Desain Penelitian



PENERAPAN METODE DEMONTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASILBELAJAR SISWA PADA MATAPELAJARAN TIK
(Penelitian Tindakan Kelas di Kelas XI SMA Negeri 2 Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya)
DESAIN PENELITIAN

WITRI EKA YANGGI
NIM: 611200202

FAKULTAS PENDIDIKAN MIPA DAN TEKNOLOGI
PRODI PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

 



INSTITUT KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA
 (IKIP-PGRI) PONTIANAK
2016


DAFTAR ISI
Halaman
KATA PENGANTAR..................................................................................... i
DAFTAR ISI..................................................................................................... iii
DAFTAR TABEL............................................................................................ v
DAFTAR GAMBAR....................................................................................... vi
DAFTAR LAMPIRAN.................................................................................... viii
BAGIAN I PENDAHULUAN........................................................................ 
A.    LatarBelakang................................................................................
B.Rumusan Masalah............................................................................
C.TujuanPenelitian...............................................................................
D.    ManfaatPenelitian..........................................................................
E.   Ruang Lingkup Penelitian..............................................................
1.  Variabel Penelitian.....................................................................
a.       VariabelMasalah.................................................................. 
b.      VariabelTIndakan................................................................ 
2.  Definisi Operasional...................................................................
a.       MetodeDemonstrasi............................................................ 
b.      HasilBelajar......................................................................... 
F.      HipotesisTindakan.........................................................................
G.    MetodedanBentukPenelitian.........................................................
1.   Metode Penelitian..................................................................... 
2.   BentukPenelitian.......................................................................
H.    Setting penelitian........................................................................... 
1.      DeskripsiLokasiPenelitian........................................................
2.      JadwaldanSubjekPenelitian.....................................................
a.       JadwalPenelitian................................................................
b.      SubjekPenelitian.................................................................
I.       TeknikdanAlatPengumpulan Data.................................................
1.      TeknikPengumpulan Data........................................................
a.       TeknikObservasi.................................................................
b.      TeknikPengukuran.............................................................
c.       TeknikStudiDokumentasi..................................................
2.      AlatPengumpulan Data............................................................
a.       LembarObservasi...............................................................
b.      Dokumentasi......................................................................
c.       TesHasilBelajar..................................................................
J.       TeknikAnalisis Data.......................................................................
K.    IndikatorKeberhasilanTIndakan....................................................

BAGIAN II METODE DEMONSTRASI DAN MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TIK
A.    HakikatBelajardanPembelajaran................................................. 24
B.     PembelajaranMetodeDemonstrasi...............................................
1.   MaknaMetodePembelajaran................................................... 24
2.   Pengertian PembelajaranDemonstrasi..................................... 25
3.   PersiapanMetodeDemonstrasiDalamPembelajaran TIK.........
4.   PelaksanaanMetodeDemonstrasiDalamPembelajaran TIK.....
5.   EvaluasiMetodeDemonstrasiDalamPembelajaran TIK...........
6.   KelebihandanKekuranganDemonstrasi..................................
C.     HasilBelajar................................................................................. 27
1.   Pengertian HasilBelajar........................................................... 27
2.   Faktor yang MempengaruhiHasilBelajar................................ 29
3.   KlasifikasiHasilBelajar............................................................ 37
D.    Pembelajaran TIK........................................................................ 40
1.      HakikatPembelajaran TIK.....................................................
2.      TeknologiKomunikasi&InformasiDalamPembelajaran.........
E.     Pembelajaran TIK PokokBahasanSuratElektronik (E-Mail)....... 41
1.      E-mailSebagaiAlatKomunikasi.............................................
2.      FungsiE-mail SebagaiAlatKomunikasi.................................
3.      Keunggulan, Kelemahan, Dan EtikaDalamE-mail...............
4.      PendaftaranE-mailpadaYahoo.com......................................
5.      MenggunakanE-mail Yahoo (YMail)...................................
F.      Penelitianrelevan.........................................................................
DAFTAR PUSTAKA...................................................................................... 53
LAMPIRAN


DAFTAR TABEL

Tabel                                                                                                         Halaman
1.1 Data Nilai Rata-Rata Siswa.......................................................................... 3
1.2 JadwalPenelitian........................................................................................... 20


DAFTAR GAMBAR

Gambar                                                                                              Halaman
1.1SiklusPenulisanTindakanKelas....................................................................... 17
1.2   KomponenDalamAnalisa Data.................................................................... 26
2.1TampilanHalamanDepan Yahoo Mail............................................................. 52
2.2HalamanUtamaPendaftaran E-mail yahoo..................................................... 52
2.3MasukkanKode............................................................................................... 54
2.4BerhasilPendaftaran E-mail............................................................................ 55
2.5HalamanUtama E-mail.................................................................................... 55
2.6Langkah-LangkahMembuat E-mail Baru....................................................... 56
2.7Keluar Dari Halaman...................................................................................... 57
2.8MasukkanKe E-mail....................................................................................... 59
2.9  Login............................................................................................................. 59
2.10Menulis E-mail.............................................................................................. 60
2.11HalamanMenulis E-mail................................................................................ 61
2.12Membaca E-mail........................................................................................... 62
2.13Membalas E-mail.......................................................................................... 62


DAFTAR LAMPIRAN
Lampiran                                                                                           Halaman
1    SilabusPembelajaran...................................................................................... 55
2    RencanaPelaksanaan...................................................................................... 56
3    LembarObsevasi Guru Tindakan................................................................... 58
4    LembarObservasiSiswa.................................................................................. 22
5Kisi-Kisi Soal..................................................................................................... 59
6SoalUjiCoba....................................................................................................... 61
7     KunciJawabanSoalUjiCoba.......................................................................... 77




                                                         BAGIAN I
RENCANA PENELITIAN
A.           Latar Belakang
Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sudah dimanfaatkan dalam dunia pendidikan. Contoh dari pemanfaatan TIK dalam pendidikan yaitu, penemuan kertas, mesin cetak, radio, video tape recorder, film, televisi, overhead projector, dan komputer telah dimanfaatkan dalam proses pendidikan. Alat-alat tersebut selain digunakan dalam bidang ekonomi, bisnis juga bisa digunakan sebagai sarana prasarana penunjang di dalam kelas. Alat-alat tersebut, yang pada umumnya tidak dirancang secara khusus untuk kepentingan pendidikan, tetapi terdapat pula alat-alat yang secara khusus dirancang untuk kepentingan pendidikan yang disebut teknologi pendidikan dan teknologi pembelajaran adalah teori dan praktik dalam desain pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan serta evaluasi proses dan sumber untuk belajar. Bambang Warsita (2008: 134) mengemukakan bahwa;
”Teknologi informasi (Information Technology, IT) adalah sama dengan teknologi lainnya, hanya informasi merupakan komoditas yang diolah dengan teknologi tersebut. Dalam hal ini, teknologi mengandung konotasi memiliki nilai ekonomi. Teknologi pengolah informasi ini memang memiliki nilai jual, contohnya seperti teknologi database, dan security. Kesemuanya dapat dijual. Bentuk dari teknologi adalah kumpulan pengetahuan (knowledge) yang diimplementasikan dalam tumpukan kertas (stacked of papers), atau sekarang dalam bentuk CD-ROM. Tumpukan kertas inilah yang didapatkan, jika seseorang membeli sebuah teknologi dalam bentuk patent atau bentuk Hak atas Kekayaan Intelektual HaKI (Intellectual Property Rights) lainnya”.

Teknologi informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah, memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas (Wardiana, 2002). Artinya informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pengambilan keputusan.
Proses pembelajaran, khususnya mata pelajaran Teknologi Informasi Komunikasi diperlukan suatu metode pembelajaran yang tepat agar dapat tercapainya tujuan dari pembelajaran tersebut. Penggunaan metode pembelajaran yang sesuai sangat menentukan keberhasilan belajar siswa. Dengan metode pembelajaran yang sesuai, siswa dapat mencapai hasil yang baik dan dapat mengembangkan potensi yang terdapat dalam dirinya. Metode yang digunakan oleh peneliti adalah metode demonstrasi.
Demonstrasi merupakan salah satu metode sederhana dan merupakan metode yang baik untuk guru pemula yang menekuni kegiatan yang dipergunakan oleh guru dengan cara memperlihatkan atau menunjukan suatu proses kepada sekelompok siswa agar lebih mengerti dan memahaminya. Hal ini juga berarti bahwa metode demonstrasi adalah cara penyajian pelajaran dengan memperagakan dan mempertunjukan suatu proses, situasi, atau benda tertentu yang sedang dipelajari baik dalam bentuk sebenarnya oleh guru atau sumber belajar lain di depan seluruh siswa. Melalui demonstrasi siswa dapat mengamati dengan saksama apa yang terjadi saat proses pembelajaran, bagaimana proses pembeajaranya, bahan apa saja yang diperlukan saat melakukan pembelajaran serta bagaimana hasil dari proses pembelajaran tersebut. Proses penerimaan siswa terhadap pelajaran akan lebih terkesan secara mendalam, sehingga membentuk pengertian dengan baik dan sempurna dan peserta didik juga berkesempatan mengembangkan melalui pengamatan segala benda yang terlihat dalam proses belajar mengajar dan mengambil kesimpulan-kesimpulan yang diharapkan dari pengamatan tersebut.
Proses belajar mengajar dengan metode demonstrasi memerlukan media pembelajaran, manfaat media dalam pembelajaran yaitu untuk memperlancar proses interaksi antara guru dan siswa yang diharapkan siswa dapat belajar secara optimal agar setelah belajar mendapat hasil yang baik.
Tabel 1.1
data nilai rata-rata siswa mata pelajaran TIK tahun 2015/2016
XI
Kelas
Nilai Rata-Rata
IPA 1
84
IPA 2
81
IPS 1
69
IPS 2
75
Alasan peneliti memilih SMA Negeri 2 Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya sebagai sekolah penelitian yaitu, berdasarkan observasi hasil belajar siswa pada Tabel 1.1 di kelas XI IPS 1 rata-rata hasil belajar siswa adalah 69. Angka 69 menunjukkan bahwa siswa kelas XI IPS 1 memiliki nilai dibawah KKM, KKM pelajaran TIK di SMA Negeri 2 Sungai Kakap adalah 75. Kurangnya hasil belajar siswa disebabkan beberapa faktor, seperti cara mengajar guru, fasilitas yang kurang mendukung, cara penyampaian materi yang kurang bervariasi dan minta belajar siswa.
Fasilitas yang ada dilaboratorium seperti komputer masih sedikit tidak sebanding dengan jumlah siswa, komputer yang bisa digunakan hanya 10 unit sehingga penyampaian materi siswa banyak dilakukan dengan ceramah, mencatat, dan evaluasi, sehingga guru cendurung mendominasikan pembelajaran, dan siswa hanya menjadi penerima saja, siswa kurang merespon terhadap materi yang disampaikan oleh guru dan siswa. Pembelajaran seperti ini cenderung menyebabkan kebosanandan siswa sibuk sendiri dalam mengikuti proses pembelajaran sehingga pembelajaran tidak efektif.
Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti berkesimpulan bahwa yang mengakibatkan nilai siswa kurang dari KKM selain dari sarana pembelajaran yang belum memadai juga metode pembelajaran yang dipergunakan guru belum sesuai dengan materi yang disampaikan. Sehingga guru perlu untuk menciptakan suasana belajar yang aktif dan efektif untuk siswa, oleh karena itu pembelajaran yang dikembangkan idealnya adalah yang meningkatkan dan menumbuhkan aktivitas dan kreativitas. Selain itu guru juga harus menciptakan inovasi untuk mendukung tugas-tugasnya dalam proses pembelajaran agar lebih efektif dan dipahami oleh siswa.
Berdasarkan masalah yang tealah diuraikan, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “Penerapan Metode Demontrasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran TIK” dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas.  Dipilihnya pembelajaran metode Demonstarasi diharapkan mampu  meningkatkan hasil belajar siswa serta siswa dapat memahami dan menerima pembelajaran yang disampaikan oleh guru.
B.            Rumusan Masalah
Secara umum rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu, bagaimana penerapan metode demonstrasi untuk meningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIKdi kelas XI SMA Negeri 2 Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya.
Berdasarkan masalah umum yang dipaparkan dapat dirumuskan sub masalah sebagai berikut :
1.             Bagaimanakah penerapan metode demonstrasi pada mata pelajaran TIK di kelas XI SMA Negeri 2 Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya?
2.             Bagaimanakah hasil belajar siswa menggunakan metode demonstrasi pada mata pelajaran TIKdikelas XI SMA Negeri 2 Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya?
3.             Apakah terdapat peningkatan hasil belajar menggunakan metode demonstrasi pada mata pelajaran TIK dikelas XI SMA Negeri 2 Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya?


C.           Tujuan Penelitian
Secara umum penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui metode demonstrasi pada mata pelajaran TIK dikelas XI SMA Negeri 2 Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya.
Secara khusus tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi tentang :
1.             Penerapan metode demonstrasi pada mata pelajaran TIK dikelas XI SMA Negeri 2 Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya.
2.             Hasil belajar siswa menggunakan metode demonstrasi pada mata pelajaran TIK dikelas XI SMA Negeri 2 Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya.
3.             Peningkatan hasil belajar menggunakan metode demonstrasi pada mata pelajaran TIK dikelas XI SMA Negeri 2 Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya.
D.           Manfaat Penelitian
Penulis berharap penelitian ini dapat memberikan manfaat untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan informasi bagi para pembaca. Adapun manfaat penulisan ini terbagi menjadi dua, yaitu:
1.    Manfaat Teoritis
Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bacaan, informasi, dan referensi bagi guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Selain itu, bagi mahasiswa program studi pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer, penelitian ini dapat dimanfaatkan untuk kegiatan penelitian lanjutan tentang pembelajaran TIK menggunakan metode pembelajaran  demonstrasi.
2.    Manfaat praktis, bagi:
a.    Peneliti
Hasil penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan penulis untuk mengaplikasikan teori-teori yang telah didapatkan selama perkuliahan. Memiliki kemampuan berfikir secara ilmiah, objektif, dan kritis dalam mengatasi permasalahan pendidikan yang ada di lapangan.
b.    Guru
Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukkan bagi guru untuk meningkatkan profesionalitasnya sehingga dapat mengatasi berbagai permasalahan dalam proses belajar mengajar dan dapat menghasilkan lulusan yang berkualitas yang sesuai dengan tuntutan zaman dan penelitian ini juga dapat sebagai acuan guru dalam membuat karya ilmiah demi tercapainya tuntutan dari pemerintah untuk kenaikan jabatan.
c.    Siswa
Bagi siswa SMA Negeri 2 Sungai Kakap, hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi ransangan dalam belajar sehingga pengetahuan dan pemahaman semakin meningkat.


d.   Sekolah
Diharapkan hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan masukan untuk meningkatkan mutu hasil belajar siswa khususnya mata pelajaran TIK.
E.            Ruang Lingkup Penelitian
Ruang lingkup penelitian ini bertujuan untuk memperjelas batas-batas masalah yang hendak diteliti, yang meliputi dua hal pokok yaitu variabel tindakan dan definisi operasional.
1.    Variabel Penelitian
Variabel penelitian adalah “suatu atribut, nilai-nilai, sifat dari objek-objek, individu dan atau kegiatan yang mempunyai banyak variasi antara satu dengan lainnya yang telah ditentukan oleh peneliti untuk dipelajari dan dicari informasinya serta ditarik kesimpulannya dalam suatu penelitian” (Hamid Darmadi, 2014:14). Sementara itu Suharsimi Arikunto (2010:161) juga memberikan pendapatnya tentang variabel. Suharsimi Arikunto mengatakan bahwa: “variabel adalah objek penelitian atau apa yang menjadi titik perhatian suatu penelitian”.
Berdasarkan pendapat para ahli di atas dapat disimpulkan bahwa variabel penelitianan pada dasarnya adalah segala sesuatu yang berbentuk apa saja yang ditetapkan oleh penulis untuk dipelajari sehingga diperoleh informasi tentang hal tersebut, kemudian ditarik kesimpulannya. Variabel dalam penelitian ini terbagi menjadi dua, yaitu sebagai berikut:


a.    Variabel Masalah
Variabel masalah adalah sejumlah gejala atau faktor, unsur variabel yang bisa diselesaikan dengan variabel masalah tindakan. Hadari Nawawi (2004: 57) mengemukakan variabel masalah adalah “sejumlah masalah atau faktor-faktor atau unsur yang ada dan atau muncul di pengaruhi atau ditentukan oleh adanya variabel tindakan”.
Variabel masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK di kelas XI SMA Negeri 2 Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya.
b.    Variabel Tindakan
Variabel tindakan yang mempengaruhi variabel yang lain. Hadari Nawawi (2010: 56) mengatakan variabel tindakan adalah “sejumlah gejala atau faktor atau unsur yang menentukan atau mempengaruhi ada atau munculnya gejala atau unsur lain, yang pada gilirannya  gejala atau faktor unsur yang kedua tersebut disebut dengan variabel tindakan”. Hamid Darmadi (2011: 21) menyatakan bahwa variabel tindakan variabel yang menjadi sebab munculnya variabel masalah. Variabel tindakan dalam penelitian ini adalah metode demonstrasi.
Variabel tindakan yang digunakan dalam penulisan ini adalah penerapan metode demonstrasi.


2.    Definisi Operasional
Suryabrata (2008:45) mengatakan bahwa: “definisi operasional adalah definisi yang didasarkan atas sifat-sifat hal yang didefinisikan yang dapat diamati”. Agar tidak terjadi kekeliruan dalam menafsirkan istilah yang digunakan dalam penulisan ini, maka perlu ada penjelasan sebagai berikut:
a.    Metode demonstrasi
Metode demonstrasi. Roestiyah dalam buku ( Miftahul Huda, 2015: 231) Demontrasi/peragaan merupakan salah satu strategi mengajar dimana guru memperlihatkan suatu benda asli, benda tiruan, atau suatu proses dari materi yang diajarkan kepada seluruh siswa.
b.    Hasil Belajar
Hasil belajar yang dimaksud dalam penulisan ini adalah pencapaian nilai siswa pada ranah kognitif sesuai dengan kriteria ketuntasan minimum (KKM) yaitu 75 di SMA Negeri 2 Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya.
F.            Hipotesis Tindakan
Pengertian hipotesis, berasal dari dua kata; hypo dan thesis. Yaitu istilah hypo (hipo) berarti ‘kurang dari’ dan thesis (tesa) yang berarti ‘pendapat’. Jadi hipotesis (hypothesis) adalah suatu pendapat atau kesimpulan yang sifatnya masih sementara Soertono dalam ( Rosady Ruslan 2006: 169).
Menurut Sugiyono (2014: 96) “Hipotesis merupakan jawaban sementara terhadap rumusan masalah penelitian, dimana rumusan masalah penelitian telah dinyatakan dalam bentuk kalimat pertanyaan. Dikatakan sementara, karena jawaban yang diberikan baru didasarkan pada teori yang relevan, belum didasarkan pada fakta-fakta empiris yang diperoleh dari pengumpulan data”. Mulyasa (2012: 63) mengemukakan bahwa “Hipotesis tindakan merupakan jawaban sementara terhadap masalah yang dihadapi, sebagai alternatif tindakan yang dipandang paling tepat untuk memecahkan masalah yang telah dipilih untuk diteliti melalui PTK”. Jadi hipotesis juga dapat dinyatakan sebagai jawaban teoritis terhadap rumusan masalah penelitian, belum jawaban yang empirik dengan data.
Diharapkan melalui metode demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK di kelas XI SMA Negeri 2 Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya.
G.           Metode dan Bentuk Penelitian
1.    Metode
Suharsimi Arikunto (2014:2) mengatakan bahwa: “penelitian menunjuk pada suatu kegiatan mencermati suatu objek dengan menggunakan cara dan aturan metodologi tertentu untuk memperoleh data atau informasi yang bermanfaat dalam meningkatkan mutu suatu hal yang menarik minat dan penting bagi penelti”.
Suatu penulisan akan mencapai hasil sesuai dengan apa yang telah diterapkan, apabila dalam pelaksanaan penelitian mempergunakan metode yang tepat. Penggunaan dan pemindahan metode harus tepat dan akurat sesuai dengan masalah yang telah ditetapkan. Sejalan dengan itu Hadari Nawawi (2012:65) mengemukakan bahwa: “metode pada dasarnya berarti cara yang dipergunakan untuk mencapai tujuan”. Oleh karena tujuan umum penulisan adalah untuk memecahkan masalah,  maka langkah-langkah yang akan ditempuh harus relevan dengan masalah yang telah dirumuskan. Sejalan dengan itu perlu ditekankan kembali betapa pentingnya perumusan masalah yang jelas dan terbatas dalam arti tidak terlalu luas dan tidak terlalu sempit. Di samping itu untuk mempermudah dalam memilih metode yang akan dipergunakan, dalam perumusan masalah hendaklah jelas aspek-aspek yang akan diungkapkan.
Hadari Nawawi (2012: 65) memberikan alasan  mengenai metode yang tepat dalam peneitian, yaitu sebagai berikut:
a.    Menghindari cara pemecahan masalah dan cara berfikir yang spekulatif dalam mencari kebenaran ilmu, terutama  dalam bidang ilmu  sosial  yang  variabelnya  sangat  dipengaruhi  oleh  sikap objektivitas manusia yang mengungkapkanya.
b.    Menghindari pemecahan masalah atau sifat yang bersifat trial and error sebagai cara yang tidak menguntungkan bagi perkembangan ilmu yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan modern.
c.    Meningkatkan sifat objektivitas dalam menggali kebenaran pengetahuan, yang tidak saja penting artinya secara teoretis tetapi juga sangat besar pengaruhnya terhadap kegunaan praktis hasil penulisan di dalam kehidupan manusia.

Dari beberapa pendapat yang telah dikemukakan diatas dapat disimpulkan bahwa metode adalah cara sistematis yang berfungsi  sebagai alat untuk mencapai tujuan tertentu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas atau yang dikenal dengan istilah classroom action research dengan model   Kemmis dan Mc Taggart. Suharsimi Arikunto (2014:3) mengatakan bahwa: “penelitian tindakan kelas merupakan suatu pencermatan terhadap kegiatan belajar berupa sebuah tindakan yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersama”. Dari definisi tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa penelitian tindakan kelas merupakan penelitian yang dilakukan untuk meningkatkan   kualitas pembelajaran.
Tujuan penelitian tindakan kelas menurut Mulyasa (2012: 89) dapat dirumuskan sebagai berikut:
a.              Memperbaiki dan meningkatkan kondisi-kondisi belajar serta kualitas pembelajaran.
b.             Meningkatakan layanan professional dalam konteks pembelajaran, khususnya layanan kepada peserta didik sehingga tercipta layanan prima.
c.              Memberikan kesempatan kepada guru berimprovisasi dalam melakukan tindakan pembelajaran yang direncanakan secara tepat waktu dan sasarannya.
d.             Memberikan kesempatan kepada guru mengadakan pengkajian secara bertahap terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan sehingga tercipta perbaikan yang berkesinambungan.
e.              Membiasakan guru mengembangkan sikap ilmiah, terbuka, dan jujur dalam pembelajaran.

Penulisan Tindakan Kelas ini menggunakan model Kemmis dan McTaggart yang disetiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Tahap-tahap tersebut adalah sebagai berikut:


a.    Perencanaan (Planning)
Tahap perencanaan merupakan tahapan pertama yang    dilakukan. Perencanaan merupakan tindakan yang matang perlu dilakukan setelah kita mengetahui masalah dalam pembelajaran (Kusumah dan Dwitagama, 2010: 25). Pada tahap ini peneliti dan  guru TIK akan menyusun rancangan penelitian untuk penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk memecahkan masalah yang dihadapi dengan “Penerapan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran TIK di    Kelas XI SMA Negeri 2 Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya”.
Dalam penelitian ini, secara umum perencanaan merupakan kolaborasi anatara peneliti dan guru TIK. Adapun kegiatan perencanaan yang dilakukan adalah sebagai berikut:
1)            Peneliti bersama guru kolaborator berdasarkan masalah yang akan ditindak lanjuti mengadakan perencanaan dan analisis kurikulum untuk menentukan standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator yang akan disampaikan pada pelaksanaan tindakan kelas dengan penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tindakan ini diakhiri dengan penyusunan tindakan, menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.
2)            Menentukan model dan teknik pembelajaran
3)            Merancang bahan ajar atau lembar kerja dan alat evaluasi
4)            Membuat tes soal dan lembar observasi untuk aktivitas guru dan siswa
b.    Pelaksanaan Tindakan (Acting)
1)            Guru memulai demonstrasi dengan menarik perhatian peserta didik
2)            Guru mengingat pokok-pokok materi yang akan didemonstrasikan agar demonstrasi mencapai sasaran
3)            Guru memperhatikan keadaan peserta didik, apakah semuanya mengikuti demonstrasi dengan baik
4)            Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk aktif memikirkan lebih lanjut tentang apa yang dilihat dan didengarnya dalam bentuk mengajukan pertanyaan
5)            Menghindari ketegangan, oleh karena itu guru hendaknya selalu menciptakan suasana yang harmonis 
c.    Pengamatan (Observing)
Pengamatan adalah kegiatan untuk mencatat semua peristiwa atau hal yang terjadi di kelas penelitian (Kusumah dan Dwitagama, 2010: 40). Tahap ini dilakukan bersama dengan pelaksanaan tindakan, guru melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi serta peneliti melakukan pengamatan dengan mencatat semua hal yang terjadi yang dianggap diperlukan. Adapun pengamatan yang dilakukan adalah hal-hal sebagai berikut:
1)        Melakukan pengamatan pada proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan siswa
2)        Mengamati perilaku dan tingkah laku siswa pada saat proses pembelajaran langsung
3)        Poin-poin yang diamati pada proses pembelajaran adalah:
a)    Keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran
b)   Kemampuan siswa dalam mengikuti pembelajaran
d.   Refleksi (Reflecting)
Refleksi adalah perbuatan merenung atau memikirkan sesuatu atau upaya evaluasi yang dilakukan oleh para kolaborator atau partisipan yang terikat dengan suatu PTK yang dilaksanakan, (Kusumah  dan Dwitagama, 2010: 40). Tahap refleksi ini dimaksudkan untuk mengkaji secara menyeluruh tindakan yang dilakukan evaluasi guna menyempurnakan tindakan berikutnya.   Hasil dari tindakan dianalisis dan direfleksikan antara peneliti dan guru untuk menentukan langkah-langkah perbaikan apa yang akan ditempuh, sehingga didapatkan solusi untuk semua permasalahan melalui metode demonstrasi.
Berdasarkan analisis dari refleksi ini akan dapat diketahui    proses pembelajaran dan tingkat tercapainya hasil belajar siswa     yang diinginkan berdasarkan kriteria ketuntasan minimal (KKM)      75 dan kriteria ketuntasan klasikal 85. Bila pada siklus I ini hasil belajar siswa sebelum mencapai target yang ditentukan maka perlu ditindak lanjuti pada siklus II. Siklus kedua dilaksanakan dengan memperbaiki kekurangan maupun kelemahan yang terjadi pada siklus pertama











 








Gambar 1.1
Siklus Penulisan Tindakan Kelas (Suharsimi Arikunto, 2014:16)
2.    Bentuk Penelitian
Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian tindakan ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif. Burns (Jamal, 2011:102) “mengatakan bahwa kolaborasi atau kerja sama perlu dan penting dilakukan dalam PTK karena PTK yang dilakukan secara perorangan bertentangan dengan hakikat PTK itu sendiri”. Sejalan dengan itu, Wallace (jamal 2011:103) juga mengatakan bahwa:
“kolaborasi atau kerja sama dalam melakukan penelitian tindakan dapat dilakukan bersama-sama dengan mahasiswa, sejawat dalam jurusan/sekolah/lembaga yang sama, sejawat dari lembaga/sekolah yang lain, sejawat dengan wilayah keahlian yang berbeda (misalnya antara guru dan pendidik guru, antara guru dan penulis, antara guru dan manajer), sejawat dalam disiplin ilmu yang berbeda (misalnya antara guru bahasa asing dan guru bahasa ibu), dan sejawat di negara lain”.
Dalam penelitian ini penulis akan berkolaborasi dengan seorang guru TIK, dimana guru tersebut yang akan melaksanakan praktik pembelajaran dan penulis sebagai pengamat.
H.           Setting Penelitian
1.    Deskripsi Lokasi Penelitian
Penelitian dilakukan di SMA Negeri 2 Sungai Kakap berlokasi di Jalan Daeng Hasyim Desa Jeruju Besar Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya di kelas XI IPS 1 dengan guru mata pelajaran  TIK yang merupakan kolaborator penelitian tindakan kelas adalah   Bapak Muhammad Asmuji. Kelas ini memiliki 37 siswa yang terdiri   dari 18 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan.
2.    Jadwal dan Subjek Penelitian
a.         Jadwal Penelitian
Jadwal dan waktu yang diperlukan dalam penelitian ini dengan sulit ditentukan, akan tetapi sebagai bahan  acuan penelitian dapat penulis kemukakan bahwa dalam penulisan desain ini dimulai sejak bulan Juni sampai September 2016. Berikut ini adalah tabel dari jadwal dan waktu penelitian.


Tabel 1.2
Jadwal penelitian

No

Kegiatan
Tahun 2016
Bulan
Mar
Apr
Mei
Jun
Jul
Agt
Sep
Okt
Nov
1
Konsul Outline









2
ACC Outline









3
Konsul Desain









4
Acc Desain









5
Seminar









7
Perbaikan Seminar









8
Penelitian









9
Sidang









b.        Subjek Penelitian
Subjek penelitian adalah individu, benda atau organisme yang dijadikan informasi yang dibutuhkan dalam pengumpulan data penelitian. Subjek dalam penelitian ini adalah guru. Guru dalam hal ini bertindak sebagai kolaborator yang mengajarkan pembelajaran TIK di SMA Negeri 2 Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya. Siswa yang menjadi subjek penelitian adalah siswa di kelas XI IPS 1 SMA Negeri 2 Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya, dengan jumlah siswa 37 orang, terdiri dari 19 siswa perempuan dan 18 siswa laki-laki. Dengan bermacam-macam karakteristik siswa, ada sejumlah faktor yang mempengaruhi karakteristik siswa diantaranya faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal adalah faktor yang mempengaruhi karakteristik siswa itu sendiri, sedangkan faktor eksternal adalah factor yang berasal dari luar individu siswa. Sehingga bermacam-macam kenakalan yang dilakukan siswa, ada siswa yang pendiam, nakal, suka berbicara, dan tidur.
c.         Data dan Sumber
Data dan sumber dalam penelitian ini berasal dari sumber data primer dan sekunder,antara lain :
1)        Sumber data Primer
a)    Lembar observasi siswa dan guru
b)   Hasil siklus I dan  siklus II
2)        Sumber data skunder
a)      Silabus, RPP, soal-soal, siklus I dan II
b)        Foto-foto kegiatan
I.              Teknik dan Alat Pengumpulan Data
1.    Teknik Pengumpulan Data
Sesuai dengan bentuk penelitian tindakan kelas dan sumber data dalam penelitian ini adalah : 1). Teknik observasi, 2). Teknik pengukuran, 3). Teknik studi dokumenter
a.    Teknik Observasi
Menurut Kusumah dan Dwitagama (2010: 66) mengemukakan bahwa “pengamat atau observasi adalah proses pengambil data   dalam penelitian dimana peneliti atau pengamat melihat situasi penelitian. Observasi sangat sesuai digunakan dalam penelitian     yang berhubungan dengan kondisi interaksi belajar-mengajar,   tingkah laku, dan interaksi kelompok. Tipe-tipe pengamat yaitu, pengamat berstruktur (dengan pedoman), pengamatan tidak berstruktur.
b.    Teknik Pengukuran
Menurut Soerhatono (2002:75) bahwa “pengukuran        merupakan hal yang utama dan apabila tidak ada teknik      pengukuran tertentu, maka objek penelitian tersebut tidak dapat dibandingkan atau dikelompokan”. Sedangkan menurut Arifin (2011:4) “pengukuran adalah suatu proses atau kegiatan untuk menetukan kuantitas sesuatu. Kata sesuatu bisa berarti siswa, guru  dan sebagainya.
Teknik pengukuran dilakukan untuk mengetahui data    ketuntasan dan peningkatan hasil belajar siswa pada materi E-mail setelah dilakukan pembelajaran Demonstrasi. Kegiatan pengukuran yang dimaksud adalah dengan memberikan tes berupa soal-soal kepada siswa. Dalam penelitian ini siswa diberikan tes untuk mengukur hasil belajar siswa setelah mempelajari materi E-mail setelah dilakukan pembelajaran Demonstrasi.


c.    Teknik Studi Dokumentasi
Menurut Sugiyono (2014: 329) mengemukakan bahwa  “Dokumen merupakan catatan peristiwa yang sudah berlalu.  Dokumen bisa berbentuk tulisan, gambar, atau karya-karya monumental dari seseorang. Dokumen yang berbentuk tulisan misalnya catatan harian, sejarah kehidupan (life histories), cerita, biografi, peraturan, kebijakan. Dokumen yang berbentuk gambar, misalnya foto, gambar hidup, sketsa dan lain-lain. Dokumen yang patung, film, dan lain-lain. Studi dokumen merupakan pelengkap   dari penggunaan metode observasi dan wawancara dalam      penelitian kualitatif”.
2.    Alat Pengumpulan Data
Berdasarkan teknik-teknik pengumpulan data yang digunakan, maka alat pengumpulan data yang sesuai dengan  teknik-teknik tersebut  adalah:
a.    Lembar Observasi
Lembar observasi dipergunakan untuk melihat atau mengamati penggunaan metode demonstrasi di dalam kelas. Penulis menggunakan lembar observasi sebagai alat pengumpulan data. Alat yang digunakan untuk teknik lembar observasi atau daftar chek list.
Hadari Nawawi (2012: 108) “pencatatan data dilakukan dengan menggunakan sebuah daftar yang menurut nama-nama objek di    sertai jenis-jenis gejala yang diamati”. Daftar itu harus disediakan sebelum observasi dilakukan. Dengan demikian tugas observasi adalah memberi tanda chek list apabila pada saat melakukan  pengamat ternyata gejala di dalam daftar itu muncul. Lembar observasi ini terbagi dua yaitu lembar observasi untuk guru dan  siswa.
b.    Dokumentasi
Dokumentasi ini digunakan untuk memperoleh data dari seluruh dokumen yang ada. Sugiyono (2014: 329) juga menyatakan bahwa dokumentasi merupakan catatan peristiwa yang sudah berlalu. Dokumentasi bisa berbentuk tulisan, gambar, atau karya-karya misalnya catatan harian, sejarah kehidupan (life histories), cerita biografi, peraturan, kebijakan. Data dokumentasi dalam penelitian    ini adalah RPP, silabus, soal-soal, hasil pra tindakan, hasil tindakan siklus I dan siklus II, foto-foto kegiatan pembelajaran, dan data    profil sekolah.
c.    Tes Hasil Belajar
Berkaitan dengan teknik pengumpulan data yang digunakan,    maka alat pengumpulan data yang akan digunakan dalam penulisan  ini adalah tes pilihan ganda.
J.             Teknik Analisis Data
Analisis data merupakan suatu proses mengolah dan menginterpretasikan data dengan tujuan memperoleh berbagai informasi sesuai dengan tujuan penelelitian. Analisis data diarahkan untuk mencari dan menemukan upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa. Penulisan ini menggunakan dua pendekatan dalam teknik analisisnya, yaitu pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Data yang dikumpulkan dalam penulisan tindakan merupakan data yang diperoleh dari suatu kelas dan tidak untuk dideskripsikan. Teknik analisis data yang di gunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif.
1.    Data Kualitatif
Data kualitatif adalah data yang berupa pernyataan-pernyataan. Data kualitatif diperoleh melalui berbagai macam teknik pengumpulan data seperti observasi, pengukuran, tes, dan dokumentasi. Data kualitatif   yang telah dikumpulkan akan dianalisis dengan teknik analisis interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman (Sugiyono, 2014:337) mengatakan bahwa “aktivitas dalam analisis data kualitatif dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus-menerus sampai tuntas, sehingga datanya sudah jenuh. Aktivitas dalam analisis data, yaitu data collection, data reduction, data display, dan conclusion drawing/verivication”. Teknik analisis ini terdiri dari empat komponen kegiatan yang saling terkait satu sama lain, yaitu koleksi dara, reduksi data yang telah terkumpul, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Langkah-langkah analisis berikut:

a.    Data Collection (koleksi data)
Koleksi data yaitu dengan mengumpulkan data dari hasi observasi, dokumentasi, tes hasil belajar, data jumlah dan nilai siswa yang diperoleh dari guru dan siswa.
b.    Data Reduction (reduksi data)
Data yang diperoleh dari lapangan jumlahnya cukup banyak, untuk itu perlu dicatat secara teliti dan rinci. Seperti telah dikemukakan, semakin lama penulis ke lapangan, maka jumlah data akan semakin banyak, kompleks, dan rumit. Untuk itu perlu segera dilakukan analisis data melalui reduksi data. Mereduksi data berarti merangkum, memilih hal-hal yang pokok, memfokuskan pada hal-hal yang penting, dicari tema dan polanya. Dengan demikian data yang telah direduksi akan memberikan gambaran yang lebih jelas, dan mempermudah penulis untuk melakukan pengumpulan data selanjutnya, dan mencarinya bila diperlukan.
c.    Data Display (penyajian data)
Penyajian data akan memudahkan penulis untuk memahami apa yang terjadi, serta merencanakan langkah selanjutnya berdasarkan apa yang telah difahami tersebut. Cara yang paling sering digunakan untuk menyajikan data dalam penulisan adalah dengan teks yang bersifat naratif.
d.   Conclusion Drawing/Verification (penarikan kesimpulan/verifikasi)
Penarikan kesimpulan dilakukan untuk mencari jawaban akhir dari data yang disajikan, sehingga diperoleh kesimpulan-kesimpulan mengenai dampak dari perlakuan yang diberikan.
2.    Data Kuantitatif
Data yang bersifat kuantitatif berupa hasil tes formatif daripada siklus I dansiklus II. Data ini akan dianalisis dan disajikan secara deskriptif kuantitatif dalam bentuk tabel, sehingga dapat dilihat perbedaan dan perubahan rata-rata hasil tes formatif.
Rumusan yang digunakan untuk mengolah data kuantitatif adalah analisis tes hasil belajar menurut Sugiyono  (2005:43)
Me =
Dimana:                Me = Mean (rata-rata)
∑ = Epsilon (baca jumlah)
Xi = Nilai X ke I sampai ke n
N  = Jumlah individu
Sistematika penyajian data akan disajikan bersiklus dan dibahas dengan menyajikan semua hasil pada siklus I dan siklus II. Dengan demikian maka akan dapat dilihat perkembangan hasil belajar dari setiap siklus.
K.           Indikator Keberhasilan Tindakan
Sarwiji Suwandi (2012: 66) mengatakan bahwa indikator sebagai tolok ukur keberhasilan penelitian yang dilakukan. Indikator kinerja merupakan rumusan kinerja yang akan dijadikan acuan dalam menentukan keberhasilan peneliti. Untuk mengukur pengukuran keberhasilan data pelaksanaan tindakan perlu dilakukan, maka ditepatkan indikator kinerjanya menggunakan rumus tingkat ketuntasan klasikal antara lain sebagai berikut:
KB =  x 100%
Di mana: KB = Ketuntasan Belajar
T   = Jumlah skor yang diperoleh siswa
Tt  = jumlah skor total
(Debdiksbod dalam Trianto, 2012 :241)
Indikator pengukuran keberhasilan secara relatif ditentukan berdasarkan keadaan, karakteristik daerah sekolah dan juga kemampuan siswa.Sementara SMA Negeri 2 Sungai Kakap menetapkan ketuntasan belajar secara klasikal yaitu 85 % dari jumlah seluruh siswa. Siswa dinyatakan tuntas belajar jika telah mencapai tingkat pemahaman 85 %, jika siswa hanya mencapai tingkat pemahaman ≤85 % siswa dapat dikatakan tidak tuntas yang ditunjukan dengan perolehan nilai tes formatif.
Kriteria yang digunakan untuk mengukur keberhasilan pembelajaran, jika ada peningkatan hasil belajar siswa secara klasial dan individual, serta minimal 85 % dari siswa tuntas dalam belajar, maka dapat dikatakan hasil belajar siswa meningkat. Kriteria peningkatan hasil belajar siswa diukur dengan pedoman penilaian sebagai berikut :
a.       Nilai 50-65 kategori D = kurang
b.      Nilai 66-74 kategori C = cukup
c.       Nilai 75-79 kategori B = baik
d.      Nilai  ≥ 80 kategori A = sangat baik

BAGIAN II
METODE DEMONTRASI DAN MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TIK MATERIE-MAIL

A.                Hakikat Belajar dan Pembelajaran
Menurut Bambang Warsita (2008: 62) mengemukakan “belajar (learning) adalah suatu proses kompleks yang terjadi pada semua orang dan berlangsung seumur hidup, sejak ia masih bayi sampai ke liang lahat nanti (Sadiman, dkk., 1986: 2). Belajar dapat terjadi di rumah, di sekolah, di tempat kerja, di tempat ibadah, dan ia masyarakat, serta berlangsung dengan cara apa saja, dari apa, dan siapa saja. Bahkan kemampuan orang untuk belajar ini merupakan salah satu ciri penting yang membedakan manusia dengan mahluk yang lain.
Miarso (Bambang Warsita, 2008: 63) Belajar merupakan suatu proses pribadi yang tidak harus dan atau merupakan akibat kegiatan mengajar. Guru melakukan kegiatan mengajar tidak selalu diikuti terjadinya kegiatan belajar pada peserta didik. Sebaliknya, peserta didik dapat melakukan kegiatan belajar tanpa harus ada guru yang mengajar.Namun, dalam kegiatan belajar peserta didik ini ada kegiatan membelajarkan, yaitu misalnya yang dilakukan oleh penulis buku bahan belajar, atau pengembangan paket belajar dan sebagainya.
Dimyati & Mudjiono (Bambang Warsita, 2008: 63) Dalam kegiatan pembelajaran ini tentu saja tidak dapat dilakukan sembarangan, tetapi harus menggunakan teori-teori dan prinsip-prinsip belajar tertentu agar bisa bertindak secara tepat.Artinya teori-teori dan prinsip-prinsip belajar ini diharapkan dapat membimbing dan mengarahkan dalam merancangdan melaksanakan kegiatan pembelajaran.Walaupun teori belajar tidak dapat diharapkan menentukan langkah demi langkah dalam kegiatan pembelajaran, namun minimal dapat memberi arah proritas dalam kegiatan pembelajaran.
B.                 Pembelajaran Model Demonstrasi
1.        Makna Metode Pembelajaran
Menurut Anas Salahudin (2015: 137) Metode pembelajaran adalah cara yang digunakan guru untuk menyampaikan pelajaran kepada peserta didik karena penyampaian tersebut berlangsung dalam interaksi edukatif. Metode pembelajaran dapat diartikan sebagai cara yang digunakan guru dalam mengadakan hubungan dengan siswa pada saat berlangsungnya pengajaran. Dengan demikian, metode pembelajaran merupakan alat untuk menciptakan proses belajar mengajar.
Metode pembelajaran yang ditetapkan guru membuat siswa belajar proses (learning by process), bukan hanya belajar produk (learning by product).Belajar produk pada umunya hanya menekankan dari segi kognitif. Adapun belajar proses dapat memungkinkan tercapainya tujuan belajar dari segi kognitif, afektif (sikap), dan psikomotor (keterampilan). Oleh karena itu, pembelajaran diarahkan untuk mencapai sasaran atau lebih menekankan pembelajaran melalui proses.
2.      Pengertian Pembelajaran Demonstrasi
Demonstrasi adalah metode mengajar yang menggunakan peragaan untuk memperjelas suatu pengertian atau untuk memperlihatkan pada seluruh kelas tentang suatu proses atau suatu petunjuk unutk melakukan sesuatu. Sagala (2011:210 “metode demonstrasi merupakan metode yang sederhana dibandingkan metode-metode lainya”. Metode demonstrasi juga merupakan metode yang efektif, sebab membantu siswa untuk mencari jawaban dengan usha sendiri dengan bereksperimen berdasarkan dengan apa yang telah dilihat.
Bahri Zain (2006: 91) menyatakan bahwa “ metode demonstrasi memiliki kelebihan dalam proses pembelajaran yaitu, dapat membuat pengajaran menjadi lebih jalan dan lebih kongkrit, sehinnga menghindari verbalisme (pemahaman secara kata-kata atau kalimat), siswa lebih mudah memahami apa yang dipelajari proses pembelajaran lebih menarik, siswa dirancang untuk aktif mengamati, menyesuaikan antara teori dan kenyataan, dan coba untuk melakukannya sendiri”. Dalam demonstrasi diharapkan setiap langkah pembelajaran dari hal-hal yang didemonstrasikan itu dapat dilihat dengan mudah oleh murid dan melalui prosedur yang benar dapat pula di mengerti materi yang disajikan.
Dapat disimpulkan bahwa pemilihan suatu metode dapat dilihat dari kemampuan murid, waktu, dan kepribadian guru, dan metode demonstrasi itu sendiri melibatkan guru menunjukan siswa sebagaimana proses pengjaran sementara mereka mengati, dan mempraktikan atau bereksperimen.
3.      Persiapan Metode Demonstrasi Dalam Pembelajaran TIK
Pada dasarnya sebelum melalui proses belajar mengajar seorang guru perlu menyiapkan diri baik secara fisik maupun mental dan saran belajar mengajar yang diperlukan. Amir dan Ahmadi (2010: 185) menyatakan bahwa “persiapan mengajar merupakan upaya memperkirakan tindakan yang akan dilakukan dalam kegiatan pemebelajaran, terutama berkaitan dengan pembentukan kompensi”. Pendapat diatas memperkuat Winkel dalam Sutikno (2013: 31) menyatakan bahwa “ pembelajaran sebagi perangkat tindakan yang dirancang untuk mendukung proses belajara mengajar peserta didik, dengan memperhitungkan kejadian-kejadian eksternal yang berperan terhadap rangkaian kejadian-kejadian internal yang berlangsung didalam diri peserta didik”.
Berdasarkan pendapat diatas dapat ditrik kesimpulan bahwa dalam metode demonstrasi guru mempunyai peran yang sangat penting dalam proses belajar mengajar terutama kesiapan mengajar dalam memimpin siswa dalam metode demonstrasi, sehingga menncapai hasil akademis yang baik dimana dibutuhkan kerja keras. Sebelum melaksanakan metode demonstrasi dalam pembelajaran Tik ada beberapa hal yang harus dipersiapklan guru. Adapun yang harus dipersiapkan guru adalah sebagai berikut:
a.       Menetapkan tujuan demonstrasi
Penetapan metode demonstrasi harus dilakukan agara tidak terjadi pemborosan waktu, materi dan tenaga. Selain itu, dapat digunakan untuk mengetahui kecakapan apa yang diharapkan akan dimiliki murid setelah demonstrasi dilaksanakan. Dapat ditarik kesimpulan bahwa tujuan adalah suatu yang dapat dilakukan oleh siswa berupa perubahan tingkah laku dan peningkatan hasil belajar yang di harapkan setelah suatu proses pengajaran.
b.      Mempersiapkan Alat-alat Praga
Mempersiapkan agar pengajaran tidak mengganggu ketertiban dan sistematika penyajian pada saat demonstrasi. Usman (2010: 31) mengatakan bahwa : “alat peraga pengajaran adalah alat yang digunakan guru ketika mengajar untuk membantu menjelaskan materi pelajaran yang disampaikan kepada siswa dan mencegah terjadinya verbalisme pada diri siswa”.
Dengan mempersiapkan alat-alat peragaan yaitu komputer, media dan alat tulis.Sehingga guru lebih mudah untuk mendemonstrasikan sesuai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.
4.      Pelaksanaan Metode Demonstrasi dalam Pembelajaran TIK
Pelaksanaan metode  demonstrasi adalah suatu bentuk kegiatan yang dilakukan guru dalam proses demonstrasi sesuai dengan tujuan yang harus dilakukan guru TIK agar proses demonstrasi dapat berjalan efektif dan efesien yaitu:
a.             Mengusahakan demonstrasi dapat diamati oleh siswa
Dalam proses pelaksanaan demonstrasi hendaknya seluruh siswa dapat mengamati dengan jelas setiap langkah-langkah proses demonstrasi yang dilakukan guru, hal ini dimaksudkan agar siswa satu dengan siswa yang lainnya memiliki pengetahuan yang secara umum sama mengenai langkah-langkah proses demonstrasi atau cara kerja suatu alat peragaan seperti media yang di demonstrasikan guru, sehingga guru tidak perlu mengulang kembali langkah-langkah proses demonstrasitersebut.
b.            Menumbuhkan sikap kritis kepada siswa
Dalam suatau proses demonstrasi harus menimbulkan suatu hal yang menjadikan pertanyaan agar terjadi proses tanya jawab dan diskusi tentang masalah yang didemonstrasikan. Hal ini sangat penting dilakukan guru untuk menciptakan suasana atau iklim pembelajaran yang efektif supaya siswa terlibat secara aktif di dalam proses pembelajaran.
c.             Memberi kesempatan kepada siswa untuk mencoba demonstrasi
Demonstrasi dilaksanakan untuk membantu siswa dalam memahami suatu materi sehingga dapat menigkatkan hasil belajar siswa. Apabila memberi kesempatan kepada siswa untuk mencoba melakukan demonstrasi, hal ini dilakukan agar siswa lebih memahami materi yang akan di demonstrasikn dan tentunya melatih apa yang mereka amati dengan kemampuan yang dimiliki.
d.        Pelaksanaan metode demonstrasi
Pelaksanaan metode demonstrasi seorang guru harus memperhatikan langkah-langkah yang akan dilaksanakan. Sanjaya (2010:153-154) mengemukakan tahap pelaksanaan metode demonstrasi sebagai berikut:
1)      Langkah pembukaan
Sebelum demonstrasi dilakukan ada beberapa hal yang perlu diperhatiakan, diantaranya :
a)     Aturlah tempat duduk yang memungkinkan seluruh siswa dapat dengan jelas memperhatikan apa yang di demonstrasikan.
b)     Kemukakan tujuan apa yanag harus dicapai oleh siswa.
c)      Kemukakan tugas-tugas apa yang harus dilakukan oleh siswa,
Misalnya siswa ditugaskan untuk mempraktikan sebuah instrument atau mencatat hal-hal yang di anggap penting dari pelaksanaan demonstrasi.
2)      Langkah pelaksanaan demonstrasi
a)    Mulailah kegiatan-kegiatan yang mengacu siswa untuk berfikir, misalnya memulai pertanyaan-pertanyaan yang mengandung teta-teki sehingga mendorong siswa untuk tertarik memerhatikan demonstrasi.
b)      Ciptakan suasana yang menyenangkan dengan menghindari suasan yang menegangkan.
c)     Yakinkan bahwa semua siswa mengikuti jalannya demonstrasi dengan memerhatikan seluruh reaksi siswa.
d)    Berikan kesempatan siswa secara aktif memikirkan lebih lanjut sesuai dengan apa yang mereka lihat dari proses demonstrasi.
3)        Langkah mengakhiri demonstrasi
Apabila demonstrasi selesai dilakukan, proses pembelajaran perlu diakhiri dengan memberikan tugas-tugas tertentu yang ada kaitannya dengan pelaksanaan demontrasi dan proses pencapaian tujuan pembelajaran. Hal ini diperlukan untuk meyakinkan apakah siswa memahami proses demonstrasi atau tidak. Selain memberikan tugas yang relevan, ada baiknya guru dan siswa melakukan evaluasi bersama tentang jalanya proses demonstrasi itu dan diperbaiki selanjutnya.
Berdasarkan pendapat diatas, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa sebelum melaksanakan demonstrasi seorang guruperlu memperhatikan langkah-langkah yang dilakukan seperti mengatur tempat duduk siswa sehingga dapat diperhatikan dengan jelas apa yang didemonstrasikan, mengemukakan tujuan yang ingin dicapai, menyampaikan tugas-tugas yang harus dilakukan oleh siswa.
5.      Evaluasi Metode Demonstrasi dalam Pembelajaran TIK
Dalam pembelajaran merupakan suatu proses untuk menentukan hasil belajar siswa atau manfaat kegiatan pembelajaran melalui kegiatan penilaian dan pengukuran. Dimyati dan Mudjiono (2009: 221) mengatakan “evaluasi pembelajaran merupakan suatu proses untuk menetukan jasa, nilai atau manfaat kegiatan pembelajaran melalui kegiatan penilaian atau pengukuran”. Sehingga dapat ditarik kesimpulan evaluasi adalah mencakup perbuatan dan pertimbangan hasil belajar atau manfaat penomena pengajaran.
Zuldafrial (2011: 85) “evaluasi atau penilaian merupakan salah satu aspek yang terpenting dalam kegiatan interaksi belajar”. Bloom falam Rusman (2012: 125) tujuan pembelajaran dapat diklafikasikan kedalam tiga ranah  (domain), yaitu :
a)             Domain kognitif ; berkenaan dengan kempuan dan kecakapan intelektual berpikir,
b)            Domain afektif ; berkenaan dengan sikap, kemampuan dan penugasan segi-segi emosional, yaitu perasaan, sikap dan nilai
c)             Domain psikomotor ; berkenaan dengan suatu keterampilan-keteampilan atau gerakan-gerakan fisik.
6.        Kelebihan dan kekurangan Demonstrasi
Demonstrasi memiliki kelebihan dan kekurangan yang akan dipaparkan sebagai berikut (Miftahul Huda (2015:233) :
a.             Kelebihan metode demonstrasi
1)      Membuat pengajaran menjadi lebih jelas dan konkret
2)      Memustakan perhatian siswa
3)      Lebih mengarahkan proses belajar siswa pada materi yang sedang dipelajari
4)      Lebih melekatkan pengalaman dan kesan sebagai hasil pembelajaran dalam diri siswa
5)      Membuat siswa lebih mudah memahami apa yang dipelajari
6)      Membuat proses pembelajaran lebih menarik
7)      Merangsang siswa untuk aktif mengamati dan menyesuaikan antara teori dengan kenyataan
8)      Membantu siswa memahami dengan jelas jalannya suatu proses atau kerja suatu benda
9)      Memudahkan berbagi jenis penjelasan
10)  Memperbaiki kesalahan-kesalahan yang terjadi dari hasil ceramah melalui pengamatan dan contoh konkret dengan menghadirkan objek sebenarnya
b.            Kekurangan model demonstrasi
1)      Mengharuskan keterampilan guru secara khusus
2)      Tersedianya fasilitas-fasilitas pendukung, seperti peralatan, tempat, dan biaya yang memadai disetiap kelas
3)      Memerlukan kesiapan dan perencanan yang matang disamping waktu yang cukup panjang
4)      Kesulitan siswa terkadang untuk melihat dengan jelas benda yang akan dipertunjukan
5)      Tidak semua benda dapat didemonstrasikan
6)      Sukar dimengerti bila didemonstrasi oleh guru yang kurang menguasai materi atau barang yang didemonstrasikan
Berdasarkan pendapat diatas, maka dapat disimpulakan bahwa demonstrasi tidak hanya memliki kelebihan dalam proses mengajar, tetapi juga memiliki kekurangan yang harus diperhatikan dan dipertimbangkan oleh guru sebelum menggunakan metode demonstrasi seperti harus memerlukan guru secara khusus karena tanpa ditunjang dengan pelaksanaan demonstrasi tidak akan aktif.
C.                Hasil Belajar
1.      Pengertian Hasil Belajar
Menurut Abdul Haris dan Asep Jihad (2012:01) menyatakan bahwa “Belajar adalah kegiatan berproses dan merupakan unsur yang sangat fundamental dalam penyelenggaraan jenis dan jenjang pendidikan, hal ini berarti keberhasilan pencapaian tujuan pendidikan sangat tergantung pada keberhasilan proses belajar siswa di sekolah dan di lingkungan sekitarnya”. Akhir dari sebuah proses pembelajaran adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa, seberapa besar pemahaman siswa terhadap materi yang telah disampaikan selama proses belajar mengajar berlansung. Purwanto (2008:54) menyatakan:”hasil belajar adalah perubahan prilaku yang terjadi setelah mengikuti proses belajar mengajar sesuai dengan tujuan pendidikan”.Hasil belajar diukur untuk mengetahui pencapaian tujuan pendidikan sehingga hasil belajar harus sesuai dengan tujuan pendidikan.
2.      Faktor yang mempengaruhi Hasil Belajar
Faktor–faktor kesulitan belajar menurut Zainal Aqib (2002:62) yaitu:
a.           Faktor indogin, ialah faktor yang datang dari diri pelajar atau siswa sendiri. Faktor ini meliputi: faktor biologis (faktor yang bersifat jasmaniah), dan faktor biologis (faktor yang bersifat rohaniah).
b.          Faktor eksogin, ialah faktor yang datang dari luar pelajar atau siswa. Faktor ini meliputi; faktor lingkungan, keluarga dan faktor lingkungan sekolah. Sedangkan menurut Munadi (Rusman, 2012:124) faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar meliputi faktor internal dan eksternal, yaitu:
Sedangkan menurut Munadi (Rusman, 2012:124) faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar meliputi faktor internal dan eksternal, yaitu:
a.            Faktor Internal
1.       Faktor Fisiologis
Faktor fisiologis yang dapat mempengaruhi siswa dalam menerima materi pelajaran seperti kondisi kesehatan yang prima, tidak dalam keadaan lemah dan capek, tidak dalam keadaan cacat jasmani dan sebagainya.
2.      Faktor Psikologis
Setiap siswa pada dasarnya memiliki kondisi psikologis yang berbeda-beda tentunya turut mempengaruhi hasil belajarnya.Beberapa faktor psikologis yang dimaksud meliputi Intelegensi (IQ), perhatian, minat, bakat, motif, motivasi, kognitif dan daya nalar siswa.
b.          Faktor Eksternal
1.      Faktor Lingkungan
Faktor lingkungan dapat mempengaruhi hasil belajar.Faktor lingkungan ini meliputi lingkungan fisik (alam) dan lingkungan sosial.Lingkungan alam misalnya suhu, kelembaban dan lain-lain.
2.    Faktor Instrumental
Faktor-faktor instrumental adalah faktor yang keberadaannya dan penggunaannya dirancang sesuai dengan hasil belajar yang diharapkan.Faktor-faktor ini diharapkan dapat berfungsi sebagai sarana untuk tercapainya tujuan-tujuan belajar yang telah direncanakan.Faktor-faktor instrumen ini berupa kurikulum sarana, dan guru.
3.      Klasifikasi Hasil Belajar
Menurut Bloom, dkk 1996 dalam ( Zainal Arifin, 2013:21) hasil belajar dapat dikelompokkan kedalam 3 (tiga) domain, yaitu kognitif, afektif dan psikomotor. Setiap domain disusun menjadi beberapa jenjang kemampuan, mulai dari hal yang sederhana sampai dengan hal yang kompleks, mulai dari hal yang mudah sampai dengan hal yang sukar, dan mulai dari hal yang konkrit dampai dengan hal yang abstrak. Adapun rincian domain tersebut adalah sebagai berikut, yaitu:
a.      Domain kognitif (cognitive domain). Domain yang memiliki 6 (enam) jenjang kemampuan, yaitu:
1)      Pengetahuan (knowledge), yaitu jenjang kemampuan yang menuntut peserta didk untuk dapat mengenali atau mengetahui adanya konsep, prinsip, fakta atau istilah tanpa harus mengerti atau dapat digunakan, diantaranya mendefinisikan, memberikan, mengidentifikasi, memberi nama, menyusun daftar, mencocokkan, menyebutkan, membuat garis besar, menyatakan kembali, memilih , dan menyatakan.
2)      Pemahaman (comprehension), yaitu jenjang kemampuan yang menuntut peserta  didik untuk memahami atau mengerti tentang materi pelajaran yang disampaikan guru dan dapat memanfaatkannya tanpa harus menghubungkannya dengan hal-hal lain. Kemampuan ini dijabarkan lagi menjadi 3 (tiga), yakni menerjemahkan, menafsirkan, dan mengekstrapolasikan.
3)      Penerapan (application), yaitu jenjang kemampuan peserta didik untuk menggunakan ide-ide umum, tata cara atau metode, prinsip, dan teori-teori dalam situasi baru dan konkret.
4)      Analisis (analysis), yaitu jenjang kemampuan yang menuntut peserta didik untuk menguraikan suatu situasi atau keadaan tertentu kedalam unsur-unsur atau komponen pembentuknya. Kemampuan analisi dikelompokan menjadi 3 (tiga), yaitu analisis unsur, analisis hubungan, dan analisis prinsip-prinsip yang terorganisasi.
5)      Sintesis (synthesis), yaitu jenjang kemampuan yang menuntut peserta didik untuk menghasilkan sesuatu yang baru dengan cara menggabungkan berbagai faktor. Hasil yang diperoleh dapat berupa tulisan, rencana atau mekanisme.
6)      Evaluasi (evaluation), yaitu jenjang kemampuan yang menuntut kemampuan peserta didik untuk dapat mengevaluasi suatu situasi, keadaan pernyataan atau konsep berdasarkan kriteria tertentu.
b.    Domain Afektif (affective domain), yaitu internalisasi sikap yang menunjuk arah pertumbuhan batiniah dan terjadi bila peserta didik menjadi sadar tentang nilai yang diterima, kemudian mengambil sikap sehingga mengambil bagian dari dirinyadalam membentuk nilai dan menentukan tingkah laku.
c.       Domain Psikomotor (psychomotor domain), yaitu kemampuan peserta didik yang berkaitan dengan gerakkan tubuh atau bagian-bagiannya, mulai dari gerakan yang sederhana sampai dengan gerakkan yang kompleks.
D.                Pembelajaran TIK
1.      Hakikat Teknologi Informasi
Deni Darmawan (2012: 45) Teknologi komunikasi dianggap mencakup pengertian yang lebih luas, termasuk sistem, saluran, perangkat keras dan perangkat lunak dari komunikasi modern. Sedangkan teknologi informasi merupakan bagian dari pengertian teknologi komunikasi. Akan tetapi, apabila diamati dengan lebih mendalam, baik pengertian teknologi komunikasi maupun teknologi informasi, nyatalah bahwa di antara dua bidang tersebut saling berkaitan satu dengan yang lain, bahkan seringkali digunakan untuk menyebut hal yang sama secara bergantian.
Lebih lanjut, menurut Martin (Deni Dermawan, 2012:46) teknologi informasi tdak hanya terbatas pada teknologi komputer yang digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, melainkan mencakup juga teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi. Secara lebih umum Lucas (2000) dalam Deni Dermawan, (2012:46) menyatakan bahwa teknologi informasi adalah segala bentuk teknologi yang diterapkan untuk memproses dan mengirimkan informasi dalam bentuk elektronis, seperti mikrokomputer, komputer mainframe, pembaca bacode, software pemrose transaksi perangkat lunak untuk lembar kerja, peralatan komunikasi dan jaringan.
Everret M Rogers dalam bukunya Communication Technology (Deni Dermawan, 2012:47), mengemukakan bahwa “Teknologi informasi merupakan perangkat keras bersifat organisatoris dan meneruskan nilai-nilai sosial dengan siapa individu atau khalayak mengumpulkan, memproses, dan saling mempertukarkan informasi dengan individu atau khalayak lain”.
Telaah terhadap peranti teknologi informasi ini dijelaskan oleh Haag dan Keen (1996) dalam Deni Dermawan, (2012:47) bahwa “Teknologi informasi adalah seperangkat alat yang membantu Anda bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi.” Demikian juga dengan apa yang disampaikan oleh William dan Sawyer (2003) yang dikutip Deni Dermawan, (2012:47) mengemukakan bahwa “Teknologi informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara, dan video.” Dari definisi di atas tergambar bahwa teknologi informasi baik secara implisit maupun eksplisit tidak sekedar berupa teknologi komputer, tetapi juga teknologi telekomunikasi. Dengan kata lain yang disebut teknologi informasi adalah gabungan antara komputer dan teknologi telekomunikasi.
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat pesat, sejak lama telah dimanfaatkan dalam dunia pendidikan. Seperti penemuan kertas, mesin cetak, radio, video, taperecorder, film, televise, overhead projector, dan komputer yang telah dimanfaatkan dalam proses pendidikan. Pada hakikatnya alat-alat tersebut tidak dibuat khusus untuk keperluan pendidikan akan tetapi  alat-alat tersebut ternyata dapat dimanfaatkan dalam proses pendidikan, bahkan dapat meningkatkan efektivitas dan efesiensi pelaksanaan proses pendidikan. Selain alat-alat tersebut, yang pada umunnya tidak dirancang secara khusus untuk kepentingan pendidikan, tetapi terdapat pula alat-alat yang secara khusus dirancang untuk kepentingan pendidikan. Baik alat-alat yang tidak dirancang secara khusus untuk kepentingan pendidikan tetapi dapat dimanfaatkan dalam proses pendidikan, juga alat-alat yang dirancang secara khusus untuk kepentingan pendidikan dikategorikan sebagai teknologi pendidikan.
2.      Teknologi Komunikasi & Informasi dalam Pembelajaran
Hamzah, B. dkk (2010: 21) Teknologi pembelajaran seringkali didefinisikan sebagai penerapan prinsip-prinsip ilmu pengetahuan dalam menyelesaikan permasalahan belajar, ini merupakan suatu pandangan yang mengasumsikan bahwa ilmu dan teknologi tidak terpisahkan.Hal ini merupakan mitos.Ilmu dan teknologi ada kaitannya tetapi terpisah. Seorang sejarawan Perancis, Ferdinand Braudel, setelah mengamati kehidupan sehari-hari pada abad ke-15 dan ke-18, berpendapat bahwa: “Sebenarnya segala sesuatu adalah teknologi, bukan hanya usaha manusia yang paling memeras keringat saja, melainkan juga usahanya yang membosankan dan dilakukan dengan penuh kesabaran agar dikenal oleh dunia luar, bukan hanya perubahan cepat yang kita maksudkan dengan revolusi, melainkan juga peningkatan proses dan saran (tools) maupun kegiatan-kegiatan lain yang tak terbilang jumlahnya dan tidak mempunyai dampak pembaruan yang bearti, tetapi merupakan buah dari akumulasi pengetahuan”. Marcel Mauss biasa mengatakan “Apa yang saya namakan teknologi adalah tindakan tradisional yang efektif”. Dengan kata lain, teknologi menyiratkan tindakan seseorang atau suatu generasi terhadap yang lain, akan tiba saatnya teknologi dapat menjawab apa yang saat ini dianggap tidak mungkin dicapai atau dimanfaatkan secara penuh karena alasan sosial ekonomi maupun psikologi. Braudel dalam (Hamzah, B. dkk, 2010: 22)Akan tiba pula saatnya teknologi sampai pada batasnya di mana secara material maupun teknologi akan menghentikan upaya. Dalam hal yang terakhir ini bila kemudian batas ini tidak lagi dapat menahan tekanan kebutuhan maka perlu ada terobosan teknologi yang menjadi pijakan perkembangan.Namun, daya yang mampu mengatasi rintangan itu tidak pernah merupakan bagian internal yang sederhana dari ilmu dan teknologi
E.                 Pembelajaran TIK Pokok Bahasan Surat Elektronik (E-Mail)
1.      E-Mail Sebagai Alat Komunikasi
E-mail merupakan singkatan dari electronic mail (surat elektronik).   E-mail dikirim kepada penerima pesan melewati komputer yangada di ISP, lalu menuju ke internet dan baru kemudian menuju ke komputer penerima E-mail. E-mail merupakan cara baru dalam mengirimkan informasi yang mempengaruhi orang dalam berkirim surat. Keunggulan E-mail tidak hanya dalam kecepatan, tetapi juga penghematan biaya. Sebenarnya, E-mail tidak bias mengungguli tata cara surat-menyurat konvensional, terutama yang membutuhkan stempel dan tanda tangan. Namun, E-mail tetap dijadikan alternatif dalam surat-menyurat.
2.      Fungsi E-Mail sebagai Alat Komunikasi
Salah satu fasilitas komunikasi dengan internet yang sangat popular dan banyak digunakan oleh seluruh pengguna internet di pelosok dunia adalah E-mail. Fasilitas E-mail sangat ekonomis karena cukup banyak situs web penyedia layanan E-mail gratis, antara lainwww.yahoo.com, www.plasa.com, www.hotmail.com, dan www.gmail.com. Dengan demikian, bukanlah hal yang asing, khususnya bagi pelajar, untuk mengenal layanan-layanan tersebut.
Layaknya sebuah surat, yang saat dikirim harus mempunyai alamat yang jelas agar sampai ke tujuan, demikian juga dengan E-mail. Dengan membuat E-mail, berarti kita sekaligus membuat alamat E-mail kita, misalkan rudi.hidayat@smun47-jkt.sch.id. Untuk memudahkan dalam identifikasi, alamat E-mail dibagi atas tiga bagian, yaitu:
a)      Identitas pengguna disebut juga dengan user ID atau user account.
b)        Tanda @, dibaca at, yang berarti berlokasi di.
c)        Nama domain, yaitu nama domain tempat pengguna memperoleh E-mail tersebut, misalnya yahoo.com, Hotmail.com.
Sebagai contoh adalah E-mailrudi.hidayat@smun47-jkt.sch.id, dibaca E-mail rudi.hidayat berlokasi di smun47-jkt.sch.id (rudi.hidayat at smun47-jkt.sch.id). identitasE-mail adalah rudi.hidayat, server domainnya smun47-jkt.sch.id.
Fungsi E-mail sebagai alat komunikasi adalah sebagai berikut.
a)        Surat-menyurat elektronik.
b)        Sebagai sarana komunitas diskusi (groups).
c)        Sebagai sarana komunikasi chat.
3.      Keunggulan, Kelemahan, dan Etika dalam E-Mail
E-mail memiliki keunggulan dibandingkan dengan surat konvensional yang menggunakan kertas. Keunggulan E-mail sebagai alat komunikasi melalui media elektronik memiliki keunikan tersendiri, yaitu dari kecepatan transfer data dan kemampuannya untuk melakukan broadcast (pengiriman). Sedangkan, kelemahan pada E-mail adakalanya informasi yang ada di dalam E-mail perlu dikonfirmasi ulang kepada penerima dan pengirim, terutama untuk surat yang sifatnya penting dan tidak ada kaitan dengan isi e-mail.E-mail juga tidak senyaman melakukan percakapan melalui telepon. Pada E-mail dapat tercermin sifat atau emosi seseorang, misalnya penulisan tanda baca, penulisan huruf besar dan kecil, serta warna huruf yang membuat pembacanya menafsirkan lain. Dalam E-mail, sebuah kalimat pendek dapat dibaca dengan intonasi yang berbeda, misalnya lambang :-) berarti tersenyum dan :-( berarti sedih.
Etika dan moral dalam teknologi informasi dan komunikasi perlu mendapat perhatian, termasuk dalam komunikasi E-mail, mengingat penerima sebuah E-mail yang dapat digunakan dalam membuatE-mail, yaitu:
a)      Gunakan subjekE-mail dengan singkat dan menggambarkan isi E-mail.
b)        Hindari penggunaan huruf besar yang berlebihan. Penggunaan huruf besar cenderung menggambarkan tekanan rasa marah, emosi, dan mengejek penerima E-mail. Gunakan huruf besar untuk penekanan terhadap sesuatu.
c)        Hindari kesalahan ketik serta struktur kalimat yang tidak baik.
d)       Minta persetujuan kepada penerima E-mail jika Anda ingin mengirim attachment (lampiran) berkuran besar. Jika penerima E-mail memiliki kapasitas memori E-mail kecil dengan akses internet lambat, hal tersebut dapat menghambat masuknya E-mail lain.
4.      Pendaftaran E-mail pada Yahoo.com
Sebelum lebih jauh menambah pengetahuan dan wawasan melalui internet ini, maka memudahkan melakukan komunikasi dalam dunia maya (elektronik Internet) minimal harus sudah memiliki alamat E-mail (E-mail address). Sebelum menggunakan fasilitas di E-mail yang ada di yahoo terlebih dahulu harus memiliki account di yahoo dengan cara mendaftar di Yahoo. Adapun langkah adalah sebagai berikut:
Gambar 2.1 tampilan halaman depan Yahoo Mail
a.     Cara Membuat Akun E-mail Yahoo
Gambar 2.2 Halaman utama pendaftaran E-mail yahoo
1)        Data nama, silahkan isi nama depan dengan nama belakanganda, nama depan diisi dengan nama depan anda sedangkan nama belakang isi dengan nama belakang anda, jika anda tidak memilik nama belakang anda bisa kosongkan isian nama belakang.
2)        Nama pengguna Yahoo kotak ini digunakan untuk membuat alamat E-mail yahoo, silahkan isi nama pengguna yahoo, jangan memakai spasi dan jangan dimulai denga angka, isi dengan nama mudah untuk diingat, ingat tanpa @yahoo.co.id, nama pengguna yahoo nanti akan digunakan sebagai alamat E-mail yahoo anda.
3)        Kata sandi, silahkan isi kata sandi atau password.
4)        Nomor ponsel, silahkan anda isi dengan nomor ponsel anda, tanpa angka nol didepannya, misalnya nomor ponsel anda 0878222xxx, maka yang anda masukkan cukup 878222xxx, nol yang didepan jangan digunakan. Nomor ponsel biasanya digunakan jika anda lupa password dikemudian hari, konfirmasi penggantian password biasanya selalu menanyakan nomor ponsel anda yang anda masuukan ketika melakukan pendaftaran E-mail yahoo.
5)        Tanggal lahir, masukkan tanggal lahir, silahkan anda pilih tanggal, bulan dan tahun sesuai dengan tanggal lahir anda.
6)        Jenis kelamin, jangan lupa untuk memilih jenis kelamin, silahkan klik pada salah satu jenis kelamin yang tersedia.
7)        Nomor pemulihan opsional dan hubungan, bisa anda kosongkan, jika perlu anda juga bisa mengisinya, nomor pemulihan ini biasanya digunakan untuk mengkonfirmasi ketika anda lupa password dikemudian hari.
Daftar email yahoo
Gambar 2.3 masukkan kode
8)        Pada tahap ini anda akan diminta memasukkan kode captcha, lihat kode yang melayang-layang, silahkan masukkan kode yang melayang-layang yang dicetak tebal, lihat ilustrasi gambar diatas.
Jika sudah silahkan anda tekan tombol “kirim kode”, jika salah silahkan anda ulang sampai benar, jika anda berhasil anda akan dibawa ke halaman pendaftaran E-mail yahoo berikutnya.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEirBpyKvUK5SIeD11WaJPpyJbFB_NTuUOc0t5vS8mxzziwBJALAEOhRe3T-bMFDAlqDHu-97-Ho5M6mK_CLy5ylzKo352AzqyVtvIT08osXt5-H9L7BxLswTlpJExEXuAiCtjgpGYIVA5Bc/s1600/membuat+alamat+email+baru+yahoo.png
Gambar 2.4 telah berhasil pendaftaran E-mail
b.      Cara Membuat E-Mail Baru Untuk Pertama Kali
Jika berhasil mengikuti dan menyelesaikan tahap demi tahap pendaftaran E-mail yahoo diatas, maka akan masuk kehalaman utama E-mail.
Cara membuat email yahoo
Gambar 2.5 halaman utama E-mail
Untuk membuat E-mail baru pertama kali silahkan klik tulisan “Tulis” seperti pada gambar diatas yang ditunjukkan oleh arah panah merah sebelah kiri, maka akan dijasikan form isian untuk menulis E-mail seperti terlihat pada gambar dibawah ini.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjTJJcY2CvMqntDjGL5mN40BlrhON7jGMvuIBtyEsdZXg2SSvoDEIR43qVKLwzX4pHM_8gWmrsPt_PVy63_zrjm-_9sSVji9y-QfnJtxeIqlAqVlSVP2-v1cRlkdrSu_6ynbK-ydffKUT8S/s1600/cara+membuat+email+baru+yahoo.png
Gambar 2.6 langlah-langkah membuat E-mail baru
Langkah-langkah membuat e-mail baru:
1)      Ke/alamat E-mail yang dituju, masukkan E-mail yang dituju, misalnya ingin mengirim E-mail ke alamat witri.ekayanggi@yahoo.co.id, maka masukkan alamat tersebut pada kotak alamat E-mail yang dituju.
2)      Judul E-mail, silahkan masukkan judul E-mail, tergantung E-mail anda tentang apa, silahkan masukkan judul yang relevan dengan isi pesan yang nanti akan disampaikan.
3)      Isi E-mail, masukkan isi E-mail, sesuai denga isi pesan yang ingin anda sampaikan.
4)      Attach file, Attach file adalah alat yang digunakan untuk mengupload file-file tertentu yang disertakan kedalam isi E-mail, misalnya E-mail tentang lamaran kerja, biasanya bukan hanya isi lamaran saja tetapi juga harus disertai denga file-file foto dan file gambar fotokopi izajah, anda bisa menyetakan file-file tersebut menggunakan attach file, dengan cara menekan tombol bergambar penity diatas.
5)      Pengaturan format tulisan, anda dapat mengatur format tulisan isi pesan E-mail yahoo anda, format tulisan bisa digunakan meliputi, menebalkan tulisan, memiringkan, menggaris bawahi tulisan, juga dapat mengatur tata letak tulisan rata kiri rata kanan rata tengah atau rata kiri kanan seperti halnya di Microsoft word.
Jika langkah diatas sudah anda lakukan, silahkan tekan tombol “kirim” untuk mengirimkan E-mail yang anda buat ke alamat E-mail yang dituju sampai tahap ini berarti anda sudah berhasil menggunakan dan mengirim E-mail menggunakan E-mail yahoo.
c.      Cara Keluar dari Halaman E-mail Yahoo
Setelah anda masuk dan memakai E-mail, misalnya untuk mengirim surat, jika anda ingin usai, jangan lupa untuk keluar dari halaman E-mail anda, coba lihat gambar dibawah ini, lihat ke pojok kanan atas, disana anda akan melihat tulisan nama anda bergambar orang.
Cara membuat email yahoo
Gamabar 2.7 keluar dari halaman
Untuk keluar dari layanan E-mail yahoo anda, silahkan klik pada icon tersebut, kemudian pada menu yang muncul silahkan pilih menu “Sign out”. Dengan menekan tombol tersebut anda akan keluar dari halaman utama akun E-mail yahoo anda.
Kenapa harus keluar atau Sign out, ini sangat penting jika anda selesai menggunakan E-mail yahoo pada tanpa keluar, maka ketika ada orang lain yang ingin mengakses E-mail mereka akan langsung ke halaman E-mail anda yang belum anda keluarkan. Kadang-kadang orang iseng akan mengubah password atau user yahoo anda, tanpa sepengetahuan anda akibatnya anda akan kehilangan E-mail anda. Jadi disarankan setelah selesai menggunakan layanan E-mail, jangan lupa untuk signout/keluar.
d.     Cara Masuk Kembali ke Halaman E-mail Yahoo Anda
Bagaimana caranya kita masuk kembali ke halaman E-mail yahoo kita yang sudah kita buat sebelumnya, misalnya di hari-hari tertentu kita harus mengirim E-mail, atau harus menerima E-mail dari seseorang yang harus kita baca sebelumnya yang jelas jangan sampai lupa nama user id dan passwordnya, bagaimana caranya untuk masuk. Silahkan ikut langkah-langkah berikut:
1)        Masuk kehalaman https://id.yahoo.com/
2)        Jika anda sudah masuk kehalaman diatas, silahkan anda lihat ke pojok kanan atas anda akan menemukan gambar seperti dibawah ini.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEizt5oNIcklWPMt1UIhyETBdJurJ6TXg3RYTwbo3bqp4NQ62KVs6l4-8knmNUUGTMM8DWEhM-h3mUrz8UKjZFDTp0hZL3gChZByFpuW4mpyPClJRf-cXKWdjD1E1fX4yPaTm1B0WlqR3SAE/s1600/yahoo+mail.png
Gambar 2.8 untuk masuk keE-mail
Untuk masuk kehalaman e-mail yahoo, anda cukup klik tulisan E-mail gambar amplop berwarna ungu seperti terlihat pada gambar diatas.
3)      Anda akan masuk kehalaman login atau sign in E-mail yahoo, seperti gambar berikut.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjjx60ybyRgqqsFNlcY8T4tpe1fvep10T8yuKmDZTdMdFt3rs9JWEiPIMUIj70ERMhB5PhWDjxap-jT_HE2lnHXJN2nCc5WsXQxGmE1-oWT1_jYm2YB7iLnm_7ODEcK3g21-4p61A6tn2et/s1600/login+atau+signin+email+yahoo.png
Gambar 2.9 login
a)    ID Yahoo, silahkan anda masukkan alamat E-mail anda, misalnya alamat E-mail anda witri.ekayanggi@yahoo.co.id, maka silahkan masukkan alamat E-mail tersebut pada kotak ID Yahoo seperti terlihat pada gambar diatas.
b)   Kata sandi, silahkakn masukkan password untuk E-mail anda.
Tekan tombol “ Sign In” untuk masuk ke halaman E-mail anda, jika berhasil anda akan masuk ke halaman E-mail anda.
5.      Menggunakan Email Yahoo (YMail)
E-mail yahoo atau lebih dikenal dengan yahoo mail atau ymail adalah layanan e-mail gratis yang sediakan oleh perusahaan internet yahoo, akun E-mail yang telah dibuat di yahoo mail akan memiliki alamat dengan akhiran @yahoo.com atau yahoo.co.id.
Langkah-langkah untuk menggunakan fasilitas yang terdapat di E-mail yahoo adalah sebagai berikut:
a.      Mengirim E-mail Menggunakan E-mail Yahoo (Ymail)
Seperti halnya E-mail google, melalui yahoo bisa mengirimE-mail ke berbagai layanan E-mail berbeda, baik itu antar sesama E-mail yahoo atau E-mail lainnya, ingat untuk mengirim E-mail yahoo adalah sebagai berikut:
1.   Masuk ke halaman utama E-mail yahoo
2.   Silahkan anda login menggunakan alamat E-mail yahoo anda dan juga passwordnya.
3.   Setelah anda berhasil masuk untuk menulis E-mail anda bisa klik tombol tulis yang teletak disebelah pojok kiri atas terlihat seperti di bawah ini.
cara mengirim email yahoo (ymail)
Gambar 2.10 untuk menulis E-mail
Maka akan terbuka untuk menulis E-mail, seperti terlihat pada gambar dibawah ini.
Menggunakan ymail untuk mengirim pesan
Gambar 2.11 menulis E-mail
Data yang harus anda isi adalah sebagai berikut.
1)      Ke: silahkan anda isi dengan alamat E-mail tujuan
2)      Judul: isi denga judul pesan E-mail anda
3)      Isi: silahkan ketikan isi E-mail anda
Attachment
Jika E-mail anda ingin disertai berkas berupa file dokumen atau gambar atau foto, anda bisa klik gambar penity seperti ditunjuk gambar arah panah pada gambar diatas. Silahkan anda klik icon tersebut, kemudia pilih file di komputer anda yang ingin anda sertakan di pesan E-mail anda
Jika data yang diminta sudah diisi tekan tombol kirim untuk mengirimkan pesan E-mail anda.
b.      Membaca E-mail Yahoo Yang Diterima
Jika kebetukan menggunakan email yahoo untuk menerima E-mail dari pihak lain, maka langkah-langkah untuk membuka dan membaca E-mail yang diterima sebagai berikut:
Menggunakan YMail untuk membuka dan membaca pesan
Gambar 2.12 membaca E-mail
Kemudian pada daftar E-mail, silahkan pilih baris dan baca, kemudian klik untuk membuka isi pesan E-mail yang di terima.
c.    Membalas E-mail Yahoo yang Diterima
Adakalanya ketika E-mail dibuka dan dibaca, jika ingin membalasnya ke E-mail si pengirim, langkah-langkah adalah sebagai berikut.
Untuk membalasnya silahkan di buka dulu pesan E-mail yang diterima kemudian scroll kebawah dibagian bawah silahkan tekan tombol tulisan “Balas”, terlihat seperti gambar dibawah ini.
membalas pesan email yahoo
Gambar 2.13 untuk membalas E-mail
Akan disajikan fasilitas yang sama dengan ketika menulis E-mail, namun tidak harus mengisi alamat tujuan dan judul, karena sudah terisi secara otomatis.
d.     Forward atau Meneruskan E-mail
Untuk meneruskan pesan E-mail yahoo yang dibaca ke orang lain. Langkahnya hampir sama dengan membalas E-mail yahoo, namun link atau tombol yang akan di tekan tombolnya adalah teruskan, jika diminta untuk memasukkan alamat E-mail tujuan kemana pesan tersebut akan diteruskan.
F.                 Penelitian Relevan
1.      Jurnal pendidikan, Vol 4. Dewa Putu Suryawan, Made Santo Gitakarma, dan Nyoman Santiyadnya. (2015) tentang “ Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Prakarya Dan Kewirausahaan Pada Siswa Kelas X MIA3 SMA Negeri 1 Singaraja Semester II Tahun Pelajaran 2014/2015”. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 3 SMA Negeri 1 Singaraja tahun pelajaran 2014/2015, sebanyak 31 siswa yang terdiri atas 13 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatkan hasil belajar dari siklus I sebesar 74,19% dengan rata-rata hasil belajar sebesar 80,82 meningkat pada siklus II menjadi sebesar 90,32% dengan rata-rata hasil belajar sebesar 80,87. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar Prakarya dan Kewirausahaan pada siswa kelas X MIA 3 SMA Negeri 1 Singaraja.
2.        Jurnal Pendidikan, Vol 4. Tyas Agnitasari. (2016) tentang “Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V Tema Kerukunan Dalam Bermasyarakat SDN Lontar 481 Surabaya”. Sebanyak 65,40% siswa mengalami ketuntasan belajar dengan nilai KKM 76 dari hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan aktivitas guru pada siklus I dan II mencapai 100% dengan ketercapaian pada siklus I sebesar 75% dan pada siklus II meningkat menjadi 90%. Sementara itu, ketuntasan belajar klasikal metode demonstrasi juga mengalami peningkatan. Pada siklus I ketuntasan mencapai 65,40% dan pada siklus II ketuntasan mencapai 88,46%.
3.        Jurnal pendidikan, Vol 5. Sanawati Kambe, Muhammad Rizal dan Muhammad Hasbi. (2014) tentang “ Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 1 Balingara Pada Materi Volume Kubus Dan Balok “. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Balingara yang berjumlah 15 orang yang tercatat pada tahun 2014-2015. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas V SD Negeri 1 Balingara pada materi volume kubus dan balok. Pada tes awal siswa yang tuntas 5 orang (persantase tuntas klasikal 33,33%) dan (daya serap klasikal 57%). Pada siklus I siswa yang tuntas 13 orang (persantase tuntas klasikal 86,66%). Pada siklus II meningkat menjadi yang tuntas 14 (persantase ketuntasan klasikal 93,33%), dan daya serap klasikal 81,33%. Rata-rata hasil observasi aktifitas siswa dalam pembelajaran siklus I 73,33% dan pada siklus II 85%. Sedangkan persantase aktifitas guru dalam pembelajaran siklus I 78,66% dan pada siklus II 88%.
4.        Jurnal pendidikan, Vol 3. Achmad Ramadhan Fince dan Yusdin Gagaramusu. (2013) tentang “ Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Penyebab Benda Bergerak Di Kelas 1 SDN Dampala Kec. Bahodopi Kab. Morowali “. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas 1 SDN Dampala berjumlah 20 orang siswwa terdiri atas 10 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tindakan siklus I diperoleh ketuntasan klasikal 75% dan daya serap klasikal 57,25%. Pada tindakan siklus II diperoleh ketuntasan klasikal 90% dan daya serap klasikal 80%. Hal ini berarti pembelajaran pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan dengan daya serap klasikal minimal 70% dan ketuntasan belajar klasikal minimal 85%.
5.        Jurnal pendidikan, Vol 2. Ika Dessy Kusumawardai. (2014) tentang “ Penerapan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran IPA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar”. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Pegertanjung I Ploso Jombang. Aktivitas guru mengalami peningkatan sebanyak 25%, terlihat pada siklus I dengan persentase 68% menjadi 93% pada siklus II. Persantase aktivitas siswa pada siklus I sebanyak 71% menjadi 91% pada siklus II, mengalami peningkatan sebanyak 20%. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I rata-rata nilainya 66,9 dengan persantase 67% meningkat rata-rata nilainya menjadi 81,6 dengan persantase 82%. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebanyak 14,7%.

DAFTAR PUSTAKA
Amri, S. &Ahmadi, I. 2010.Proses PembelajaranInovatifdankreatifDalamKelas. Jakarta: PT PrestasiPustakarya
Arifin, Z. 2011. EvaluasiPembelajaran. Bandung: PT RemajaRosdakarya
Arifin, Z. 2013. EvaluasiPembelajaran. Bandung: PT RemajaRosdakarya
Arikunto, S. 2010. ProsedurPenelitian. Jakarta: RinekaCipta
Aqib, Z. 2002. Professional PenelitianSuatuPendekatanPraktik, Edisi 2. Jakarta: RinekaCipta
Asmani, J.M. 2011.PenelitianTindakanKelas. Yogyakarta: Laksana
Damayati&Mudjiono. 2009. BelajardanPembelajaran. Jakarta: PT RinekaCipta
Darmadi, H. 2014. MetodePenelitianPendidikandanSosial. Bandung: Alfabeta
Darmadi, H. 2010. KemampuanDasarMengajar. Bandung: Alfabeta
Hamzah, dkk., 2010. TeknologiKomunikasi&InformasiPembelajaran. Jakarta: PT BumiAksara
Haris, A dan Jihad, A. 2012.EvaluasiPembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo
Hidayat, Rudi. 2004. TeknologiInformasi Dan KomunikasiJilid 2 Untuk SMA/MA Kelas XI.Jakarta: PenerbitErlangga
Huda, Miftahul. 2015. Model-Model Pengajaran Dan PembelajaranIsu-IsuMetodis Dan Paradigmatis. Yogyakarta: PustakaPelajar
Kusumah, Wijaya&Dwitagama, Dedi. 2010. MengenalPenelitianTindakanKelasEdisiKedua. Jakarta: PT Indeks
Mulyasa. 2012. PraktikPenelitianTindakanKelas. Bandung: PT RemajaRosdakarya
Nawawi, Hadari. 2004. MetodePenelitianBidangSosial. Jakarta: Gajah mada University Press.
Nawawi, Hadari. 2010. MetodePenelitianBidangSosial. Jakarta: Gajah mada University Press.
Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja GrafindoPersada.
Purwanto. 2008. EvaluasiHasilBelajar. Yogyakarta: PustakaPelajar
Sagala, S. 2011. KonsepdanMaknaPembelajaran. Bandung: Alfabeta
Salahudin, Anas. 2015. PenelitianTindakanKelas. Bandung: CV PustakaRemaja
Sanjaya, Wina, 2006. StrategiPembelajaranBerorientasiStandarProsesPendidikan, Jakarta: KencanaPrenadamedia Group.
Sanjaya, Wina. 2010. StrategiPembelajaranBerorientasiStandarProsesPendidikan, Jakarta: KencanaPrenadamedia Group.
Soehartono.2002. MetodePembelajaranBerorientasiStandar Proses Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2014. MetodePenelitianPendidikanPendekatanKuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: CV Alfabeta
Sugiyono. 2012. MetodePenelitianKuantitatifKualitatifdan R&D. Bandung: Alfabeta
Suryabrata, S 2008.MetodePenelitian. Jakarta: PT Rajawaligrafindopersada
Sutikno, S. 2013. BelajardanPembelajaran. Bandung: Holistica
Suwandi, Sarwiji. (2011). PenelitianTindakanKelas (PTK) danPenulisanKaryaIlmiah. Surakarta: Yuma Pustaka.
Usman, M. 2010. Menjadi Guru Profesional. Bandung: RemajaRosdakarya
Warsita, Bambang. 2008. TeknologiPembelajaranLandasan&Aplikasinya.Jakarta: PT RinekaCipta
Zain, B. 2002.StrategiBelajarMengajar. Jakarta: PT RinekaCipta
Zuldafrial. 2011. PenelitianKuantitatif. Yogyakarta: Media Perkasa
Zuldafrial.2012. PenelitianKuantitatif. Yogyakarta: Media Perkasa


Komentar