyim Desa Jeruju Besar Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu
Raya di kelas XI IPS 1 dengan guru mata pelajaran TIK yang merupakan kolaborator penelitian
tindakan kelas adalah Bapak Muhammad
Asmuji. Kelas ini memiliki 37 siswa yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 19 siswa
perempuan.
2.
Jadwal dan Subjek Penelitian
a.
Jadwal
Penelitian
Jadwal
dan waktu yang diperlukan dalam penelitian ini dengan
sulit ditentukan, akan tetapi sebagai bahan
acuan penelitian dapat penulis kemukakan
bahwa dalam penulisan desain ini dimulai sejak bulan Juni sampai September 2016. Berikut ini
adalah tabel dari jadwal dan waktu penelitian.
Tabel 1.2
Jadwal penelitian
No
|
Kegiatan
|
Tahun 2016
|
||||||||
Bulan
|
||||||||||
Mar
|
Apr
|
Mei
|
Jun
|
Jul
|
Agt
|
Sep
|
Okt
|
Nov
|
||
1
|
Konsul Outline
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
ACC
Outline
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Konsul Desain
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Acc Desain
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Seminar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Perbaikan
Seminar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Penelitian
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
Sidang
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b.
Subjek Penelitian
Subjek penelitian adalah
individu, benda atau organisme yang dijadikan informasi yang dibutuhkan dalam
pengumpulan data penelitian. Subjek dalam penelitian ini adalah guru. Guru
dalam hal ini bertindak sebagai
kolaborator yang mengajarkan pembelajaran TIK di SMA Negeri 2 Sungai Kakap
Kabupaten Kubu Raya. Siswa yang menjadi subjek penelitian adalah siswa di kelas
XI IPS 1 SMA Negeri 2 Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya, dengan jumlah siswa 37
orang, terdiri dari 19 siswa perempuan dan 18 siswa laki-laki. Dengan
bermacam-macam karakteristik siswa, ada sejumlah faktor yang mempengaruhi
karakteristik siswa diantaranya faktor internal dan faktor eksternal. Faktor
internal adalah faktor yang mempengaruhi karakteristik siswa itu sendiri,
sedangkan faktor eksternal adalah factor yang berasal dari luar individu siswa.
Sehingga bermacam-macam kenakalan yang dilakukan siswa, ada siswa yang pendiam,
nakal, suka berbicara, dan tidur.
c.
Data dan Sumber
Data
dan sumber dalam penelitian ini berasal dari sumber data primer dan sekunder,antara lain :
1)
Sumber data Primer
a) Lembar observasi siswa dan
guru
b) Hasil
siklus I dan siklus II
2)
Sumber data skunder
a) Silabus, RPP, soal-soal, siklus I dan II
b)
Foto-foto kegiatan
I.
Teknik dan Alat
Pengumpulan Data
1. Teknik Pengumpulan Data
Sesuai dengan bentuk penelitian tindakan kelas dan
sumber data dalam penelitian ini adalah : 1). Teknik observasi, 2). Teknik
pengukuran, 3). Teknik studi dokumenter
a.
Teknik Observasi
Menurut Kusumah dan Dwitagama (2010: 66) mengemukakan bahwa “pengamat
atau observasi adalah proses pengambil data dalam penelitian dimana peneliti atau pengamat
melihat situasi penelitian. Observasi sangat sesuai digunakan dalam penelitian yang berhubungan dengan kondisi interaksi
belajar-mengajar, tingkah laku, dan
interaksi kelompok. Tipe-tipe pengamat yaitu, pengamat berstruktur (dengan
pedoman), pengamatan tidak berstruktur.
b. Teknik Pengukuran
Menurut Soerhatono (2002:75) bahwa “pengukuran merupakan
hal yang utama dan apabila tidak ada teknik pengukuran
tertentu, maka objek penelitian tersebut tidak dapat dibandingkan atau
dikelompokan”. Sedangkan
menurut Arifin (2011:4) “pengukuran adalah suatu proses atau kegiatan untuk
menetukan kuantitas sesuatu. Kata sesuatu bisa berarti siswa, guru dan
sebagainya.
Teknik
pengukuran dilakukan untuk mengetahui data ketuntasan dan peningkatan hasil belajar siswa
pada materi E-mail setelah dilakukan
pembelajaran Demonstrasi. Kegiatan pengukuran yang dimaksud adalah dengan
memberikan tes berupa soal-soal kepada siswa. Dalam penelitian ini siswa
diberikan tes untuk mengukur hasil belajar siswa setelah mempelajari materi E-mail setelah
dilakukan pembelajaran Demonstrasi.
c.
Teknik Studi
Dokumentasi
Menurut Sugiyono (2014: 329) mengemukakan bahwa “Dokumen merupakan catatan peristiwa yang
sudah berlalu. Dokumen bisa berbentuk
tulisan, gambar, atau karya-karya monumental dari seseorang. Dokumen yang
berbentuk tulisan misalnya catatan harian, sejarah kehidupan (life histories), cerita, biografi,
peraturan, kebijakan. Dokumen yang berbentuk gambar, misalnya foto, gambar
hidup, sketsa dan lain-lain. Dokumen yang patung, film, dan lain-lain. Studi
dokumen merupakan pelengkap dari
penggunaan metode observasi dan wawancara dalam
penelitian kualitatif”.
2. Alat Pengumpulan Data
Berdasarkan
teknik-teknik pengumpulan data yang digunakan, maka alat pengumpulan data yang
sesuai dengan teknik-teknik tersebut adalah:
a. Lembar Observasi
Lembar observasi dipergunakan
untuk melihat atau mengamati penggunaan metode demonstrasi di dalam kelas. Penulis
menggunakan lembar observasi sebagai alat pengumpulan data. Alat yang digunakan
untuk teknik lembar observasi atau daftar chek
list.
Hadari Nawawi (2012: 108) “pencatatan
data dilakukan dengan menggunakan sebuah daftar yang menurut nama-nama objek di
sertai jenis-jenis gejala yang
diamati”. Daftar itu harus disediakan sebelum observasi dilakukan. Dengan
demikian tugas observasi adalah memberi tanda chek list apabila pada saat melakukan pengamat ternyata gejala di dalam daftar itu
muncul. Lembar observasi ini terbagi dua yaitu lembar observasi untuk guru dan siswa.
b. Dokumentasi
Dokumentasi ini digunakan untuk
memperoleh data dari seluruh dokumen yang ada. Sugiyono (2014: 329) juga
menyatakan bahwa dokumentasi merupakan catatan peristiwa yang sudah berlalu. Dokumentasi
bisa berbentuk tulisan, gambar, atau karya-karya misalnya catatan harian,
sejarah kehidupan (life histories),
cerita biografi, peraturan, kebijakan. Data dokumentasi dalam penelitian ini
adalah RPP, silabus, soal-soal, hasil pra tindakan, hasil tindakan siklus I dan
siklus II, foto-foto kegiatan pembelajaran, dan data profil sekolah.
c. Tes
Hasil Belajar
Berkaitan dengan teknik pengumpulan data yang
digunakan, maka alat pengumpulan data yang akan
digunakan dalam penulisan ini adalah tes pilihan ganda.
J.
Teknik Analisis Data
Analisis data merupakan suatu proses mengolah
dan menginterpretasikan data dengan tujuan memperoleh berbagai informasi sesuai
dengan tujuan penelelitian. Analisis data diarahkan untuk mencari dan menemukan
upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar
siswa. Penulisan ini menggunakan dua pendekatan dalam teknik analisisnya, yaitu
pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Data yang dikumpulkan dalam
penulisan tindakan merupakan data yang diperoleh dari suatu kelas dan tidak
untuk dideskripsikan. Teknik analisis data yang di gunakan yaitu analisis deskriptif
kualitatif.
1.
Data Kualitatif
Data kualitatif adalah data yang berupa pernyataan-pernyataan.
Data
kualitatif diperoleh melalui berbagai macam teknik pengumpulan data seperti
observasi, pengukuran, tes,
dan dokumentasi. Data kualitatif yang telah dikumpulkan akan dianalisis dengan teknik analisis interaktif
yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman (Sugiyono, 2014:337) mengatakan bahwa “aktivitas dalam analisis data kualitatif dilakukan
secara interaktif dan berlangsung secara terus-menerus sampai tuntas, sehingga
datanya sudah jenuh. Aktivitas dalam analisis data, yaitu data collection, data reduction, data display, dan conclusion drawing/verivication”. Teknik
analisis ini terdiri dari empat komponen kegiatan yang saling terkait satu sama lain, yaitu koleksi dara, reduksi data yang telah terkumpul, penyajian
data, dan penarikan kesimpulan. Langkah-langkah analisis berikut:
a.
Data Collection (koleksi data)
Koleksi data yaitu dengan mengumpulkan data dari hasi observasi, dokumentasi, tes hasil belajar, data jumlah dan nilai
siswa yang diperoleh dari guru dan siswa.
b.
Data Reduction (reduksi data)
Data yang diperoleh dari lapangan jumlahnya cukup banyak, untuk itu
perlu dicatat secara teliti dan rinci. Seperti telah dikemukakan, semakin lama
penulis ke lapangan, maka jumlah data akan semakin banyak, kompleks, dan rumit.
Untuk itu perlu segera dilakukan analisis data melalui reduksi data. Mereduksi
data berarti merangkum, memilih hal-hal yang pokok, memfokuskan pada hal-hal
yang penting, dicari tema dan polanya. Dengan demikian data yang telah
direduksi akan memberikan gambaran yang lebih jelas, dan mempermudah penulis
untuk melakukan pengumpulan data selanjutnya, dan mencarinya bila diperlukan.
c.
Data Display (penyajian data)
Penyajian data akan memudahkan penulis untuk memahami apa yang terjadi,
serta merencanakan langkah selanjutnya berdasarkan apa yang telah difahami
tersebut. Cara yang paling sering digunakan untuk menyajikan data dalam
penulisan adalah dengan teks yang bersifat naratif.
d.
Conclusion Drawing/Verification (penarikan kesimpulan/verifikasi)
Penarikan kesimpulan dilakukan untuk mencari jawaban akhir dari data
yang disajikan, sehingga diperoleh kesimpulan-kesimpulan mengenai dampak dari
perlakuan yang diberikan.
2. Data
Kuantitatif
Data
yang bersifat kuantitatif berupa hasil tes formatif daripada siklus I dansiklus
II. Data ini akan dianalisis dan disajikan secara deskriptif kuantitatif dalam
bentuk tabel, sehingga dapat dilihat perbedaan dan perubahan rata-rata hasil
tes formatif.
Rumusan
yang digunakan untuk mengolah data kuantitatif adalah analisis tes hasil
belajar menurut Sugiyono (2005:43)
Me =
Dimana: Me = Mean (rata-rata)
∑
= Epsilon (baca jumlah)
Xi
= Nilai X ke I sampai ke n
N = Jumlah individu
Sistematika
penyajian data akan disajikan bersiklus dan dibahas dengan menyajikan semua
hasil pada siklus I dan siklus II. Dengan demikian maka akan dapat dilihat
perkembangan hasil belajar dari setiap siklus.
K.
Indikator Keberhasilan Tindakan
Sarwiji Suwandi (2012: 66) mengatakan bahwa indikator sebagai tolok ukur
keberhasilan penelitian yang dilakukan. Indikator kinerja merupakan rumusan
kinerja yang akan dijadikan acuan dalam menentukan keberhasilan peneliti. Untuk
mengukur pengukuran keberhasilan data pelaksanaan tindakan perlu dilakukan,
maka ditepatkan indikator kinerjanya menggunakan rumus tingkat ketuntasan
klasikal antara lain sebagai berikut:
KB =
x 100%
Di mana: KB = Ketuntasan Belajar
T = Jumlah skor yang diperoleh siswa
Tt = jumlah skor total
(Debdiksbod dalam Trianto, 2012 :241)
Indikator pengukuran keberhasilan secara relatif
ditentukan berdasarkan keadaan, karakteristik daerah sekolah dan juga kemampuan
siswa.Sementara SMA Negeri 2 Sungai Kakap menetapkan ketuntasan belajar secara
klasikal yaitu 85 % dari jumlah seluruh siswa. Siswa dinyatakan tuntas belajar
jika telah mencapai tingkat pemahaman 85 %, jika siswa hanya mencapai tingkat
pemahaman ≤85 % siswa dapat dikatakan tidak tuntas yang ditunjukan dengan
perolehan nilai tes formatif.
Kriteria yang digunakan untuk mengukur keberhasilan
pembelajaran, jika ada peningkatan hasil belajar siswa secara klasial dan
individual, serta minimal 85 % dari siswa tuntas dalam belajar, maka dapat
dikatakan hasil belajar siswa meningkat. Kriteria peningkatan hasil belajar
siswa diukur dengan pedoman penilaian sebagai berikut :
a. Nilai 50-65 kategori D = kurang
b. Nilai 66-74 kategori C = cukup
c. Nilai 75-79 kategori B = baik
BAGIAN II
METODE
DEMONTRASI DAN MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TIK MATERIE-MAIL
A.
Hakikat
Belajar dan Pembelajaran
Menurut Bambang Warsita (2008: 62) mengemukakan
“belajar (learning) adalah suatu
proses kompleks yang terjadi pada semua orang dan berlangsung seumur hidup,
sejak ia masih bayi sampai ke liang lahat nanti (Sadiman, dkk., 1986: 2).
Belajar dapat terjadi di rumah, di sekolah, di tempat kerja, di tempat ibadah,
dan ia masyarakat, serta berlangsung dengan cara apa saja, dari apa, dan siapa
saja. Bahkan kemampuan orang untuk belajar ini merupakan salah satu ciri
penting yang membedakan manusia dengan mahluk yang lain.
Miarso (Bambang
Warsita, 2008: 63) Belajar merupakan suatu proses pribadi
yang tidak harus dan atau merupakan akibat kegiatan mengajar. Guru melakukan
kegiatan mengajar tidak selalu diikuti terjadinya kegiatan belajar pada peserta
didik. Sebaliknya, peserta didik dapat melakukan kegiatan belajar tanpa harus
ada guru yang mengajar.Namun, dalam kegiatan belajar peserta didik ini ada
kegiatan membelajarkan, yaitu misalnya yang dilakukan oleh penulis buku bahan
belajar, atau pengembangan paket belajar dan sebagainya.
Dimyati & Mudjiono (Bambang Warsita, 2008: 63) Dalam
kegiatan pembelajaran ini tentu saja tidak dapat dilakukan sembarangan, tetapi
harus menggunakan teori-teori dan prinsip-prinsip belajar tertentu agar bisa
bertindak secara tepat.Artinya teori-teori dan prinsip-prinsip belajar ini
diharapkan dapat membimbing dan mengarahkan dalam merancangdan melaksanakan
kegiatan pembelajaran.Walaupun teori belajar tidak dapat diharapkan menentukan
langkah demi langkah dalam kegiatan pembelajaran, namun minimal dapat memberi
arah proritas dalam kegiatan pembelajaran.
B.
Pembelajaran
Model Demonstrasi
1.
Makna
Metode Pembelajaran
Menurut
Anas Salahudin (2015: 137) Metode pembelajaran adalah cara yang digunakan guru
untuk menyampaikan pelajaran kepada peserta didik karena penyampaian tersebut
berlangsung dalam interaksi edukatif. Metode pembelajaran dapat diartikan
sebagai cara yang digunakan guru dalam mengadakan hubungan dengan siswa pada
saat berlangsungnya pengajaran. Dengan demikian, metode pembelajaran merupakan
alat untuk menciptakan proses belajar mengajar.
Metode
pembelajaran yang ditetapkan guru membuat siswa belajar proses (learning by process), bukan hanya
belajar produk (learning by product).Belajar
produk pada umunya hanya menekankan dari segi kognitif. Adapun belajar proses
dapat memungkinkan tercapainya tujuan belajar dari segi kognitif, afektif
(sikap), dan psikomotor (keterampilan). Oleh karena itu, pembelajaran diarahkan
untuk mencapai sasaran atau lebih menekankan pembelajaran melalui proses.
2.
Pengertian
Pembelajaran Demonstrasi
Demonstrasi adalah metode mengajar yang
menggunakan peragaan untuk memperjelas suatu pengertian atau untuk
memperlihatkan pada seluruh kelas tentang suatu proses atau suatu petunjuk
unutk melakukan sesuatu. Sagala (2011:210 “metode demonstrasi merupakan metode
yang sederhana dibandingkan metode-metode lainya”. Metode demonstrasi juga
merupakan metode yang efektif, sebab membantu siswa untuk mencari jawaban
dengan usha sendiri dengan bereksperimen berdasarkan dengan apa yang telah
dilihat.
Bahri Zain (2006: 91) menyatakan bahwa “
metode demonstrasi memiliki kelebihan dalam proses pembelajaran yaitu, dapat
membuat pengajaran menjadi lebih
jalan dan lebih kongkrit, sehinnga menghindari verbalisme (pemahaman secara
kata-kata atau kalimat), siswa lebih mudah memahami apa yang dipelajari proses
pembelajaran lebih menarik, siswa dirancang untuk aktif mengamati, menyesuaikan
antara teori dan kenyataan, dan coba untuk melakukannya sendiri”. Dalam
demonstrasi diharapkan setiap langkah pembelajaran dari hal-hal yang
didemonstrasikan itu dapat dilihat dengan mudah oleh murid dan melalui prosedur
yang benar dapat pula di mengerti materi yang disajikan.
Dapat disimpulkan bahwa pemilihan suatu
metode dapat dilihat dari kemampuan murid, waktu, dan kepribadian guru, dan
metode demonstrasi itu sendiri melibatkan guru menunjukan siswa sebagaimana
proses pengjaran sementara mereka mengati, dan mempraktikan atau bereksperimen.
3.
Persiapan
Metode Demonstrasi Dalam Pembelajaran TIK
Pada dasarnya sebelum melalui proses belajar mengajar
seorang guru perlu menyiapkan diri baik secara fisik maupun mental dan saran
belajar mengajar yang diperlukan. Amir dan Ahmadi (2010: 185) menyatakan bahwa
“persiapan mengajar merupakan upaya memperkirakan tindakan yang akan dilakukan
dalam kegiatan pemebelajaran, terutama berkaitan dengan pembentukan kompensi”. Pendapat diatas memperkuat
Winkel dalam Sutikno (2013: 31) menyatakan bahwa “ pembelajaran sebagi
perangkat tindakan yang dirancang untuk mendukung proses belajara mengajar peserta didik, dengan memperhitungkan
kejadian-kejadian eksternal yang berperan terhadap rangkaian kejadian-kejadian
internal yang berlangsung didalam diri peserta
didik”.
Berdasarkan pendapat diatas dapat ditrik
kesimpulan bahwa dalam metode demonstrasi guru mempunyai peran yang sangat
penting dalam proses belajar mengajar terutama kesiapan mengajar dalam memimpin siswa dalam metode
demonstrasi, sehingga menncapai hasil akademis yang baik dimana dibutuhkan
kerja keras. Sebelum melaksanakan metode demonstrasi dalam pembelajaran Tik ada
beberapa hal yang harus dipersiapklan guru. Adapun yang harus dipersiapkan guru
adalah sebagai berikut:
a. Menetapkan
tujuan demonstrasi
Penetapan
metode demonstrasi harus dilakukan agara tidak terjadi pemborosan waktu, materi
dan tenaga. Selain itu, dapat digunakan untuk mengetahui kecakapan apa yang
diharapkan akan dimiliki murid setelah demonstrasi dilaksanakan. Dapat ditarik
kesimpulan bahwa tujuan adalah suatu yang dapat dilakukan oleh siswa berupa
perubahan tingkah laku dan peningkatan hasil belajar yang di harapkan setelah
suatu proses pengajaran.
b. Mempersiapkan
Alat-alat Praga
Mempersiapkan
agar pengajaran tidak mengganggu ketertiban dan sistematika penyajian pada saat
demonstrasi. Usman (2010: 31) mengatakan bahwa : “alat peraga pengajaran adalah
alat yang digunakan guru ketika mengajar untuk membantu menjelaskan materi
pelajaran yang disampaikan kepada siswa dan mencegah terjadinya verbalisme pada
diri siswa”.
Dengan
mempersiapkan alat-alat peragaan yaitu komputer, media dan alat tulis.Sehingga
guru lebih mudah untuk mendemonstrasikan sesuai tujuan yang telah ditetapkan
sebelumnya.
4.
Pelaksanaan
Metode Demonstrasi dalam Pembelajaran TIK
Pelaksanaan
metode demonstrasi adalah suatu bentuk
kegiatan yang dilakukan guru dalam proses demonstrasi sesuai dengan tujuan yang
harus dilakukan guru TIK agar proses demonstrasi dapat berjalan efektif dan
efesien yaitu:
a.
Mengusahakan demonstrasi dapat diamati
oleh siswa
Dalam
proses pelaksanaan demonstrasi hendaknya seluruh siswa dapat mengamati dengan
jelas setiap langkah-langkah proses demonstrasi yang dilakukan guru, hal ini
dimaksudkan agar siswa satu dengan siswa yang lainnya memiliki pengetahuan yang
secara umum sama mengenai langkah-langkah proses demonstrasi atau cara kerja
suatu alat peragaan seperti media yang di demonstrasikan guru, sehingga guru
tidak perlu mengulang kembali langkah-langkah proses demonstrasitersebut.
b.
Menumbuhkan sikap kritis kepada siswa
Dalam
suatau proses demonstrasi harus menimbulkan suatu hal yang menjadikan
pertanyaan agar terjadi proses tanya jawab dan diskusi tentang masalah yang
didemonstrasikan. Hal ini sangat penting dilakukan guru untuk menciptakan
suasana atau iklim pembelajaran yang efektif supaya siswa terlibat secara aktif
di dalam proses pembelajaran.
c.
Memberi kesempatan kepada siswa untuk
mencoba demonstrasi
Demonstrasi
dilaksanakan untuk membantu siswa dalam memahami suatu materi sehingga dapat
menigkatkan hasil belajar siswa. Apabila memberi kesempatan kepada siswa untuk
mencoba melakukan demonstrasi, hal ini dilakukan agar siswa lebih memahami
materi yang akan di demonstrasikn dan tentunya melatih apa yang mereka amati
dengan kemampuan yang dimiliki.
d.
Pelaksanaan metode demonstrasi
Pelaksanaan
metode demonstrasi seorang guru harus memperhatikan langkah-langkah yang akan
dilaksanakan. Sanjaya (2010:153-154) mengemukakan tahap pelaksanaan metode
demonstrasi sebagai berikut:
1) Langkah
pembukaan
Sebelum demonstrasi
dilakukan ada beberapa hal yang perlu diperhatiakan, diantaranya :
a) Aturlah
tempat duduk yang memungkinkan seluruh siswa dapat dengan jelas memperhatikan
apa yang di demonstrasikan.
b) Kemukakan
tujuan apa yanag harus dicapai oleh siswa.
c) Kemukakan
tugas-tugas apa yang harus dilakukan oleh siswa,
Misalnya
siswa ditugaskan untuk mempraktikan sebuah instrument atau mencatat hal-hal
yang di anggap penting dari pelaksanaan demonstrasi.
2) Langkah
pelaksanaan demonstrasi
a) Mulailah
kegiatan-kegiatan yang mengacu siswa untuk berfikir, misalnya memulai
pertanyaan-pertanyaan yang mengandung teta-teki sehingga mendorong siswa untuk
tertarik memerhatikan demonstrasi.
b) Ciptakan
suasana yang menyenangkan dengan menghindari suasan yang menegangkan.
c) Yakinkan
bahwa semua siswa mengikuti jalannya demonstrasi dengan memerhatikan seluruh
reaksi siswa.
d) Berikan
kesempatan siswa secara aktif memikirkan lebih lanjut sesuai dengan apa yang
mereka lihat dari proses demonstrasi.
3)
Langkah mengakhiri demonstrasi
Apabila
demonstrasi selesai dilakukan, proses pembelajaran perlu diakhiri dengan
memberikan tugas-tugas tertentu yang ada kaitannya dengan pelaksanaan
demontrasi dan proses pencapaian tujuan pembelajaran. Hal ini diperlukan untuk
meyakinkan apakah siswa memahami proses demonstrasi atau tidak. Selain
memberikan tugas yang relevan, ada baiknya guru dan siswa melakukan evaluasi
bersama tentang jalanya proses demonstrasi itu dan diperbaiki selanjutnya.
Berdasarkan
pendapat diatas, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa sebelum melaksanakan
demonstrasi seorang guruperlu memperhatikan langkah-langkah yang dilakukan
seperti mengatur tempat duduk siswa sehingga dapat diperhatikan dengan jelas
apa yang didemonstrasikan, mengemukakan tujuan yang ingin dicapai, menyampaikan
tugas-tugas yang harus dilakukan oleh siswa.
5.
Evaluasi
Metode Demonstrasi dalam Pembelajaran TIK
Dalam
pembelajaran merupakan suatu proses untuk menentukan hasil belajar siswa atau
manfaat kegiatan pembelajaran melalui kegiatan penilaian dan pengukuran.
Dimyati dan Mudjiono (2009: 221) mengatakan “evaluasi pembelajaran merupakan
suatu proses untuk menetukan jasa, nilai atau manfaat kegiatan pembelajaran
melalui kegiatan penilaian atau pengukuran”. Sehingga dapat ditarik kesimpulan
evaluasi adalah mencakup perbuatan dan pertimbangan hasil belajar atau manfaat
penomena pengajaran.
Zuldafrial
(2011: 85) “evaluasi atau penilaian merupakan salah satu aspek yang terpenting
dalam kegiatan interaksi belajar”. Bloom falam Rusman (2012: 125) tujuan
pembelajaran dapat diklafikasikan kedalam tiga ranah (domain),
yaitu :
a)
Domain
kognitif ; berkenaan dengan kempuan dan kecakapan intelektual
berpikir,
b)
Domain
afektif ; berkenaan dengan sikap, kemampuan dan penugasan
segi-segi emosional, yaitu perasaan, sikap dan nilai
c)
Domain
psikomotor ; berkenaan dengan suatu
keterampilan-keteampilan atau gerakan-gerakan fisik.
6.
Kelebihan
dan kekurangan Demonstrasi
Demonstrasi
memiliki kelebihan dan kekurangan yang akan dipaparkan sebagai berikut
(Miftahul Huda (2015:233) :
a.
Kelebihan metode demonstrasi
1) Membuat
pengajaran menjadi lebih jelas dan konkret
2) Memustakan
perhatian siswa
3) Lebih
mengarahkan proses belajar siswa pada materi yang sedang dipelajari
4) Lebih
melekatkan pengalaman dan kesan sebagai hasil pembelajaran dalam diri siswa
5) Membuat
siswa lebih mudah memahami apa yang dipelajari
6) Membuat
proses pembelajaran lebih menarik
7) Merangsang
siswa untuk aktif mengamati dan menyesuaikan antara teori dengan kenyataan
8) Membantu
siswa memahami dengan jelas jalannya suatu proses atau kerja suatu benda
9) Memudahkan
berbagi jenis penjelasan
10) Memperbaiki
kesalahan-kesalahan yang terjadi dari hasil ceramah melalui pengamatan dan
contoh konkret dengan menghadirkan objek sebenarnya
b.
Kekurangan model demonstrasi
1) Mengharuskan
keterampilan guru secara khusus
2) Tersedianya
fasilitas-fasilitas pendukung, seperti peralatan, tempat, dan biaya yang
memadai disetiap kelas
3) Memerlukan
kesiapan dan perencanan yang matang disamping waktu yang cukup panjang
4) Kesulitan
siswa terkadang untuk melihat dengan jelas benda yang akan dipertunjukan
5) Tidak
semua benda dapat didemonstrasikan
6) Sukar
dimengerti bila didemonstrasi oleh guru yang kurang menguasai materi atau
barang yang didemonstrasikan
Berdasarkan
pendapat diatas, maka dapat disimpulakan bahwa demonstrasi tidak hanya memliki
kelebihan dalam proses mengajar, tetapi juga memiliki kekurangan yang harus
diperhatikan dan dipertimbangkan oleh guru sebelum menggunakan metode
demonstrasi seperti harus memerlukan guru secara khusus karena tanpa ditunjang
dengan pelaksanaan demonstrasi tidak akan aktif.
C.
Hasil
Belajar
1.
Pengertian
Hasil Belajar
Menurut
Abdul Haris dan Asep Jihad (2012:01) menyatakan bahwa “Belajar adalah kegiatan
berproses dan merupakan unsur yang sangat fundamental dalam penyelenggaraan
jenis dan jenjang pendidikan, hal ini berarti keberhasilan pencapaian tujuan
pendidikan sangat tergantung pada keberhasilan proses belajar siswa di sekolah
dan di lingkungan sekitarnya”. Akhir dari sebuah proses pembelajaran adalah
untuk mengetahui hasil belajar siswa, seberapa besar pemahaman siswa terhadap
materi yang telah disampaikan selama proses belajar mengajar berlansung.
Purwanto (2008:54) menyatakan:”hasil belajar adalah perubahan prilaku yang
terjadi setelah mengikuti proses belajar mengajar sesuai dengan tujuan
pendidikan”.Hasil belajar diukur untuk mengetahui pencapaian tujuan pendidikan
sehingga hasil belajar harus sesuai dengan tujuan pendidikan.
2.
Faktor
yang mempengaruhi Hasil Belajar
Faktor–faktor
kesulitan belajar menurut Zainal Aqib (2002:62) yaitu:
a.
Faktor indogin, ialah faktor yang datang
dari diri pelajar atau siswa sendiri. Faktor ini meliputi: faktor biologis
(faktor yang bersifat jasmaniah), dan faktor biologis (faktor yang bersifat
rohaniah).
b.
Faktor eksogin, ialah faktor yang datang
dari luar pelajar atau siswa. Faktor ini meliputi; faktor lingkungan, keluarga
dan faktor lingkungan sekolah. Sedangkan menurut Munadi (Rusman, 2012:124)
faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar meliputi faktor internal dan
eksternal, yaitu:
Sedangkan
menurut Munadi (Rusman, 2012:124) faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar
meliputi faktor internal dan eksternal, yaitu:
a.
Faktor
Internal
1. Faktor
Fisiologis
Faktor fisiologis yang dapat mempengaruhi siswa
dalam menerima materi pelajaran seperti kondisi kesehatan yang prima, tidak
dalam keadaan lemah dan capek, tidak dalam keadaan cacat jasmani dan
sebagainya.
2. Faktor
Psikologis
Setiap siswa pada dasarnya memiliki
kondisi psikologis yang berbeda-beda tentunya turut mempengaruhi hasil
belajarnya.Beberapa faktor psikologis yang dimaksud meliputi Intelegensi (IQ),
perhatian, minat, bakat, motif, motivasi, kognitif dan daya nalar siswa.
b.
Faktor
Eksternal
1. Faktor
Lingkungan
Faktor lingkungan dapat mempengaruhi hasil
belajar.Faktor lingkungan ini meliputi lingkungan fisik (alam) dan lingkungan
sosial.Lingkungan alam misalnya suhu, kelembaban dan lain-lain.
2. Faktor
Instrumental
Faktor-faktor instrumental adalah faktor
yang keberadaannya dan penggunaannya dirancang sesuai dengan hasil belajar yang
diharapkan.Faktor-faktor ini diharapkan dapat berfungsi sebagai sarana untuk
tercapainya tujuan-tujuan belajar yang telah direncanakan.Faktor-faktor
instrumen ini berupa kurikulum sarana,
dan guru.
3.
Klasifikasi
Hasil Belajar
Menurut
Bloom, dkk 1996 dalam ( Zainal Arifin, 2013:21) hasil belajar dapat
dikelompokkan kedalam 3 (tiga) domain, yaitu kognitif, afektif dan psikomotor.
Setiap domain disusun menjadi beberapa jenjang kemampuan, mulai dari hal yang
sederhana sampai dengan hal yang kompleks, mulai dari hal yang mudah sampai
dengan hal yang sukar, dan mulai dari hal yang konkrit dampai dengan hal yang
abstrak. Adapun rincian domain tersebut adalah sebagai berikut, yaitu:
a. Domain
kognitif (cognitive domain). Domain
yang memiliki 6 (enam) jenjang kemampuan, yaitu:
1) Pengetahuan
(knowledge), yaitu jenjang kemampuan
yang menuntut peserta didk untuk dapat mengenali atau mengetahui adanya konsep,
prinsip, fakta atau istilah tanpa harus mengerti atau dapat digunakan,
diantaranya mendefinisikan, memberikan, mengidentifikasi, memberi nama, menyusun
daftar, mencocokkan, menyebutkan, membuat garis besar, menyatakan kembali,
memilih , dan menyatakan.
2) Pemahaman
(comprehension), yaitu jenjang
kemampuan yang menuntut peserta didik
untuk memahami atau mengerti tentang materi pelajaran yang disampaikan guru dan
dapat memanfaatkannya tanpa harus menghubungkannya dengan hal-hal lain.
Kemampuan ini dijabarkan lagi menjadi 3 (tiga), yakni menerjemahkan,
menafsirkan, dan mengekstrapolasikan.
3) Penerapan
(application), yaitu jenjang
kemampuan peserta didik untuk menggunakan ide-ide umum, tata cara atau metode,
prinsip, dan teori-teori dalam situasi baru dan konkret.
4) Analisis
(analysis), yaitu jenjang kemampuan
yang menuntut peserta didik untuk menguraikan suatu situasi atau keadaan
tertentu kedalam unsur-unsur atau komponen pembentuknya. Kemampuan analisi
dikelompokan menjadi 3 (tiga), yaitu analisis unsur, analisis hubungan, dan
analisis prinsip-prinsip yang terorganisasi.
5) Sintesis
(synthesis), yaitu jenjang kemampuan yang
menuntut peserta didik untuk menghasilkan sesuatu yang baru dengan cara
menggabungkan berbagai faktor. Hasil yang diperoleh dapat berupa tulisan,
rencana atau mekanisme.
6) Evaluasi
(evaluation), yaitu jenjang kemampuan
yang menuntut kemampuan peserta didik untuk dapat mengevaluasi suatu situasi,
keadaan pernyataan atau konsep berdasarkan kriteria tertentu.
b. Domain
Afektif (affective domain), yaitu
internalisasi sikap yang menunjuk arah pertumbuhan batiniah dan terjadi bila
peserta didik menjadi sadar tentang nilai yang diterima, kemudian mengambil sikap
sehingga mengambil bagian dari dirinyadalam membentuk nilai dan menentukan
tingkah laku.
c. Domain
Psikomotor (psychomotor domain),
yaitu kemampuan peserta didik yang berkaitan dengan gerakkan tubuh atau
bagian-bagiannya, mulai dari gerakan yang sederhana sampai dengan gerakkan yang
kompleks.
D.
Pembelajaran
TIK
1. Hakikat
Teknologi Informasi
Deni
Darmawan (2012: 45) Teknologi komunikasi dianggap mencakup pengertian yang
lebih luas, termasuk sistem, saluran, perangkat keras dan perangkat lunak dari
komunikasi modern. Sedangkan teknologi informasi merupakan bagian dari
pengertian teknologi komunikasi. Akan tetapi, apabila diamati dengan lebih
mendalam, baik pengertian teknologi komunikasi maupun teknologi informasi,
nyatalah bahwa di antara dua bidang tersebut saling berkaitan satu dengan yang
lain, bahkan seringkali digunakan untuk menyebut hal yang sama secara
bergantian.
Lebih
lanjut, menurut Martin (Deni
Dermawan, 2012:46) teknologi informasi tdak hanya
terbatas pada teknologi komputer yang digunakan untuk memproses dan menyimpan
informasi, melainkan mencakup juga teknologi komunikasi untuk mengirimkan
informasi. Secara lebih umum Lucas (2000) dalam Deni Dermawan, (2012:46)
menyatakan bahwa teknologi informasi adalah segala bentuk teknologi yang
diterapkan untuk memproses dan mengirimkan informasi dalam bentuk elektronis,
seperti mikrokomputer, komputer mainframe,
pembaca bacode, software pemrose
transaksi perangkat lunak untuk lembar kerja, peralatan komunikasi dan
jaringan.
Everret
M Rogers dalam bukunya Communication
Technology (Deni Dermawan,
2012:47),
mengemukakan bahwa “Teknologi informasi merupakan perangkat keras bersifat
organisatoris dan meneruskan nilai-nilai sosial dengan siapa individu atau
khalayak mengumpulkan, memproses, dan saling mempertukarkan informasi dengan
individu atau khalayak lain”.
Telaah
terhadap peranti teknologi informasi ini dijelaskan oleh Haag dan Keen (1996)
dalam Deni Dermawan, (2012:47)
bahwa “Teknologi informasi adalah seperangkat alat yang membantu Anda bekerja
dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan
informasi.” Demikian juga dengan apa yang disampaikan oleh William dan Sawyer
(2003) yang dikutip Deni Dermawan,
(2012:47) mengemukakan bahwa “Teknologi informasi adalah
teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi
berkecepatan tinggi yang membawa data, suara, dan video.” Dari definisi di atas
tergambar bahwa teknologi informasi baik secara implisit maupun eksplisit tidak
sekedar berupa teknologi komputer, tetapi juga teknologi telekomunikasi. Dengan
kata lain yang disebut teknologi informasi adalah gabungan antara komputer dan
teknologi telekomunikasi.
Perkembangan
teknologi informasi dan komunikasi yang sangat pesat, sejak lama telah
dimanfaatkan dalam dunia pendidikan. Seperti penemuan kertas, mesin cetak,
radio, video, taperecorder,
film, televise, overhead projector, dan komputer yang telah dimanfaatkan
dalam proses pendidikan. Pada hakikatnya alat-alat tersebut tidak dibuat khusus
untuk keperluan pendidikan akan tetapi
alat-alat tersebut ternyata dapat dimanfaatkan dalam proses pendidikan,
bahkan dapat meningkatkan efektivitas dan efesiensi pelaksanaan proses
pendidikan. Selain alat-alat tersebut, yang pada umunnya tidak dirancang secara
khusus untuk kepentingan pendidikan, tetapi terdapat pula alat-alat yang secara
khusus dirancang untuk kepentingan pendidikan. Baik alat-alat yang tidak
dirancang secara khusus untuk kepentingan pendidikan tetapi dapat dimanfaatkan
dalam proses pendidikan, juga alat-alat yang dirancang secara khusus untuk
kepentingan pendidikan dikategorikan sebagai teknologi pendidikan.
2. Teknologi
Komunikasi & Informasi dalam Pembelajaran
Hamzah,
B. dkk (2010: 21) Teknologi pembelajaran seringkali didefinisikan sebagai
penerapan prinsip-prinsip ilmu pengetahuan dalam menyelesaikan permasalahan
belajar, ini merupakan suatu pandangan yang mengasumsikan bahwa ilmu dan
teknologi tidak terpisahkan.Hal ini merupakan mitos.Ilmu dan teknologi ada
kaitannya tetapi terpisah. Seorang sejarawan Perancis, Ferdinand Braudel,
setelah mengamati kehidupan sehari-hari pada abad ke-15 dan ke-18, berpendapat
bahwa: “Sebenarnya segala sesuatu adalah teknologi, bukan hanya usaha manusia
yang paling memeras keringat saja, melainkan juga usahanya yang membosankan dan
dilakukan dengan penuh kesabaran agar dikenal oleh dunia luar, bukan hanya
perubahan cepat yang kita maksudkan dengan revolusi, melainkan juga peningkatan
proses dan saran (tools) maupun
kegiatan-kegiatan lain yang tak terbilang jumlahnya dan tidak mempunyai dampak
pembaruan yang bearti, tetapi merupakan buah dari akumulasi pengetahuan”.
Marcel Mauss biasa mengatakan “Apa yang saya namakan teknologi adalah tindakan
tradisional yang efektif”. Dengan kata lain, teknologi menyiratkan tindakan
seseorang atau suatu generasi terhadap yang lain, akan tiba saatnya teknologi
dapat menjawab apa yang saat ini dianggap tidak mungkin dicapai atau
dimanfaatkan secara penuh karena alasan sosial ekonomi maupun psikologi. Braudel
dalam (Hamzah, B. dkk, 2010: 22)Akan tiba pula saatnya teknologi sampai
pada batasnya di mana secara material maupun teknologi akan menghentikan upaya.
Dalam hal yang terakhir ini bila kemudian batas ini tidak lagi dapat menahan
tekanan kebutuhan maka perlu ada terobosan teknologi yang menjadi pijakan
perkembangan.Namun, daya yang mampu mengatasi rintangan itu tidak pernah
merupakan bagian internal yang sederhana dari ilmu dan teknologi
E.
Pembelajaran
TIK Pokok Bahasan Surat Elektronik (E-Mail)
1.
E-Mail Sebagai Alat Komunikasi
E-mail
merupakan singkatan dari electronic mail (surat
elektronik). E-mail dikirim kepada penerima pesan melewati komputer yangada di
ISP, lalu menuju ke internet dan baru kemudian menuju ke komputer penerima E-mail. E-mail
merupakan cara baru dalam mengirimkan informasi yang mempengaruhi orang dalam
berkirim surat. Keunggulan E-mail
tidak
hanya dalam kecepatan, tetapi juga penghematan biaya. Sebenarnya, E-mail tidak
bias mengungguli tata cara surat-menyurat konvensional, terutama yang
membutuhkan stempel dan tanda tangan. Namun, E-mail tetap
dijadikan alternatif dalam surat-menyurat.
2.
Fungsi
E-Mail sebagai Alat Komunikasi
Salah
satu fasilitas komunikasi dengan internet yang sangat popular dan banyak
digunakan oleh seluruh pengguna internet di pelosok dunia adalah E-mail.
Fasilitas E-mail
sangat ekonomis karena cukup banyak situs web penyedia layanan E-mail
gratis, antara lainwww.yahoo.com, www.plasa.com, www.hotmail.com, dan www.gmail.com. Dengan demikian, bukanlah
hal yang asing, khususnya bagi pelajar, untuk mengenal layanan-layanan
tersebut.
Layaknya
sebuah surat, yang saat dikirim harus mempunyai alamat yang jelas agar sampai ke
tujuan, demikian juga dengan E-mail.
Dengan
membuat E-mail,
berarti kita sekaligus membuat alamat E-mail kita,
misalkan rudi.hidayat@smun47-jkt.sch.id. Untuk memudahkan dalam identifikasi, alamat E-mail dibagi atas tiga bagian,
yaitu:
a) Identitas
pengguna disebut juga dengan user ID atau user account.
b)
Tanda @, dibaca at, yang berarti
berlokasi di.
c)
Nama domain, yaitu nama domain tempat
pengguna memperoleh E-mail
tersebut, misalnya yahoo.com, Hotmail.com.
Sebagai
contoh adalah E-mailrudi.hidayat@smun47-jkt.sch.id, dibaca E-mail rudi.hidayat berlokasi di smun47-jkt.sch.id
(rudi.hidayat at smun47-jkt.sch.id). identitasE-mail
adalah rudi.hidayat, server domainnya smun47-jkt.sch.id.
Fungsi
E-mail sebagai
alat komunikasi adalah sebagai berikut.
a)
Surat-menyurat elektronik.
b)
Sebagai sarana komunitas diskusi (groups).
c)
Sebagai sarana komunikasi chat.
3.
Keunggulan,
Kelemahan, dan Etika dalam E-Mail
E-mail
memiliki keunggulan dibandingkan dengan surat konvensional yang menggunakan
kertas. Keunggulan E-mail
sebagai alat komunikasi melalui media elektronik memiliki keunikan tersendiri,
yaitu dari kecepatan transfer data dan kemampuannya untuk melakukan broadcast (pengiriman). Sedangkan,
kelemahan pada E-mail
adakalanya informasi yang ada di dalam E-mail
perlu dikonfirmasi ulang kepada penerima dan pengirim, terutama untuk surat
yang sifatnya penting dan tidak ada kaitan dengan isi e-mail.E-mail juga tidak senyaman melakukan percakapan melalui
telepon. Pada E-mail
dapat tercermin sifat atau emosi seseorang, misalnya penulisan tanda baca,
penulisan huruf besar dan kecil, serta warna huruf yang membuat pembacanya menafsirkan
lain. Dalam E-mail,
sebuah kalimat pendek dapat dibaca dengan intonasi yang berbeda, misalnya lambang
:-) berarti tersenyum dan :-( berarti sedih.
Etika
dan moral dalam teknologi informasi dan komunikasi perlu mendapat perhatian,
termasuk dalam komunikasi E-mail,
mengingat penerima sebuah E-mail
yang dapat digunakan dalam membuatE-mail,
yaitu:
a) Gunakan
subjekE-mail
dengan
singkat dan menggambarkan isi E-mail.
b)
Hindari penggunaan huruf besar yang
berlebihan. Penggunaan huruf besar cenderung menggambarkan tekanan rasa marah,
emosi, dan mengejek penerima E-mail.
Gunakan huruf besar untuk penekanan terhadap sesuatu.
c)
Hindari kesalahan ketik serta struktur
kalimat yang tidak baik.
d) Minta
persetujuan kepada penerima E-mail
jika Anda ingin mengirim attachment
(lampiran) berkuran besar. Jika penerima E-mail
memiliki kapasitas memori E-mail
kecil
dengan akses internet lambat, hal tersebut dapat menghambat masuknya E-mail lain.
4.
Pendaftaran
E-mail pada Yahoo.com
Sebelum
lebih jauh menambah pengetahuan dan wawasan melalui internet ini, maka
memudahkan melakukan komunikasi dalam dunia maya (elektronik Internet) minimal
harus sudah memiliki alamat E-mail
(E-mail address). Sebelum menggunakan
fasilitas di E-mail yang ada di yahoo
terlebih dahulu harus memiliki account di yahoo dengan cara mendaftar di Yahoo.
Adapun langkah adalah sebagai berikut:

Gambar
2.1
tampilan halaman depan Yahoo Mail
a. Cara
Membuat Akun E-mail Yahoo

Gambar 2.2 Halaman utama
pendaftaran E-mail
yahoo
1)
Data nama, silahkan isi nama depan
dengan nama belakanganda, nama depan diisi dengan nama depan anda sedangkan
nama belakang isi dengan nama belakang anda, jika anda tidak memilik nama
belakang anda bisa kosongkan isian nama belakang.
2)
Nama pengguna Yahoo kotak ini digunakan
untuk membuat alamat E-mail
yahoo, silahkan isi nama pengguna yahoo, jangan memakai spasi dan jangan
dimulai denga angka, isi dengan nama mudah untuk diingat, ingat tanpa
@yahoo.co.id, nama pengguna yahoo nanti akan digunakan sebagai alamat E-mail yahoo
anda.
3)
Kata sandi, silahkan isi kata sandi atau
password.
4)
Nomor ponsel, silahkan anda isi dengan
nomor ponsel anda, tanpa angka nol didepannya, misalnya nomor ponsel anda
0878222xxx, maka yang anda masukkan cukup 878222xxx, nol yang didepan jangan
digunakan. Nomor ponsel biasanya digunakan jika anda lupa password dikemudian
hari, konfirmasi penggantian password biasanya selalu menanyakan nomor ponsel
anda yang anda masuukan ketika melakukan pendaftaran E-mail
yahoo.
5)
Tanggal lahir, masukkan tanggal lahir,
silahkan anda pilih tanggal, bulan dan tahun sesuai dengan tanggal lahir anda.
6)
Jenis kelamin, jangan lupa untuk memilih
jenis kelamin, silahkan klik pada salah satu jenis kelamin yang tersedia.
7)
Nomor pemulihan opsional dan hubungan,
bisa anda kosongkan, jika perlu anda juga bisa mengisinya, nomor pemulihan ini
biasanya digunakan untuk mengkonfirmasi ketika anda lupa password dikemudian
hari.

Gambar 2.3 masukkan kode
8)
Pada tahap ini anda akan diminta
memasukkan kode captcha, lihat kode yang melayang-layang, silahkan masukkan
kode yang melayang-layang yang dicetak tebal, lihat ilustrasi gambar diatas.
Jika sudah silahkan anda tekan tombol
“kirim kode”, jika salah silahkan anda ulang sampai benar, jika anda berhasil
anda akan dibawa ke halaman pendaftaran E-mail yahoo
berikutnya.

Gambar 2.4 telah berhasil pendaftaran E-mail
b. Cara
Membuat E-Mail Baru Untuk Pertama
Kali
Jika
berhasil mengikuti dan menyelesaikan tahap demi tahap pendaftaran E-mail
yahoo diatas, maka akan masuk kehalaman utama E-mail.

Gambar 2.5 halaman utama E-mail
Untuk
membuat E-mail
baru pertama kali silahkan klik tulisan “Tulis” seperti pada gambar diatas yang
ditunjukkan oleh arah panah merah sebelah kiri, maka akan dijasikan form isian
untuk menulis E-mail
seperti terlihat pada gambar dibawah ini.

Gambar 2.6 langlah-langkah membuat E-mail baru
Langkah-langkah
membuat e-mail baru:
1) Ke/alamat
E-mail
yang dituju, masukkan E-mail
yang
dituju, misalnya ingin mengirim E-mail
ke
alamat witri.ekayanggi@yahoo.co.id, maka masukkan alamat
tersebut pada kotak alamat E-mail
yang dituju.
2) Judul
E-mail, silahkan masukkan judul E-mail,
tergantung E-mail
anda
tentang apa, silahkan masukkan judul yang relevan dengan isi pesan yang nanti
akan disampaikan.
3) Isi
E-mail, masukkan isi E-mail,
sesuai denga isi pesan yang ingin anda sampaikan.
4) Attach
file, Attach file adalah alat yang digunakan untuk mengupload file-file
tertentu yang disertakan kedalam isi E-mail,
misalnya E-mail
tentang
lamaran kerja, biasanya bukan hanya isi lamaran saja tetapi juga harus disertai
denga file-file foto dan file gambar fotokopi izajah, anda bisa menyetakan
file-file tersebut menggunakan attach file, dengan cara menekan tombol
bergambar penity diatas.
5) Pengaturan
format tulisan, anda dapat mengatur format tulisan isi pesan E-mail yahoo anda, format tulisan bisa
digunakan meliputi, menebalkan tulisan, memiringkan, menggaris bawahi tulisan,
juga dapat mengatur tata letak tulisan rata kiri rata kanan rata tengah atau
rata kiri kanan seperti halnya di Microsoft word.
Jika
langkah diatas sudah anda lakukan, silahkan tekan tombol “kirim” untuk
mengirimkan E-mail
yang
anda buat ke alamat E-mail
yang dituju sampai tahap ini berarti anda sudah berhasil menggunakan dan
mengirim E-mail
menggunakan
E-mail
yahoo.
c. Cara
Keluar dari Halaman E-mail Yahoo
Setelah
anda masuk dan memakai E-mail,
misalnya untuk mengirim surat, jika anda ingin usai, jangan lupa untuk keluar
dari halaman E-mail
anda, coba lihat gambar dibawah ini, lihat ke pojok kanan atas, disana anda
akan melihat tulisan nama anda bergambar orang.

Gamabar 2.7 keluar dari halaman
Untuk
keluar dari layanan E-mail yahoo
anda, silahkan klik pada icon tersebut, kemudian pada menu yang muncul silahkan
pilih menu “Sign out”. Dengan menekan tombol tersebut anda akan keluar dari
halaman utama akun E-mail
yahoo anda.
Kenapa
harus keluar atau Sign out, ini sangat penting jika anda selesai menggunakan E-mail
yahoo pada tanpa keluar, maka ketika ada orang lain yang ingin mengakses E-mail mereka
akan langsung ke halaman E-mail
anda yang belum anda keluarkan. Kadang-kadang orang iseng akan mengubah
password atau user yahoo anda, tanpa sepengetahuan anda akibatnya anda akan
kehilangan E-mail
anda. Jadi disarankan setelah selesai menggunakan layanan E-mail,
jangan lupa untuk signout/keluar.
d. Cara
Masuk Kembali ke Halaman E-mail Yahoo
Anda
Bagaimana
caranya kita masuk kembali ke halaman E-mail yahoo
kita yang sudah kita buat sebelumnya, misalnya di hari-hari tertentu kita harus
mengirim E-mail,
atau harus menerima E-mail
dari seseorang yang harus kita baca sebelumnya yang jelas jangan sampai lupa
nama user id dan passwordnya, bagaimana caranya untuk masuk. Silahkan ikut
langkah-langkah berikut:
2)
Jika anda sudah masuk kehalaman diatas,
silahkan anda lihat ke pojok kanan atas anda akan menemukan gambar seperti dibawah
ini.

Gambar 2.8 untuk masuk keE-mail
Untuk masuk kehalaman e-mail yahoo, anda cukup klik tulisan E-mail gambar amplop berwarna ungu
seperti terlihat pada gambar diatas.
3) Anda
akan masuk kehalaman login atau sign in E-mail
yahoo, seperti gambar berikut.

Gambar 2.9 login
a) ID
Yahoo, silahkan anda masukkan alamat E-mail
anda, misalnya alamat E-mail
anda witri.ekayanggi@yahoo.co.id, maka silahkan masukkan
alamat E-mail
tersebut pada kotak ID Yahoo seperti terlihat pada gambar diatas.
b) Kata
sandi, silahkakn masukkan password untuk E-mail
anda.
Tekan tombol “ Sign In”
untuk masuk ke halaman E-mail
anda,
jika berhasil anda akan masuk ke halaman E-mail
anda.
5.
Menggunakan
Email Yahoo (YMail)
E-mail
yahoo atau lebih dikenal dengan yahoo mail atau ymail adalah layanan e-mail gratis yang sediakan oleh
perusahaan internet yahoo, akun E-mail
yang telah dibuat di yahoo mail akan memiliki alamat dengan akhiran @yahoo.com
atau yahoo.co.id.
Langkah-langkah
untuk menggunakan fasilitas yang terdapat di E-mail
yahoo adalah sebagai berikut:
a. Mengirim
E-mail Menggunakan E-mail Yahoo (Ymail)
Seperti
halnya E-mail
google, melalui yahoo bisa mengirimE-mail
ke berbagai layanan E-mail
berbeda, baik itu antar sesama E-mail
yahoo atau E-mail
lainnya, ingat untuk mengirim E-mail
yahoo adalah sebagai berikut:
1. Masuk
ke halaman utama E-mail
yahoo
2. Silahkan
anda login menggunakan alamat E-mail
yahoo anda dan juga passwordnya.
3. Setelah
anda berhasil masuk untuk menulis E-mail
anda bisa klik tombol tulis yang teletak disebelah pojok kiri atas terlihat
seperti di bawah ini.

Gambar 2.10 untuk menulis E-mail
Maka akan terbuka untuk
menulis E-mail,
seperti terlihat pada gambar dibawah ini.

Gambar 2.11 menulis E-mail
Data yang harus anda
isi adalah sebagai berikut.
1) Ke:
silahkan anda isi dengan alamat E-mail
tujuan
2) Judul:
isi denga judul pesan E-mail
anda
3) Isi:
silahkan ketikan isi E-mail
anda
Attachment
Jika E-mail
anda ingin disertai berkas berupa file dokumen atau gambar atau foto, anda bisa
klik gambar penity seperti ditunjuk gambar arah panah pada gambar diatas.
Silahkan anda klik icon tersebut, kemudia pilih file di komputer anda yang
ingin anda sertakan di pesan E-mail
anda
Jika data yang diminta
sudah diisi tekan tombol kirim untuk mengirimkan pesan E-mail
anda.
b. Membaca
E-mail Yahoo Yang Diterima
Jika
kebetukan menggunakan email yahoo untuk menerima E-mail
dari pihak lain, maka langkah-langkah untuk membuka dan membaca E-mail
yang diterima sebagai berikut:

Gambar 2.12 membaca E-mail
Kemudian
pada daftar E-mail,
silahkan pilih baris dan baca, kemudian klik untuk membuka isi pesan E-mail
yang di terima.
c. Membalas
E-mail Yahoo yang Diterima
Adakalanya
ketika E-mail
dibuka dan dibaca, jika ingin membalasnya ke E-mail
si pengirim, langkah-langkah adalah sebagai berikut.
Untuk
membalasnya silahkan di buka dulu pesan E-mail
yang diterima kemudian scroll kebawah dibagian bawah silahkan tekan tombol
tulisan “Balas”, terlihat seperti gambar dibawah ini.

Gambar 2.13 untuk membalas E-mail
Akan
disajikan fasilitas yang sama dengan ketika menulis E-mail,
namun tidak harus mengisi alamat tujuan dan judul, karena sudah terisi secara
otomatis.
d. Forward
atau Meneruskan E-mail
Untuk
meneruskan pesan E-mail
yahoo yang dibaca ke orang lain. Langkahnya hampir sama dengan membalas E-mail
yahoo, namun link atau tombol yang akan di tekan tombolnya adalah teruskan,
jika diminta untuk memasukkan alamat E-mail
tujuan kemana pesan tersebut akan diteruskan.
F.
Penelitian Relevan
1.
Jurnal
pendidikan, Vol 4. Dewa Putu Suryawan, Made Santo Gitakarma, dan Nyoman
Santiyadnya. (2015) tentang “ Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan
Hasil Belajar Mata Pelajaran Prakarya Dan Kewirausahaan Pada Siswa Kelas X MIA3
SMA Negeri 1 Singaraja Semester II Tahun Pelajaran 2014/2015”. Subyek
penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 3 SMA Negeri 1 Singaraja tahun pelajaran
2014/2015, sebanyak 31 siswa yang terdiri atas 13 siswa laki-laki dan 18 siswa
perempuan. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis
deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi
peningkatkan hasil belajar dari siklus I sebesar 74,19% dengan rata-rata hasil
belajar sebesar 80,82 meningkat pada siklus II menjadi sebesar 90,32% dengan
rata-rata hasil belajar sebesar 80,87. Berdasarkan hasil penelitian tersebut
dapat disimpulkan bahwa penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil
belajar Prakarya dan Kewirausahaan pada siswa kelas X MIA 3 SMA Negeri 1
Singaraja.
2.
Jurnal
Pendidikan, Vol 4. Tyas Agnitasari. (2016) tentang “Penerapan Metode
Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA
Kelas V Tema Kerukunan Dalam Bermasyarakat SDN Lontar 481 Surabaya”. Sebanyak
65,40% siswa mengalami ketuntasan belajar dengan nilai KKM 76 dari hasil
penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan aktivitas guru pada siklus I dan II
mencapai 100% dengan ketercapaian pada siklus I sebesar 75% dan pada siklus II
meningkat menjadi 90%. Sementara itu, ketuntasan belajar klasikal metode
demonstrasi juga mengalami peningkatan. Pada siklus I ketuntasan mencapai
65,40% dan pada siklus II ketuntasan mencapai 88,46%.
3.
Jurnal pendidikan, Vol 5. Sanawati
Kambe, Muhammad Rizal dan Muhammad Hasbi. (2014) tentang “ Penerapan Metode
Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 1 Balingara Pada
Materi Volume Kubus Dan Balok “. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD
Negeri 1 Balingara yang berjumlah 15 orang yang tercatat pada tahun 2014-2015.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui metode demonstrasi dapat
meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas V SD Negeri
1 Balingara pada materi volume kubus dan balok. Pada tes awal siswa yang tuntas
5 orang (persantase tuntas klasikal 33,33%) dan (daya serap klasikal 57%). Pada
siklus I siswa yang tuntas 13 orang (persantase tuntas klasikal 86,66%). Pada
siklus II meningkat menjadi yang tuntas 14 (persantase ketuntasan klasikal
93,33%), dan daya serap klasikal 81,33%. Rata-rata hasil observasi aktifitas
siswa dalam pembelajaran siklus I 73,33% dan pada siklus II 85%. Sedangkan
persantase aktifitas guru dalam pembelajaran siklus I 78,66% dan pada siklus II
88%.
4.
Jurnal pendidikan, Vol 3. Achmad
Ramadhan Fince dan Yusdin Gagaramusu. (2013) tentang “ Penerapan Metode
Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Penyebab Benda
Bergerak Di Kelas 1 SDN Dampala Kec. Bahodopi Kab. Morowali “. Subjek
penelitiannya adalah siswa kelas 1 SDN Dampala berjumlah 20 orang siswwa
terdiri atas 10 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa pada tindakan siklus I diperoleh ketuntasan klasikal 75% dan
daya serap klasikal 57,25%. Pada tindakan siklus II diperoleh ketuntasan
klasikal 90% dan daya serap klasikal 80%. Hal ini berarti pembelajaran pada
siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan dengan daya serap klasikal
minimal 70% dan ketuntasan belajar klasikal minimal 85%.
5.
Jurnal pendidikan, Vol 2. Ika Dessy
Kusumawardai. (2014) tentang “ Penerapan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran
IPA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar”. Subjek
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Pegertanjung I Ploso Jombang.
Aktivitas guru mengalami peningkatan sebanyak 25%, terlihat pada siklus I
dengan persentase 68% menjadi 93% pada siklus II. Persantase aktivitas siswa
pada siklus I sebanyak 71% menjadi 91% pada siklus II, mengalami peningkatan
sebanyak 20%. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I rata-rata nilainya
66,9 dengan persantase 67% meningkat rata-rata nilainya menjadi 81,6 dengan
persantase 82%. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebanyak 14,7%.
DAFTAR
PUSTAKA
Amri, S. &Ahmadi, I. 2010.Proses PembelajaranInovatifdankreatifDalamKelas. Jakarta: PT
PrestasiPustakarya
Arifin, Z. 2011. EvaluasiPembelajaran.
Bandung: PT RemajaRosdakarya
Arifin, Z. 2013. EvaluasiPembelajaran.
Bandung: PT RemajaRosdakarya
Arikunto, S. 2010. ProsedurPenelitian. Jakarta: RinekaCipta
Aqib, Z. 2002. Professional
PenelitianSuatuPendekatanPraktik, Edisi 2. Jakarta: RinekaCipta
Asmani, J.M. 2011.PenelitianTindakanKelas. Yogyakarta: Laksana
Damayati&Mudjiono. 2009. BelajardanPembelajaran. Jakarta: PT
RinekaCipta
Darmadi, H. 2014. MetodePenelitianPendidikandanSosial. Bandung: Alfabeta
Darmadi, H. 2010. KemampuanDasarMengajar. Bandung: Alfabeta
Hamzah, dkk., 2010. TeknologiKomunikasi&InformasiPembelajaran. Jakarta: PT BumiAksara
Haris, A dan Jihad, A. 2012.EvaluasiPembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo
Hidayat, Rudi. 2004. TeknologiInformasi Dan KomunikasiJilid 2
Untuk SMA/MA Kelas XI.Jakarta: PenerbitErlangga
Huda, Miftahul. 2015. Model-Model Pengajaran Dan PembelajaranIsu-IsuMetodis
Dan Paradigmatis. Yogyakarta: PustakaPelajar
Kusumah, Wijaya&Dwitagama, Dedi.
2010. MengenalPenelitianTindakanKelasEdisiKedua.
Jakarta: PT Indeks
Mulyasa. 2012. PraktikPenelitianTindakanKelas. Bandung: PT RemajaRosdakarya
Nawawi, Hadari. 2004. MetodePenelitianBidangSosial. Jakarta: Gajah mada University Press.
Nawawi, Hadari. 2010. MetodePenelitianBidangSosial. Jakarta: Gajah mada University Press.
Rusman. 2012. Model-model
Pembelajaran. Jakarta: PT Raja GrafindoPersada.
Purwanto. 2008. EvaluasiHasilBelajar.
Yogyakarta: PustakaPelajar
Sagala, S. 2011. KonsepdanMaknaPembelajaran.
Bandung: Alfabeta
Salahudin, Anas. 2015. PenelitianTindakanKelas. Bandung: CV
PustakaRemaja
Sanjaya,
Wina, 2006. StrategiPembelajaranBerorientasiStandarProsesPendidikan,
Jakarta: KencanaPrenadamedia Group.
Sanjaya,
Wina. 2010. StrategiPembelajaranBerorientasiStandarProsesPendidikan,
Jakarta: KencanaPrenadamedia Group.
Soehartono.2002.
MetodePembelajaranBerorientasiStandar
Proses Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2014. MetodePenelitianPendidikanPendekatanKuantitatif, Kualitatif, Dan
R&D. Bandung: CV Alfabeta
Sugiyono. 2012. MetodePenelitianKuantitatifKualitatifdan
R&D. Bandung: Alfabeta
Suryabrata, S 2008.MetodePenelitian. Jakarta: PT Rajawaligrafindopersada
Sutikno,
S. 2013. BelajardanPembelajaran.
Bandung: Holistica
Suwandi, Sarwiji. (2011). PenelitianTindakanKelas (PTK) danPenulisanKaryaIlmiah. Surakarta:
Yuma Pustaka.
Usman, M. 2010. Menjadi
Guru Profesional. Bandung: RemajaRosdakarya
Warsita, Bambang. 2008. TeknologiPembelajaranLandasan&Aplikasinya.Jakarta:
PT RinekaCipta
Zain, B. 2002.StrategiBelajarMengajar.
Jakarta: PT RinekaCipta
Zuldafrial. 2011. PenelitianKuantitatif.
Yogyakarta: Media Perkasa
Komentar
Posting Komentar